alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

ITDC Dan NTB Punya Waktu 3 Bulan Perbaiki Drainase di Mandalika Sebelum Ajang MotoGP

Eviera Paramita Sandi Selasa, 23 November 2021 | 08:11 WIB

ITDC Dan NTB Punya Waktu 3 Bulan Perbaiki Drainase di Mandalika Sebelum Ajang MotoGP
Kawasan Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB yang tergenang air saat hujan pada Sabtu (20/11/2021) [Suara.com/Lalu Muhammad Helmi Akbar]

Genangan terbanyak terjadi di luar lintasan, namun sistem drainase yang kurang baik menyebabkan air juga masuk ke areal lintasan.

SuaraBali.id - Gelaran balapan MotoGP akan diadakan di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB pada awal 2022 nanti. Event ini akan memberikan pekerjaan rumah tambahan bagi Indonesia Tourism Develompment Corporation (ITDC) guna membenahi sistem drainase di Mandalika.

Seperti diketahui, hujan deras disertai angin yang turun di kawasan Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Sabtu (20/11/2021) dan Minggu (21/11/2021) membuat sejumlah titik di area sirkuit Mandalika tergenang. Genangan terbanyak terjadi di luar lintasan, namun sistem drainase yang kurang baik menyebabkan air juga masuk ke areal lintasan.

Akibatnya, balapan race pertama World Superbike (WSBK) Indonesia yang rencananya di gelar Pukul 15.00 WITA pada hari Sabtu pun terpaksa ditunda menjadi Minggu (21/11/2021). Hal yang sama terulang kembali pada balapan kedua yang sedianya di jadwalkan hari Ahad mulai pukul 15.00 WITA mengalami penundaan sekitar 45 menit akibat hujan.

Managing Director ITDC, Bram Subiandoro menjelaskan bahwa sistem drainase di Sirkuit Mandalika sudah memenuhi syarat yang diberlakukan oleh Federasi Otomotif Dunia (FIM) dan Dorna.

"Sistem drainase di Sirkuit Mandalika sudah kami bangun dengan sistem yang sesuai desain dan telah mematuhi semua persyaratan dari FIM maupun Dorna, sehingga homologasi saat event WSBK telah dinyatakan lulus untuk penyelenggaraan WSBK," kata Bram saat dihubungi suara.com.

Namun, ia tak menampik munculnya genangan di beberapa spot saat gelaran WSBK. Menghadapi MotoGp di awal tahun depan, pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dan pelayanan di sirkuit, termasuk memperbaiki drainase.

"Yang akan kami perbaiki dan sempurnakan adalah sistem drainase di luar area lintasan sirkuit (area penonton) yang bukan merupakan bagian dari proses homologasi, untuk mengantisipasi hujan," tukasnya.

Berdasarkan rilis jadwal sementara motoGp 2022 yang dibuat Dorna, MotoGP dijadwalkan akan dihelat pada seri kedua pada 22 Maret 2022 setelah seri pembuka di Sirkuit Losail, Qatar. Event balap motor paling prestisius di dunia ini akan menyedot begitu banyak animo penonton.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah menyebutkan optimismenya dalam rangka menyambut MotoGp. Praktis, pihaknya hanya punya waktu sekitar 3 bulan menjelang balapan motoGP di Sirkuit Mandalika.

"Untuk drainase lintasan sudah bagus, yang menggenang kemarin drainase di rumput-rumput," kata pria kelahiran Sumbawa ini.

Komentar

Berita Terkait