facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pantai Pasir Putih Trenggalek, Primadona Pariwisata Pantai di Kabupaten Trenggalek

Pebriansyah Ariefana Kamis, 02 Desember 2021 | 10:49 WIB

Pantai Pasir Putih Trenggalek, Primadona Pariwisata Pantai di Kabupaten Trenggalek
Pantai Pasir Putih Trenggalek (@explore_trenggalek)

Kawasan pantai ini memiliki pesona laut yang elok.

SuaraBali.id - Pantai Pasir Putih Trenggalek atau biasa disebut Pantai Karanggongso merupakan salah satu primadona bagi para wisatawan yang sedang ingin berlibur Kabupaten Trenggalek. Kawasan pantai ini memiliki pesona laut yang elok.

Lokasi Pantai Pasir Putih Karanggongso ini berada sekitar 3 km dari pantai Prigi, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur. Untuk memasuki pantai ini, wisatawan hanya dikenakan tarif sebesar Rp10.000.

Dikutip dari dpmptsp.trenggalekkab.go.id, Pantai Pasir Putih Karanggongso memilik ombak yang tenang, cocok bagi wisatawan yang ingin berenang dan berolahraga air, seperti menikmati wahana banana boat dan perlengkapan untuk berenang seperti life jacket. Serta bisa menaiki perahu dengan berkeliling lautan di Pantai Karanggongso.

Tidak hanya itu, wisatawan yang datang ke tempat ini juga akan menikmati beberapa kuliner yang tersedia. Tersedia berbagai sajian seafood serta aneka makanan kecil khas dari Kabupaten Trenggalek. Harganya pun bisa dibilang ramah di kantong.

Baca Juga: Disuguhi Durian Ripto saat Kunjungan ke Trenggalek, Jokowi: Ini Durian Paling Enak

Biasanya pantai ini ramai dikunjungi oleh wisatawan saat hari libur atau weekend. Tentunya, pada jam operasional atau jam buka dari pantai ini, yakni dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Untuk wisatawan yang berasal dari luar kota atau yang baru pertama kali mengunjungi tempat ini, tidak usah khawatir. Akses menuju Pantai Pasih Putih Karanggongso ini sangat mudah. Yakni dengan mengikuti petunjuk jalan yang ada atau bisa mennggunakan fasilitas google maps.

Apabila datang dari arah pusat Kota Trenggalek, maka rute termudah yang bisa diambil adalah dengan melewati jalan lintas antara Trenggalek dan Tulungagung. Jalan untuk sampai di tempat ini pun sudah bagus dan mulus. Meski sedikit menanjak, namun tidak membahayakan.

Tempat ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung, seperti tempat parkir bagi kendaraan yang cukup memadai, dengan menyediakan tempat parkir sendiri-sendiri bagi roda dua dan roda empat. Pula sudah tersedia toilet yang layak untuk digunakan pengunjuk dengan fungsi MCK.

Di Pantai Pasir Putih Karanggongso juga sudah terbangun tempat ibadah untuk umat muslim, dengan ukuran musala yang bisa menampung beberapa pengunjung yang ingin melaksanakan ibadah. Ditambah lagi fasilitas jembatan kayu yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk berjalan-jalan di atas laut.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Meresmikan Pasar Pon Trenggalek

Adapun tips saat berlibur ke pantai ini adalah sebagai berikut:

  1. Bagi pengunjung yang tidak suka dengan keramaian saat berkunjung di pantai, disarankan untuk menghindari hari libur atau weekend, sebab pada hari-hari tersebut pengunjung pantai ini sedang ramai-ramainya.
  2. Pengunjung yang datang dengan rombongan atau sendiri, dianjurkan untuk tidak membuang sampah sembarangan, agar kebersihan pantai tetap terjaga.
  3. Pengunjung yang berasal dari luar kota atau baru pertama kali datang ke tempat ini, jika kebingungan dengan lokasi pantai ini. Bisa bertanya kepada masyarakat sekitar Trenggalek dengan mengganti nama pantai menjadi Pantai Pasir Putih Trenggalek. Sebab sebagian orang di Kabupaten Trenggalek mengenalnya dengan sebutan tersebut.

Jika ingin ada rencana untuk berenang, maka jangan lupa membawa baju ganti dan perlengkapan untuk bersih diri.

Kontributor : Agung Kurniawan

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait