facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Titik Nol Kota Denpasar Kawasan di Tengah Kota yang Sering Jadi Tempat Berkumpul Anak Muda

Eviera Paramita Sandi Rabu, 26 Januari 2022 | 13:19 WIB

Titik Nol Kota Denpasar Kawasan di Tengah Kota yang Sering Jadi Tempat Berkumpul Anak Muda
Patung Catur Muka di Bali. (Instagram/@andi_fistulariyanto)

Kawasan Titik Nol Km Kota Denpasar ini sudah ada sejak zaman Belanda.

SuaraBali.id - Tahukah anda soal lokasi titik Nol Kota Denpasar? Tempat ini berada di depan patung Puputan Badung, Lapangan I Gusti Ngurah Made Agung, Kota Denpasar, Bali.

Kawasan Titik Nol Km Kota Denpasar ini sudah ada sejak zaman Belanda. Lokasi ini pernah direvitalisasi oleh mantan Wali Kota Denpasar, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra dengan melakukan penataan dan mempercantik serta mempertegas tulisan titik nol Km tersebut.

Adapun di sana diletakkan lingkaran berbahan tembaga yang bertuliskan Km 0.  Penataan ini tepat ditengah-tengah sisi utara kawasan Patung Puputan Badung dan peresmiannya dilakukan tgl 8 Agustus 2015 yg lalu.

Titik Nol Kilometer Denpasar sering menjadi pusat berkumpulnya ogoh-ogoh saat pengerupukan di Denpasar, lokasi pawai pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) dan event tahunan Denpasar Festival.

Di hari biasa tempat ini juga umum dikunjungi sebagai tempat nongkrong anak muda atau juga tempat untuk mengambil foto di sekitar lapangan puputan.

Di sekitar nol kilometer ini pula terdapat beberapa tempat penting seperti pura terbesar di Denpasar yaitu Pura Jagatnatha, markas Kodam IX/Udayana, kantor Wali Kota Denpasar, rumah jabatan Gubernur Bali serta Museum Bali di sisi timur lapangan puputan. (denpasartourism.com)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar

Berita Terkait