alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Keindahan Curug Cibulao, Wisata Alam Air Biru di Kabupaten Bogor

Nur Afitria Cika Handayani Kamis, 13 Januari 2022 | 07:27 WIB

Keindahan Curug Cibulao, Wisata Alam Air Biru di Kabupaten Bogor
Curug Cibulao [instagram.com/curug_cibulao]

Curug Cibulao adalah sebuah air terjun yang terletak di Kabupaten Bogor. Yuk cari tahu lebih lanjut tentang wisata ini!

SuaraBali.id - Curug Cibulao, siapa yang tak asing mendengar nama tersebut? Bagi orang-orang sunda, kata curug memang sudah tidak asing lagi di telinga, akan tetapi masih ada orang yang belum akrab dengan kata dari bahasa daerah yang satu ini.

Curug merupakan kata dari bahasa Sunda yang berarti air terjun. Tanah Jawa Barat menyimpan ratusan curug di dalamnya, beberapa dari curug-curug tersebut telah menjadi tujuan wisata favorit masyarakat sekitar.

Dari sekian banyak curug yang ada di daerah Jawa Barat, Curug Cibulao adalah salah satu curug yang telah menjadi rujukan rekreasi warga.

Curug Cibulao adalah salah satu dari tiga ratus air terjun yang berlokasi di Kabupaten Bogor.

Baca Juga: Ganjil Genap di Kota Bogor Belum Diterapkan, Ini Penjelasan Kombes Pol. Susatyo

Dalam artikel ini kita akan membahas bersama berbagai informasi terkait curug yang terletak di Puncak, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat ini.

Waktu Operasional Curug Cibulao

Destinasi wisata air terjun Cibulao ini dibuka setiap hari sejak pukul tujuh pagi dan tutup di pukul lima sore.

Rekomendasi waktu berkunjung ke Curug Cibulao ini adalah di pagi hari-hari kerja ketika keadaan masih sepi karena tidak ada terlalu banyak pengunjung yang datang.

Anda juga dapat menyambangi Curug Cibulao selama musim kemarau untuk menikmati liburan secara optimal karena di musim kemarau arus air terjun tidak akan terasa terlalu deras.

Baca Juga: Ada Ratusan Kasus Kekerasan Terhadap Anak di Bogor

Selain itu air di curug ini akan terlihat lebih jernih dan jalan menuju Curug Cibulao akan lebih mudah diakses karena tidak basah dan licin.

Harga Tiket Masuk Wisata Curug Cibulao

Harga tiket masuk Curug Cibulao cukup beragam karena terdapat fasilitas-fasilitas tertentu yang menjadikan biaya masuk berbeda-beda.

Dimulai dari biaya parkir, parkir motor di Curug Cibulao dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 sedangkan parkir mobil biayanya sebesar Rp 10.000.

Selanjutnya untuk harga tiket masuk terbagi menjadi empat. Harga tiket masuk untuk turis domestik adalah sebesar Rp 12.000 sedangkan harga tiket masuk untuk turis mancanegara adalah sebesar Rp 50.000.

Untuk berkemah di area Curug Cibulao, turis domestik akan dikenakan biaya sebesar Rp 22.000, sedangkan turis mancanegara yang akan menginap di sekitar Curug Cibulao dikenai biaya sebesar Rp 60.000.

Wisata di Curug Cibulao yang Jernih Airnya

Salah satu daya tarik utama Curug Cibulao ini adalah keadaan airnya yang masih jernih.

Satu fakta menarik terkait curug ini, nama Cibulao memang berasal dari kondisi curug yang masih asri tersebut. Kata Cibulao berasal dari bahasa Sunda.

Kata "ci" dalam Cibulao memiliki arti air, dan kata "bulao" memiliki arti biru. Sehingga nama Cibulao memiliki arti air biru dalam bahasa Indonesia.

Salah satu penyebab Curug Cibulao masih memiliki air jernih adalah karena air terjun yang satu ini termasuk salah satu air terjun yang terletak di hulu sumber air di daerah Bogor.

Jadi jangan heran apabila melihat sumber air lain di sekitar Curug Cibulao maish sama jernihnya dengan curug tersebut.

Berlibur mengunjungi Curug Cibulao anda dapat merasa lebih segar kembali hanya dengan memandangi air terjun yang biru ini.

Panen Konten dengan Spot Foto Hits di Curug Cibulao

Kebiruan air Curug Cibulao tidak hanya bisa jadi cuci mata pengunjung, tetapi juga bisa menjadi latar belakang foto bertemakan alam.

Berkunjung ke Curug Cibulao dapat menjadi pilihan bagi anda yang memiliki hobi berswafoto, pasalnya tidak hanya air terjun yang asri yang dapat menjadi latar belakang selfie, anda juga dapat berfoto di beberapa titik yang telah disediakan oleh pengelola tempat wisata ini.

Di sekitar Curug Cibulao telah disediakan hammock, rumah pohon, ayunan, dan dek untuk anda manfaatkan sebagai properti berfoto atau memfoto pemandangan di sekitar curug.

Akan tetapi untuk mengakses fasilitas-fasilitas tersebut anda akan diminta biaya sebesar Rp 5.000.

Olahraga Air di Curug Cibulao

Selain hanya duduk-duduk dan berfoto ria di sekitar curug, anda tentu saja dapat berenang di dalam Curug Cibulao karena telaga di bawah air terjun Cibulao ini tidak terlalu dalam.

Anda dapat berenang di bagian bawah telaga yang memiliki kedalaman 8 meter atau berenang di bagian atas telaga dengan air yang memiliki kedalaman 5 meter saja.

Jika anda merasa kurang aman berenang tanpa pelampung, anda juga dapat menyewa pelampung di sekitar Curug Cibulao dengan harga Rp 10.000.

Kalau anda menyukai olahraga air yang sedikit lebih ekstrim dari berenang saja, anda juga dapat memanjat bebatuan di sekitar curug yang mudah dijangkau.

Setelah sampai di ketinggian yang ideal, anda dapat loncat ke telaga di bawahnya dan merasakan adrenalin memompa di sekujur tubuh anda.

Perlu dicatat, anda tetap harus memastikan batu di sekeliling curug tidak terlalu licin untuk dipanjat!

Berkemah di Curug Cibulao

Seperti yang telah dijelaskan di atas, di destinasi wisata yang satu ini, anda dapat berkemah di area perkemahan yang telah tersedia.

Berkemah adalah salah stau kegiatan yang dapat dilakukan di Curug Cibulao dengan mudah karena anda dapat mengakses sumber makanan dengan mudah.

Di sekitar curug terdapat kios-kios penjaja makanan dan minuman yang selain menyediakan konsumsi untuk orang yang berkemah, juga menyediakan konsumsi untuk para pengunjung yang memilih berpiknik di Curug Cibulao.

Demikian sedikit informasi seputar Curug Cibulao. Apakah anda sudah tertarik untuk berkunjung ke air terjun ini ketika musim liburan tiba?

Kontributor : Firda Nuril Huda

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait