facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pantai Pasir Putih Situbondo, Memiliki Pesona Keindahan Bawah Laut yang Mengagumkan

Dinar Surya Oktarini Kamis, 02 Desember 2021 | 11:48 WIB

Pantai Pasir Putih Situbondo, Memiliki Pesona Keindahan Bawah Laut yang Mengagumkan
Pantai Pasir Putih di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur [Suara.com/Adhitya Himawan]

Pengunjung bisa berenang, diving, snorkeling, bermain perahu layar dan kano di pantai pasir putih Situbondo.

SuaraBali.id - Pantai Pasir Putih Situbondo terkenal dengan pantainya yang landai dan berpasir putih bersih serta ombak yang tenang. Pantai ini sering menjadi tempat favorit pengunjung lokal maupun luar daerah untuk berlibur.

Pantai ini sangat luas serta banyak ragam wisata yang dapat pengunkung lakukan ketika berada di Pantai Pasir Putih Situbondo. Tentu saja pantai ini memiliki pemandangan yang mampu memanjakan mata.

Bahkan suasana di sekitar pantai sangat mendukung untuk bersantai menikmati keindahannya. Pasirnya yang putih, airnya jernih dan ombaknya yang tidak terlalu besar membuat pantai ini menyenangkan untuk dikunjungi.

Pengunjung bisa berenang, diving, snorkeling, bermain perahu layar dan kano. terdapat tempat khusus pengunjung anak-anak, mereka biasa menghabiskan waktu ditepi pantai untuk mencari keong dan kerang maupun ikan-ikan kecil saat air laut sedang surut.

Baca Juga: Pantai Pasir Putih Trenggalek, Primadona Pariwisata Pantai di Kabupaten Trenggalek

Di sebelah barat pantai terdapat dermaga, dari tempat yang digunakan untuk naik dan turun penumpang inilah pemandangan sisi lain dari Pantai Pasir Putih dapat terlihat. Banyak kapal-kapal yang bersandar membuat keindahan pantai semakin lengkap.

Destinasi wisata bahari Pantai Pasir Putih, Situbondo, Jawa Timur. [Suara.com/Adhitya Himawan]
Destinasi wisata bahari Pantai Pasir Putih, Situbondo, Jawa Timur. [Suara.com/Adhitya Himawan]

Pantai Pasir Putih Situbondo juga sudah dilengkapi oleh berbagai fasilitas wisata. Mulai dari fasilitas umum seperti toilet, mushola, tempat parkir, gazebo, toko oleh-oleh, payung di pinggir pantaib dan lain sebagainya. Ada pula penginapan dengan harga yang sangat terjangkau dan restoran dengan berbagai menu kuliner khas pesisir.

Bagi pengunjung yang memiliki hobi menyelam dan menyukai keindahan bawah laut, pantai ini menjadi salah satu pilihan tepat untuk melakukan aktivitas yang belakangan memang digemari para wisatawan ini. Untuk Anda yang tidak membawa alat snorkeling tidak usah khawatir, di pantai ini terdapat jasa penyewaan berbagai alat untuk snorkeling, diving, dan sewa perahu untuk menyusuri keindahan Pantai Pasir Putih.

Pemerintah Situbondo bersama kelompok snorkeling terus berupaya untuk menjadikan Pantai Pasir Putih sebagai salah satu destinasi wisata alam yang dinikmati, baik oleh turis lokal maupun mancanegara. Salah satu upaya tersebut adalah dengan tidak memungut biaya dari para pengunjung yang ingin menikmati keindahan pantai. Dengan adanya upaya tersebut pemerintah berharap para pengunjung tidak membuang sampah sembarangan dan selalu menjaga kebersihan pantai.

Daya tarik pantai ini terdapat juga perayaan tahunan yang digelar sebagai hari jadi pantai pasir putih Situbondo. Dalam merayakan ulang tahunnya dibulan februari, pantai pasir putih rutin mengadakan berbagai lomba, diantaranya Lomba Ayam Sap-sap, layang-layang, perahu layar, perahu kano dan mancing. Lomba ayam sap-sap yang dimaksud adalah lomba melepaskan ayam dari tengah laut sejauh ± 300 m dari bibir pantai, sebagai pemenang adalah ayam yang sampai dulu di pinggir pantai.

Baca Juga: Indahnya Pantai Pasir Putih Lampung, Destinasi Wisata Alam yang Mempesona

Pantai pasir putih Situbondo terletak di kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur. Harga tiket masuknya Rp. 10.000 per orang ditambah parkiran mobil sebesar Rp. 5000 dan motor sebesar Rp. 3000. Haga yang cukup terjangkau untuk bisa menikmati keindahan alam Pantai Pasir Putih Situbondo.

Itulah uraian mengenai Pantai Pasir Putih Situbondo yang bisa menjadi salah satub list tempat liburan di Jawa Timur.

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait