facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pantai Pasir Putih Papuma, Destinasi Wisata Pilihan di Kabupaten Jember

Dinar Surya Oktarini Kamis, 02 Desember 2021 | 17:46 WIB

Pantai Pasir Putih Papuma, Destinasi Wisata Pilihan di Kabupaten Jember
Pantai Papuma Jember Jawa Timur [Foto: Suarajatimpost]

Pantai Pasir Putih Papuma merupakan pantai yang berbentuk tanjung atau menjorok ke laut.

SuaraBali.id - Pantai Pasir Putih Papuma merupakan destinasi wisata populer yang berada di Kabupaten Jember. Dengan keindahan pasir putih dan air lautnya, Pantai Pasir Putih Papuma bisa menjadi pilihan destinasi wisata saat berlibur.

Pantai yang berbentuk tanjung atau menjorok ke laut ini, juga menyuguhkan pemandangan pepohonan serta karang-karang yang cantik. Pantai Pasir Putih Papuma ini beralamat di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember.

Melansir dari laman bappeda.jatimprov.go.id, dijelaskan bahwa pantai ini berjarak kurang lebih 40an KM dari pusat kota. Untuk pengunjung yang berasal dari luar kota, rute termudah untuk ke pantai ini adalah dengan menuju simpang 4 pasar Mangli.

Pantai Papuma di Jember. (Instagram/@rizty98)
Pantai Pasir Putih Papuma di Jember. (Instagram/@rizty98)

Dari simpang 4 Mangli ini, pengunjung bisa melanjutkan perjalanan ke arah selatan dengan jarak kurang lebih 30an KM. sampai nanti bertemu dengan gapura kayu bertuliskan ‘Pantai Papuma’, lurus saja. Sampai nanti bertemu dengan penjaga karcis.

Baca Juga: 5 Keindahan Pantai Pasir Putih Anyer, Mirip Seperti di Luar Negeri!

Setelah melewati pintu karcis pengunjung akan disuguhkan dengan jalan yang sedikit ekstream, karena jalannya agak menanjak. Setelah melewati jalan yang menanjak itu, pengunjung akan dapat melihat keindahan Patai Pasir Putih Papuma. Dan semua kelelahan saat saat perjalanan akan terbayar karena keindahannya.

Dan perlu pengunjung ketahui, karcis di tempat wisata ini beraneka ragam, berikut perinciannya:

1. Tiket Masuk bagi pengunjung yang berasal dari Indonesia pada hari biasa akan dikenakan tarif sebesar Rp18.000
2. Tiket Masuk bagi pengunjung yang berasal dari Indonesia pada hari libur akan dikenakan tarif sebesar Rp25.000
3. Tiket Masuk  bagi pengunjung yang berasal dari Luar Negeri pada hari biasa akan dikenakan tarif sebesar Rp40.000
4. Tiket Masuk bagi pengunjung yang berasal dari Luar Negeri pada hari Libur akan dikenakan tarif sebesar Rp80.000
5. Untuk parkir kendaraan roda 2 dikenakan tarif sebesar Rp5.000
6. Untuk parkir kendaraan roda 4 dikenakan tarif sebesar Rp10.000
7. Untuk parkir kendaraan roda 6 dikenakan tarif sebesar Rp15.000
8. Untuk camping membayar biaya restribusi sebesar Rp5.000
9. Untuk melakukan fotoprewed (event) dikenakan tarif sebesar Rp250.000

Pantai Pasir Putih Papuma ini merupakan salah satu icaran para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Salah satu hal yang menarik dari pantai ini adalah bisa menyaksikan sunrise dan sunset, yang bisa dinikmati dalam satu tempat yang sama sekaligus.

Pantai Pasir Putih Papuma ini merupakan pantai yang sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas, diantaranya, area parkir, gazebo (rest area), pos penjagaan, homestay / penginapan, camp gorund, toilet, musholla dan warung-warung jajanan masyarakat.

Baca Juga: 5 Pantai Pasir Putih Jogja, Menyimpan Pesona Alam yang Memukau

Beberapa tawaran aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Pasir Putih Papuma ini, meliputi:

1. Bermain pasir dan ombak laut, dengan airnya yang bersih, pengunjungnya bisa bermain pasir di tempat ini sambil menikmati ombak laut. Tapi, disarankan untuk tidak berenang di tempat ini, karena ada larangan untuk berenang.

2. Memancing, beberapa spot pancing di daerah ini bisa menjadi pilihan bagi para para pengunjung yang mempunyai hobi memancing. Sebab berbagai jenis ikan bahkan seperti GT dan kerapu sepat bisa dengan mudah didapatkan di sini.

3. Camping, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas berkemah serta membuat api unggun di tempat ini, bisa juga sambil membakar ikan.

4. Wisata sejarah dan religi, pengunjung bisa menikmati wisata sejarah dengan mengunjungi masjid yang berbentuk seperti klenteng dengan motif China.

5. Berswafoto instagramable, terdapat beberapa spot yang bisa digunakan sebagai latar belakang saat melakukan pemotretan.

6. Menikmati sunrise dan sunset, tidak semua pantai bisa dijadikan tempat untuk menikmati sunrise dan sunset, tapi Pantai Pasir Putih Papuma ini bisa menawarkan kedua hal tersebut.

7. Hiking di Papuma, meski bertema pantai, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas hiking di tempat ini. berapa rute hiking yang bisa dilakukan, meliputi, Malikan – Pasir Putih – Papuma Hill.

Beberapa rekomendasi penginapan yang ada di sekitaran Pantai Pasir Putih Papuma adalah sebagai berikut:

1. Kamar Jati, terdapat 3 kamar dengan fasilitas AC, TV, lemari ES, kamar mandi, breakfast untuk 2 orang. Tarif penginapan ini sebesar Rp300.000 untuk hari biasa sedangkan untuk hari libur dikenakan tarif sebesar Rp400.000.

2. Kamar Kajang terdapat 1 unit dengan fasilitas ruang tamu, AC, TV, kamar mandi, lemari es, breakfeast untuk 2 orang. Tarif dari tempat ini adalah sebesar Rp300.000 untuk hari biasa sedangkan untuk hari libur dikenakan tarif sebesar Rp400.000.

3. Rumah Sengon, terdapat 1 unit rumah dengan fasilitas ruang tamu, AC, TV, kamar mandi, lemari es, breakfeast untuk 4 orang. Tarif untuk bermalam di tempat ini adalah Rp650.000 untuk hari biasa sedangkan pada hari libur dikenakan tarif sebesar Rp1.000.000.

4. Kamar Jabon, terdapat 3 unit kamar dengan fasilitas kamar menghadap ke pantai, AC, TV, kamar mandi, lemari es, breakfast untuk 2 orang. Tarif dari tempat ini adalah sebesar Rp250.000 pada hari biasa sedangan pada hari libur dikenakan tarif sebesar Rp350.000.

Demikianlah ulasan mengenai Pantai Pasir Putih Papuma, mulai dari rute, harga, hingga penginapan yang berada di sekitaran Pantai Pasir Putih Papuma.

Kontributor : Agung Kurniawan

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait