alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Menjelajahi Keindahan Pesona Pantai Malang Selatan

Pebriansyah Ariefana Kamis, 02 Desember 2021 | 11:31 WIB

Menjelajahi Keindahan Pesona Pantai Malang Selatan
Pantai Balekambang (Instagram @balekambangmalang)

Sederet pantai ini memiliki pesona alam yang menakjubkan.

SuaraBali.id - Menjelajahi pantai Malang Selatan. Ada banyak pantai yang bisa anda kunjungi di kawasan Malang bagian selatan ini. Sederet pantai ini memiliki pesona alam yang menakjubkan.

Selain memiliki keindahan yang memesona Pantai Malang selatan juga menyimpan keunikan tersendiri sebagai daya tarik untuk dikunjungi. Bahkan tak sedikit pula yang baru-baru ini muncul sebagai pantai baru yang instagrammable.

Berikut ini daftar pantai Malang Selatan yang memiliki pesona alam menakjubkan bak pantai yang ada di Bali.

1. Pantai Balekambang

Baca Juga: Pemkot Malang Dampingi Penyembuhan Warga Ngaku Buta Akibat Vaksin AstraZeneca

Pantai Balekambang merupakan salah satu pantai idah yang wajib dikunjungi di Malang, Jawa Timur. Pesonanya tidak kalah menarik dengan pantai-pantai di Bali.

Pantai ini memiliki daya tarik yang terletak pada pulaunya. Terdapat Pura yang dibangun diatas batu karang besar berada di tengah laut menyerupai Tanah Lot Bali.

Pulau tersebut bernama Pulau Ismoyo. Tak heran jika banyak yang menyebut pantai ini Tanah Lot ala Malang. Selain itu, Pantai Balekambang memiliki akses jalan yang mudah dijangkau.

Untuk mengunjungi pura tersebut, pengunjung hanya perlu melintasi jembatan yang tersedia. Namun, wanita yang sedang datang bulan dilarang mengunjungi Pura Amarta Jati. Ada dua pulau lain di sekitarnya, yakni Pulau Anoman dan Wisanggeni.

Objek wisata pantai ini juga memiliki panorama alam yang indah dan hamparan pasir putih yang luas menjadi perpaduan yang eksotis. Selain itu, terdapat cerita turun temurun yang sampai kini dipercaya oleh masyarakat. Air laut yang ada di sini dipercaya bisa membuat awet muda.

Baca Juga: Tolak Pembangunan Ponpes Milik Gus Nur, Warga Mengadu ke Bupati Malang

Pengunjung bisa duduk santai di pinggir pantai, bermain air, berenang, dan lain sebagainya. Tak lengkap rasanya jika berwisata tanpa berfoto. Di sana terdapat berbagai spot foto yang instagramabel.

Lokasinya di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Harga tiket Rp.10.000 per orang.

2. Pantai Bajulmati

Pantai Bajulmati merupakan pantai yang belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Pantai ini memiliki pemandangan alam yang mempesona. Namun ombaknya cukup besar sehingga tidak cocok untuk dijadikan tempat berenang.

Akan tetapi, Anda tidak perlu kecewa dikarenakan ada beberapa spot di bibir pantai sebelah barat yang dapat Anda gunakan untuk bermain air dengan leluasa. Karena banyaknya spot yang bagus dan indah seperti salah satunya Jembatan Bajulmati, menjadikan Pantai ini juga banyak digunakan untuk tempat berfoto.

Pantai Bajulmati juga dikenal sebagai pantai yang unik. Seperti namanya yakni Bajulmati yang berarti Buaya Mati, di pantai ini Anda dapat melihat beberapa gugusan bukit diseberang pantai yang terlihat dari kejauhan seperti bajul mati. Pantai ini merupakan tempat yang tepat untuk berkemah.

Ketika ke sini anda akan disambut dengan hamparan pasir putih bersih. Belum banyak fasilitas lengkap yang terdapat disekitar pantai. Namun terdapat warung makanan yang bisa anda temui di pantai Bajulmati.

Lokasinya di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Harga tiket masuk Rp. 10.000 per orang.

3. Pantai Nganteb

Pantai Nganteb menjadi lokasi favorit dikunjungi wisatawan lokal dan luar daerah. Yang menjadikan pantai ini unik yaitu, wisatawan yang datang ke sini tidak hanya untuk berwisata. Akan tetapi beberapa orang datang untuk berziarah dan bahkan bertapa untuk mencari keuntungan.

Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang luas sepanjang bibir pantai. Di sekitar pantai terdapat tebing karang yang cantik. Untuk mencapai tebing karang, Anda harus mendaki gunung Batok.

Tenang saja, gunung Batok tidak seperti gunung lain di Indonesia. Gunung ini hanya memiliki ketinggian 50 meter. Jika ke sini pengunjung diharap berhati-hati karena kecil dan cukup terjal.

Karena pantai Nganteb merupakan tempat yang sakral maka anda harus mematuhi peraturan yang ada. Di antaranya jagalah tata karma, jangan berkata kotor, jangan menyumpah, dan tetap jaga kebersihan.

Di sini anda bisa melakukan aktivitas berenang, kulineran, kemah, surfing, menikmati senja dan lain sebagainya. Fasilitas yang disediakan cukup lengkap mulai dari toilet, mushola, warung makan, tempat parkir hingga penginapan di sekitar lokasi.

Alamatnya di Desa Sidurejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang Selatan, Jawa Timur. Untuk bisa menikmati keindahan pantai Nganteb anda hanya perlu membayar Rp.7.500 per orang.

4. Pantai Sendang Biru

Pantai ini memiliki nama yang unik yaitu Sendang Biru. Dalam bahasa Jawa pantai ini memiliki arti sumber air yang berwarna biru, karena airnya memang sangatlah jernih dan berwarna biru.

Di lokasi wisata Pantai Sendang Biru ini, pengunjung dapat menyaksikan hamparan pasir putih yang bersih serta pemandangan perahu nelayan yang tertata rapi di sepanjang bibir pantai maupun yang berada di tengah lautan.

Terdapat beberapa fasilitas penunjang pariwisata di Pantai Sendang Biru, di antaranya tersedianya lahan parkir, WC kamar mandi, mushola, warung makan, penginapan, rumah jaga dan persewaan perahu. Selain itu, pengunjung juga dapat berkemah dengan mendirikan tenda di pinggir pantai sambil membakar ikan dan menikmati pesona indahnya Pantai Sendang Biru.

Pantai Sendang Biru sering juga sebagai pintu masuk untuk menuju Pulau Sempu, karena persis terletak di seberang Pulau Sempu. Selain itu, Pantai Sendang Biru juga dikenal sebagai tempat pelelangan ikan dan sebagai tempat mendarat perahu nelayan.

Lokasinya di Desa Sumber Agung, Kecamatan Sumber Manjing Wetan, 69 km ke arah selatan dari pusat Kota Malang. Harga tiket masuknya Rp 12.000 per orang.

5. Pantai Batu Bengkung

Pantai Malang Selatan ini beda dengan pantai yang lain, karena pantai ini memiliki view yang menghadap langsung ke arah matahari terbenam. Selain itu panorama pantai ini sangat unik, di mana pengunjung akan menyaksikan bukit-bukit yang cukup dominan.

Di sekitar pantai terdapat bukit yang dapat dikunjungi, wisatawan dapat menyaksikan keindahan pantai serta hamparan Samudera Hindia dari ketinggian. Meski jalan yang dilalui cukup terjal, tapi banyak pengunjung yang mencoba untuk mendaki bukit tersebut karena ingin menyaksikan keindahan alam yang lebih maksimal.

Asal usul penamaan pantai ini erat kaitannya dengan batuan karang yang ada di sekitarnya, jika dilihat dari atas batuan tersebut berbentuk melengkung dengan diapit oleh dua buah bukit.

Ada pula yang bilang bentuknya seperti seorang wanita yang sedang menggunakan bengkung atau kain panjang semacam selendang yang biasa digunakan seorang wanita sehabis melahirkan.

Meski Pantai Batu Bengkung tergolong wisata baru, namun terdapat fasilitas penunjang yang ada cukup memadai. Fasilitasnya ada toilet, mushola, warung, saung, tempat berkemah dan lain sebagainya.

Lokasi Pantai Batu Bengkung berada di Malang Selatan, tepatnya berada di jalur lintas selatan, RT. 42/RW. 05, Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Harga tiket masuk Rp 10.000 per orang.

Itulah daftar pantai Malang Selatan yang memiliki pesona alam menakjubkan bak pantai yang ada di Bali. Bisa menjadi referensi saat berlibur.

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait