alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tanggul Sungai Jebol Langsung Mengarah ke Pemukiman, Rumah Warga di Lombok Barat Amblas

Eviera Paramita Sandi Selasa, 07 Desember 2021 | 06:30 WIB

Tanggul Sungai Jebol Langsung Mengarah ke Pemukiman, Rumah Warga di Lombok Barat Amblas
Banjir menerjang rumah warga di Dusun Batu Layar Utara, Desa Batu Layar Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (6/12/2021). [Foto : Suara.com / Lalu Muhammad Helmi Akbar]

Listrik di daerah juga diputus sementara agar tidak membahayakan proses evakuasi.

SuaraBali.id - Hujan yang mengguyur mayoritas pulau Lombok mengakibatkan beberapa tempat dilaporkan terjadi banjir. Rerata hujan terjadi sejak Minggu siang (5/12/2021). Namun, hujan dengan intensitas yang tinggi terpantau mulai terjadi sejak Senin dini hari (6/12/2021) hingga pukul 10.00 WITA.

Banjir yang terjadi akibat jebolnya tanggul sungai yang langsung mengarah ke pemukiman warga. Tim pencari yang terdiri dari BPDB, TNI, dan warga setempat, tengah membantu proses evakuasi untuk menemukan Haji Suri (korban yang masih hilang).

Banjir bandang datang menghantam dari daerah pegunungan utara Batu Layar. Bencana alam itu membawa berbagai jenis material yang kemudian menyebabkan terputusnya akses warga satu sama lain.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Lombok Barat Ahmad mengatakan jumlah korban banjir terus bertambah. Sedangkan korban meninggal dunia sebanyak empat orang di kecamatan Batulayar.

"Satu orang masih dinyatakan hilang. Masih dalam proses pencarian," ujar Ahmad.

Hingga saat ini, BPBD bersama TNI dan relawan masih melakukan proses evakuasi korban yang rumahnya terendam. Pihaknya juga masih menyisir untuk mencari korban yang hilang terseret arus.

Listrik di daerah juga diputus sementara agar tidak membahayakan proses evakuasi.

Jumlah rumah warga yang rusak saat ini belum bisa dipastikan. Sebab, para warga dan pihak tentara tengah berupaya untuk menemukan korban yang hilang dan agenda mendesak lainnya seperti mendirikan dapur umum, dan menyediakan stok air bersih.

Lokasi banjir terparah dilaporkan terjadi di Kabupaten Lombok Barat. Berdasarkan rilis Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTB pukul 17.30 WITA sebaran lokasi banjir di Lombok Barat berada di dua kecamatan yakni Kecamatan Gunungsari dan Kecamatan Batulayar. Adapun lokasi yang terdampak di Kecamatan Gunungsari yakni Sesela, Ranjok, Kekait, Medas, Guntur Macan, Taman Sari, dan Jatisela. Sementara untuk Kecamatan Batulayar yakni Meninting, Lembah Sari, Batulayar Barat, dan Senteluk.

Debit air yang tinggi membuat bendungan Sandik jebol yang mengakibatkan jembatan dan rumah warga amblas. Banjir tertinggi berada di wilayah Gunungsari yang mencapai ukuran leher orang dewasa.

Komentar

Berita Terkait