facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ribuan Orang di Lombok Ziarah ke Makam Loan Baloq di Lebaran Topat

Eviera Paramita Sandi Selasa, 10 Mei 2022 | 07:51 WIB

Ribuan Orang di Lombok Ziarah ke Makam Loan Baloq di Lebaran Topat
Salah satu tradisi perayaan Lebaran Topat di Pulau Lombok, yakni ziarah ke makam, untuk melaksanakan ziarah kubur, Senin (9/5/2022). [Foto : Istimewa/beritabali.com]

Makam Loang Baloq juga sering disebut dengan nama Makam Keramat karena dianggap keramat atau mistis oleh masyarakat luas.

SuaraBali.id - Ziarah kubur menjadi salah satu tradisi yang selalu dilakukan di Pulau Lombok saat Lebaran Topat. Salah satu makam yang dikunjungi yakni makam Loang Baloq, Kota Mataram. Ribuan masyarakat berbondong-bondong melakukan ziarah ke Makam Loang Baloq pada lebaran Top

Menurut seorang panitia pengamanan di Makam Loang Baloq, Bahrudin, pengamanan ziarah pada Lebaran Topat, Senin (9/5/2022). Ziarah makam tersebut akan dilaksanakan selama tiga hari, yakni 9 sampai dengan 11 Mei 2022.

"Mulai dari Hari Lebaran Topat sampai tiga hari ke depan akan ramai. Sehari bisa seribu lebih pengunjung yang datang dari segala penjuru Lombok, bahkan ada yang dari luar Lombok seperti Bima,” ujar Bahrudin.

Makam Loang Baloq juga sering disebut dengan nama “Makam Keramat” karena dianggap keramat atau mistis oleh masyarakat luas.

Dalam komplek makam yang berada di Lingkungan Bendega, Kelurahan Tanjung Karang tersebut, terdapat tiga makam yang diistimewakan, posisinya tepat berada di sela-sela akar pohon beringin. Dua di antaranya adalah makam dari tokoh Islam yang berpengaruh pada masa lampau, yakni Syekh Aburrazak, dan Syekh Datuk Laut. Sedangkan satu makam lainnya merupakan makam seorang anak yatim.

Ada beberapa ritual yang sering kali dilakukan para peziarah di makam tersebut. Seperti berzikir, menabur bunga sebagai bentuk penghormatan, membasuh muka di samping makam, membuat nazar (janji) lalu mengikat sesuatu di akar pohon beringin, sampai dengan memotong rambut anak yang masih balita atau sering disebut “ngurisan.”

Setelah selesai berziarah, pengunjung pada hari itu langsung beranjak menuju Pantai Loang Baloq untuk berekreasi bersama keluarga. Lokasinya tepat berada di seberang jalan di depan Makam Loang Baloq.

Kawasan bibir pantai maupun Taman Loang Baloq terpantau cukup sesak, yang diwarnai oleh berbagai aktivitas pengunjung yang baru selesai berziarah, seperti mandi pantai, bermain permainan mewarnai, atau hanya sekadar duduk santai sambil menikmati ketupat dan opor ayam yang dibawa masing-masing pengunjung.

Salah satu makam yang juga selalu ramai dikunjungi warga saat Lebaran Topat yakni Makam Batu Layar di Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat.

Konon, Makam Batu Layar merupakan tempat pemakaman seorang wali bernama Al Habib Abdurrahman Al Idrus. Karena kewaliannya tersebut, makam ini diyakini sebagai wadah  spiritual dan dikeramatkan khususnya oleh masyarakat Lombok Barat.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar

Berita Terkait