alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cerita Rakyat Bali Naga Basukih, Mahluk Mitologi Hindu

Dythia Novianty Sabtu, 23 Oktober 2021 | 16:51 WIB

Cerita Rakyat Bali Naga Basukih, Mahluk Mitologi Hindu
Naga Basukih [Mantrahindubali]

Cerita rakyat Bali Naga Basukih.

SuaraBali.id - Cerita rakyat Bali Naga Basukih. Tiap daerah atau negara punya cerita rakyatnya sendiri-sendiri, termasuk Indonesia. Dan dalam cerita rakyat tersebut biasanya ada mahluk mitologi yang menjadi salah satu tokohnya. Misalnya Big Foot, Kuda Unicorn sampai Kera Sakti.

Di Indonesia ada satu mahluk mitologi yang cukup masyhur, Namanya adalah Naga Besukih. Naga ini menjadi salah satu tokoh dalam cerita rakyat Bali, yakni mengenai asal-usul selat Bali. Informasi mengenai cerita rakyat tersebut mudah ditemukan di mesin pencari Google.

Tinggal ketik Naga Besukih dikolom pencarian, tekan enter, lalu muncul sejumlah situs yang memuat cerita tentang Naga Besukih dan asal-usul selat Bali tersebut.

Namun apakah Naga Besukih itu? Mengapa ia bisa muncul di cerita rakyat Bali?

Baca Juga: Pemadaman Kebakaran Hutan di Gunung Batur Bali, Jalur Pendakian Ditutup

Naga Besukih Dalam Kisah Berbagai Negara

Dalam laman mantrahindu.com, disebutkan Basuki atau Besukih adalah naga atau uar dalam kepercayaan Hindu dan Budha. Dia juga muncul dalam mitologi Cina dan Jepang sebagai ular milik Dewa Siwa. Dalam cerita rakyat Bali, Naga Besukih digambarkan seperti ular yang mengenakan mahkota emas dan berlian di kepalanya.

Naga Basukih. [Mantrahindubali]
Naga Basukih. [Mantrahindubali]

Ini sejalan dengan cerita tentang asal-usul selat Bali, dimana diceritakan Naga Besukih memberikan perhiasan emas dan berlian yang keluar dari sisiknya, kepada Sidi Mantra yang menemui Naga Besukih di Gunung Agung.

Sementara laman Wikipedia.org menyebut, Naga Besukih atau Wasuki atau Vasuki digambarkan sebagai raja ular dalam mitologi Hindu. Besukih adalah ular milik Dewa Siwa dan di kepalanya terdapat permata yang diberi nama Nagamani.

Di India, Naga Besukih digambarkan sebagai ular kobra besar yang lehernya mengembang, seperti dalam posisi ingin menyerang. Gambaran mahluk mitologi ini mudah kita temui dalam cerita India maa lampau. Namun ada kesamaan antara Naga Besukih yang berwujud naga dengan Naga Besukih yang berwujud ular kobra. Keduanya sama-sama digambarkan memiliki permata di kepalanya.

Baca Juga: Pintu Masuk Wisman Dibuka, Kapolri Ingatkan Kasus Kabur dari Karantina Jangan Ada di Bali

Naga Besukih di Bali

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait