facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Pantai Pasir Putih Jogja, Menyimpan Pesona Alam yang Memukau

Risna Halidi Kamis, 02 Desember 2021 | 16:10 WIB

5 Pantai Pasir Putih Jogja, Menyimpan Pesona Alam yang Memukau
Ilustrasi pantai pasir putih. (Pixabay/nutraveller)

Dari pada penasaran berikut ini pantai pasir putih Jogja yang memiliki pesona alam yang mampu memanjakan mata.

SuaraBali.id - Pantai pasir putih Jogja banyak dijumpai di Kabupaten Gunung Kidul. Terkenal dengan kota wisata dan budayanya, Jogja juga mempunyai pantai pasir putih yang tak kalah cantik dengan Bali.

Terdapat deretan pantai pasir putih di Gunung Kidul yang menyimpan pemandangan indahnya. Tak sedikit pula yang belum banyak dikunjungi oleh wisatawan, sehingga masih bersih dan asri.

Dari pada penasaran berikut ini pantai pasir putih Jogja yang memiliki pesona alam yang mampu memanjakan mata.

1. Pantai Siung
Pantai pasir putih Jogja yang pertama yaitu pantai Siung. Pantai ini terletak di kecamatan Tepas, kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Letaknya berjarak sekitar 70 km dari pusat kota Yogyakarta, atau sekitar 2 jam perjalanan.

Baca Juga: Sudah Empat Tahun Lima Alat Pendeteksi Tsunami di Laut Selatan Cianjur Rusak

Ilustrasi pantai pasir putih. (Pixabay/PublicDomainPictures)
Ilustrasi pantai pasir putih. (Pixabay/PublicDomainPictures)

Pantai ini memiliki pemandangan alam yang dikelilingi tebing-tinggi tinggi di samping kanan kirinya. Karena keunikan yang dimilikinya pantai ini diresmikan oleh pemerintah sebagai lokasi panjat tebing.

Karena lokasinya cukup terpencil, banyak wisatawan memilih kendaraan pribadi untuk menuju Pantai Siung.

Jalurnya cukup terjal dan berliku, jadi pengunjung harus bisa menguasai medan jalan. Pastikan juga kendaraan anda dalam keadaan yang baik.

Meskipun jalan menuju pantai ini cukup terjal, namun pantai Siung memiliki daya tarik yang memikat. Rasa lelah akan terbayar ketika sampai di lokasi.

Anda akan disambut dengan deretan batu karang besar. Tak hanya itu, jika beruntung kamu bisa menemukan beberapa kera ekor panjang di sekitar pantai. Keberadaan kera-kera tersebut memang semakin langka.

Baca Juga: Dianggap Terlalu Murah, Tarif Retribusi Wisata di Bantul Akan Naik

Selain bisa menikmati keindahannya, anda juga bisa beraktivitas lain yaitu berenang, berkemah, berjemur, memancing dan tentu saja panjat tebing.

Zona panjat tebing dibagi menjadi beberapa blok, mulai dari blok A hingga blok K. Tingkat kesulitannya bervariasi, ada yang khusus pemula maupun pemanjat profesional.

Pantai Siung juga menyediakan fasilitas yang memadai, seperti lahan parkir, toilet, tempat ibadah, dan beberapa warung makan yang menyajikan hasil olahan laut dan beberapa menu khas Yogyakarta.

Pantai Siung berada di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Tepus, Gunungkidul. Harga tiket masuk Rp.3.000 per orang.

2. Pantai Indrayanti
Pantai Indrayanti Wonosari menawarkan keindahan alam yang begitu menakjubkan. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang terbentang luas di bibir pantai. Ditambah dengan deburan ombak dan hembusan angin yang semilir.

Terdapat bukit yang bisa anda daki untuk melihat keelokan pantai Indrayanti dan bentangan Samudra Hindia.

Pantai ini menjadi lokasi favorit dikunjungi oleh wisatawan. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak berkunjung saat akhir pekan atau saat liburan.

Pantai Indrayanti Jogja (Instagram/Indrayantibeach)
Pantai Indrayanti Jogja (Instagram/Indrayantibeach)

Spot foto yang ada sangatlah banyak dan instagramabel. Anda dapat mudah memilih tempat untuk berfoto-foto. Selain itu, terdapat wahana permainan yang bisa anda coba. Ada jet sky, yang dapat memicu adrenalin anda.

Fasilitas pantai indrayanti yang ditawarkan juga cukup lengkap mulai dari tempat makan hingga penginapan semua ada. Jadi anda tidak perlu khawatir jika berkunjung ke sini.

Lokasi pantai Indrayanti berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasi tersebut juga berdekatan dengan pantai lainnya seperti pantai Omandeng, Sundak, Ngandong, dan Sadranan yang berada tepat disebelah timur. Harga tiket masuknya Rp10 ribu per orang.

3. Pantai Dadranan
Masih di daerah Gunung Kidul, terdapat pantai pasir putih Jogja yang terkenal dengan pesona alam bawah lautnya. Pantai Sadranan merupakan pantai yang letaknya tersembunyi. Sehingga belum banyak yang mengunjunginya.

Nama sadranan, berasal dari kebiasaan masyarakat setempat yang biasa melakukan upacara nyadran.

Upacara nyadran sendiri yaitu sedekah laut yang selalu dilakukan sebagai ucapan rasa syukur kepada Tuhan atas kelimpahan rezeki, rahmat, serta sebuah doa, agar tangkapan ikan kedepan lebih banyak dari  yang di dapatkan hari ini.

Selain bisa menikmati keindahan pantai, disana anda bisa bermain kano, berenang, snorkling, camping ground, menikmati sunrise dan sunset.

Terdapat fasilitas pendukung seperti toilet, mushola, Tempat ganti pakaian, Warung makan, Penginapan, Gazebo, Area parkir, Jasa foto, Penyewaan perlengkapan snorkeling pun sudah ada. 

Pantai ini terletak di Pule Gundes II, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Harga tiket masuk Rp.10.000 per orang. Untuk anda yang ingin melihat keindahan alam bawah laut bisa membayar Rp.50.000.

4. Pantai Sepanjang
Pantai ini memiliki pesona mirip seperti pantai Kuta di Bali. Pantai pasir putih Jogja ini memiliki garis pantai yang panjang, pasir berwarna putih yang masih terjaga, dan ombak yang sedang sehingga aman untuk dijadikan tempat berenang.

Ilustrasi pantai di Kamboja. (pixabay/allPhoto Bangkok)
Ilustrasi pantai (pixabay/allPhoto Bangkok)

Sama dengan namanya, Sepanjang memang memiliki garis pantai yang panjang. Pantai ini bahkan salah satu pantai dengan garis terpanjang di Kabupaten Gunungkidul.

Berbeda dengan pantai di Kuta, Pantai Sepanjang menawarkan daya tarik penuh dengan kearifan lokal.

Di sekitar pantai berpasir putih itu, bangunan akomodasi modern sangatlah minim. Kondisi alamnya masih sangat terjaga, dengan barisan pohon palem dan rimbunan pohon pandan.

Berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, laut di Sepanjang cukup diramaikan oleh gulungan ombak yang tenang. Pantainya landai dan nyaman sebagai area bermain maupun jalan-jalan santai. 

Selain itu, paantai ini sudah dilengkapi dengan beragam fasilitas penunjang. Diantarnya seperti area parkir, toilet umum, dan mushola sudah pasti tersedia. Warung makan, kios suvenir, penginapan, dan homestay pun tidak sedikit jumlahnya.

Lokasinya berada di Jalan Sepanjang, Dusun Ngalos, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Yogyakarta. Harga tiket masuk per orang Rp.10.000.

5. Pantai Drini

Pantai Drini (Instagram/@pamuji.w)
Pantai Drini (Instagram/@pamuji.w)

Pantai Drini menjadi salah satu pantai istimewa di pesisir Gunung Kidul karena terdapat sebuah pulau kecil di tengahnya yang membagi pantai menjadi dua bagian.

Konon di pulau tersebut banyak ditumbuhi santigi (Pemphis acidula), atau masyarakat di sini biasa menyebutnya drini. 

Dari situlah pantai ini dimanamai pantai Drini. Jika air sedang surut anda bisa berjalan ke tengah untuk ke pulau yang ada di tengah pantai ini.

Terdapat tangga beton yang dibangun di atas tebing demi memudahkan pengunjung untuk sampai di pulau Drini.

Dari sini, pandangan kita bisa menyisir seluruh Pantai Drini, melihat pesisir pantai hingga deretan perahu nelayan. 

Alamat pantai ini ada di Banjarejo, Tanjungsari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Harga tiket masuk Rp10 ribu per orang.

Itu tadi deretan pantai pasir putih Jogja yang memiliki pesona alam yang mampu memanjakan mata.

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait