facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Menikmati Sensasi Wisata Alam Indah di Curug Leuwi Hejo Bogor

Pebriansyah Ariefana Jum'at, 07 Januari 2022 | 15:54 WIB

Menikmati Sensasi Wisata Alam Indah di Curug Leuwi Hejo Bogor
Curug Leuwi Hejo. Foto: Mundomaya Travel

Curug Leuwi Hejo bisa menjadi alternatif ketika ingin menikati wisata alam indah di Kabupaten Bogor.

SuaraBali.id - Curug Leuwi Hejo bisa menjadi pilihan ketika berencana menikmati wisata alam di Kabupaten Bogor. Destinasi yang disebut-sebut sebagai "Grand Canyon" Bogor ini menyuguhkan keindahan alam yang cocok untuk sejenak rehat dari rutinitas.

Curug Leuwi Hejo berasal dari bahasa Sunda. Curug artinya air terjun. Leuwi berarti bagian dalam dari sebuah sungai, serta hejo berarti warna hijau. Bila disimpulkan, lokasi ini merupakan air terjun yang airnya terlihat berwarna hijau hingga ke dasar.

Curug Leuwi Hejo berasal dari mata air di Gunung Kencana. Airnya begitu jernih dan menyegarkan. Suasana alam sekitarnya juga sejuk dan asri. 

Julukan Grand Canyon melekat karena di sisi kanan dan kiri terdapat dinding batu yang mempercantik lokasi ini. Karena lokasinya di Bogor, maka lekatlah istilah "Grand Canyon Bogor".

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Wonosobo, Keindahan Alamnya Tidak Pernah Mengecewakan

Lokasi ini cukup ramai didatangi para wisatawan. Mereka bukan saja datang dari wilayah kabupaten Bogor, namun juga kota-kota di Jawa Barat serta DKI Jakarta.

Lalu, apa yang sebenarnya menjadi daya tarik dari Curug Leuwi Hejo? Simak ulasan berikut ini.

1. Bermain Air

Jelas ketika datang ke sebuah curug, paling nikmat adalah bermain air. Dengan air yang begitu jernih, main air di sini sangat asyik, meski tetap harus berhati-hati.

Aktivitas itu bisa dilakukan di kolam alami yang terbentuk dari derasnya air terjun Leuwi Hejo. Jika punya action camera, berfoto dari bawah air pasti menghasilkan gambar yang instagramable.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Curug yang Bagus di Bogor, Cocok untuk Liburan Akhir Tahun

2. Pemandangan Alam Indah

Jika tak ingin bermain di air, pengunjung juga bisa refreshing dengan hanya melihat alam sekitar Cugur Leuwi Hejo. Pepohonan hijau yang tumbuh di sekelilingnya menghasilkan udara segar.

Alam yang indah ini sangat tepat menjadi latar foto yang instagramable. Untuk referensi foto, pantau saja instagram dengan tagar #curugleuwihejo.

3. Ada Banyak Lokasi Wisata

Bila sudah puas dengan pesona Curug Leuwi Hejo, pengunjung bisa mendatangi curug lain di satu kawasan ini, seperti Curug Baron, Leuwi Cipet dan Leuwi Liyet. Jadi dalam sekali keberangkatan, anda bisa menikmati sensasi berbeda dan punya banyak stok foto piknik.

4. Harga Tiket dan Sensasi Trekking

Curug ini tak berada di samping lokasi parkiran. Pengunjung perlu trekking sekitar 20 menit. Namun jangan dibayangkan trekkingnya penuh dengan naik-turun. Trekkingnya aman buat anak-anak karena tak ada tanjakan.

Harga tiket untuk menikmati sensasi ini yakni Rp25 ribu per orang. Dalam satu kunjungan, anda sudah bisa menikmati wisata yang ada di Leuwi Hejo ini. jam operasionalnya mulai 08.00-17.00 WIB.

5. Akses Lokasi

Curug Leuwi Hejo terletak di Karang Tengah, Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Lokasinya cukup dekat dengan DKI Jakarta. Jaraknya sekitar 50 kilometer bisa ditempuh dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Bila ingin lebih cepat bisa lewat jalan tol.

Sementara bila datang dari arah Kota Bogor, jaraknya hanya sekitar 25 kilometer. Perjalanan itu akan terbayar lunas ketika melihat pemandangan indah dan aliran air di Curug Leuwi Hejo.

Demikian pembahasan mengenai Cugur Leuwi Hejo. Semoga informasi ini bermanfaat dan menjadi referensi ketika ingin berwisata ke Bogor.

Kontributor : Lukman Hakim

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait