facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Curug Putri Kencana, Destinasi Wisata Alam di Bogor yang Menenangkan Sekaligus Menantang

Risna Halidi Senin, 24 Januari 2022 | 10:12 WIB

Curug Putri Kencana, Destinasi Wisata Alam di Bogor yang Menenangkan Sekaligus Menantang
Curug Putri Kencana (Instagram: wahanacurugputrikencana)

Berikut ini informasi mengenai Curug Putri Kencana yang menawarkan destinasi wisata alam Bogor menenangkan sekaligus menantang.

SuaraBali.id - Curug Putri Kencana merupakan salah satu destinasi wisata air terjun yang ada di Bogor, Jawa Barat. Selain memiliki keindahan alam, Curug Putri Kencana juga menawarkan berbagai aktivitas wisata yang menantang.

Curug Putri Kencana berlokasi di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lokasinya yang tidak jauh dari Ibu Kota Jakarta, sehingga obyek wisata ini banyak diminati oleh warga dari kota tetangga.

Dari Jakarta, Curug Putri Kencana bisa ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam. Akses untuk menuju obyek wisata ini juga terbilang mudah. Karena jalannya sudah bagus atau sudah di aspal.

Tertarik ingin mengunjungi Curug Putri Kencana? Ingin tahu ada apa saja di Curug Putri Kencana ini? Yuk, simak ulasan mengenai harga tiket, jam buka atau operasional, aktivitas wisata yang bisa dilakukan, dan fasilitas yang tersedia di sana.

Baca Juga: Inilah 5 Destinasi Wisata Alam Nusantara yang Masih Jarang Diketahui!

Dikutip dari berbagai sumber, Curug Putri Kencana ini merupakan salah satu destinasi wisata menarik yang ada di Bogor. Tidak salah jika obyek wisata ini menjadi pilihan banyak orang untuk berlibur.

Bagi yang belum mengetahui lokasinya, bisa menggunakan bantuan navigasi google maps. Atau menyewa pemandu perjalanan wisata atau guide.

Memasuki Kawasan wisata Curug Putri Kencana, setelah melewati gerbang utama Kawasan wisata, pengunjung langsung bisa memarkirkan kendarannya. Lalu bisa trekking untuk sampai ke lokasi Curug. 

Bagi yang membawa kendaraan roda empat, maka akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 20.000. Sementara bagi yang membawa kendaraan roda dua, maka akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 10.000.

Sedangkan untuk karcis masuk ke dalam obyek wisata air terjun ini, pengunjung akan dikenakan karcis masuk sebesar Rp25.000 per orang.

Baca Juga: Pesona Curug Bidadari, Wisata Alam Indah di Bogor

Untuk sampai di lokasi Curug Putri Kencana, pengunjung diharuskan trekking sejauh 200 meter. Setelah itu, pengunjung akan disapa dengan Curug Pariuk.

Di Curug Pariuk ini, pengunjung bisa beristirahat terlebih dahulu, sembari menikmati pemandangan serta bermain air di Curug ini.

Kemudian, setelah melakukan perjalanan lagi, pengunjung akan sampai di Curug Putri Kencana. Di Curug ini, pengunjung bisa melakukan beberapa aktivitas wisata yang seru.

Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan di sini adalah melakukan sesi pemotretan dengan latar belakang air terjun yang memiliki tinggi kurang lebih 7 meter.

Selain itu, pengunjung juga bisa bermain air atau sekedar menikmati pemandangan yang indah. Yakni melihat air yang berwarna biru kehijauan. Serta menikmati suara berbagai hewan liar yang hidup di sekitar tempat ini.

Namun, apabila pengunjung ingin berenang, disarankan untuk mencari spot yang memiliki kedalaman yang dangkal. Sebab beberapa titik Curug Putri Kencana ini memiliki kedalaman antara 4 hingga 7 meter.

Bagi pengunjung yang menyukai cliff jumping, pengunjung bisa melakukan aktivitas tersebut di Curug Putri Kencana ini. Sebab, Curug Putri Kencana ini dikelilingi oleh bebatuan besar yang bisa dijadikan sebagai pijakan saat melakukan aktivitas cliff jumping.

Atau bisa juga melakukan aktivitas Body Rafting, dengan menggunakan pelampung yang bisa disewa di sekitar Curug Putri Kencana ini. 

Dengan melakukan Body Rafting, pengunjung bisa melakukan penyusuran aliran sungai dengan pelan – pelan, aktivitas ini akan terasa menyenangkan sekaligus menantang.

Selain ada Curuk Pariuk, serangkaian Curug yang ada di sekitar Curug Putri Kencana ini, ada juga Curug Love yang bisa dibilang cukup unik dan bisa menjadi wisata pilihan bagi wisatawan.

Curug Love ini bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 30 menit dari Curug Putri Kencana. Di Curug ini, air terjunnya terpecah oleh bebatuan, hingga akhirnya membentuk hati atau love. Maka dari itu, Curug ini disebut sebagai Curug Love.

Sebagai obyek wisata yang sudah dikelola lama, obyek wisata Curug ini sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang memadai. 

Diantaranya, toilet, mushollah, kios makanan, dan penyewaan pelampung. Ada juga beberapa area yang bisa dijadikan sebagai tempat berkemah. Ada juga saung dan gazebo yang bisa digunakan sebagai tempat istirahat.

Selain itu, di sekitaran Curug Putri Kencana ini sudah ada penginapan apabila ada pengunjung yang ingin bermalam di tempat ini.

Untuk diketahui, jam buka atau operasional dari obyek wisata ini adalah mulai dari jam 07.00 WIB hingga 17.00 WIB. Pengunjung yang akan berlibur ke tempat ini, perlu memperhatikan ketentuan jam buka atau operasional tersebut.

Demikianlah ulasan mengenai akses menuju Curug Putri Kencana, harga tiket, jam buka atau operasional, aktivitas wisata yang bisa dilakukan, dan fasilitas yang ada di Curug Putri Kencana.

Kontributor : Agung Kurniawan

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait