alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Gunung Tertinggi di Indonesia, Salah Satunya Tertinggi di Dunia

Dinar Surya Oktarini Kamis, 02 Desember 2021 | 11:12 WIB

5 Gunung Tertinggi di Indonesia, Salah Satunya Tertinggi di Dunia
Gunung tertinggi di Indonesia

Yuk simak deretan gunung tertinggi di Indonesia berikut ini.

SuaraBali.id - Terkenal dengan pemandangan alamnya yang mempesona, Indonesia tidak hanya mempunyai wisata pantai saja. Terdapat gunung tertinggi di Indonesia, salah satunya masuk dalam daftar gunung tertinggi di dunia.

Aktivitas pendakian, akhir-akhir ini telah menjadi trend dikalangan masyarakat Indonesia maupun luar negri. Mereka rela jauh-jauh datang demi menaklukan puncak dan melihat keindahan alam dari atas ketinggian.

Penting untuk para pendaki mengetahui informasi seputar gunung sebelum melakukan pendakian. Ini bertujuan agar tidak akan terjadi kejadian yang berbahaya untuk para pendaki.

Berikut ini daftar gunung tertinggi di Indonesia, bisa menjadi pilihan untuk didaki saat liburan.

Baca Juga: 7 Wisata Mojokerto, Mulai dari Vihara Mojopahit Hingga Candi Tikus

1. Puncak Jaya Wijaya atau Carstensz Pyramid

Puncak Jaya Wijaya. (Wikimedia commons/Alfindra Primaldhi)
Puncak Jaya Wijaya/ Gunung Tertinggi di Indonesia (Wikimedia commons/Alfindra Primaldhi)

Puncak Jaya Wijaya adalah gunung tertinggi di Indonesia yang berada di Provinsi Papua. Gunung ini memiliki tinggi 4.884 mdpl dengan dikelilingi gletser bernama gletser Carstensz. 

Gletser tersebut merupakan satu-satunya yang dimiliki oleh Indonesia. Banyak pendaki lokal maupun mancanega yang mendaki puncak Jaya Wijaya. Selain gunung tertinggi di Indonesia, Puncak Jaya Wijaya juga termasuk 7 gunung tertinggi di dunia.

Puncaknya yang tertutup salju membuat para pendaki menaklukannya. Puncak ini terkenal dengan pegunungan yang mematikan di antara kalangan pendaki. Karena jalurnya yang terjal dan suhunya yang sangat dingin.

2. Puncak Mandala

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Pangalengan Yang Memiliki Spot Foto Menarik

Masih di Papua, terdapat puncak Mandala yang menjadi salah satu gunung tertinggi di Indonesia. Puncak Mandala memiliki ketinggian 4.760 mdpl. Pada masa penjajahan Belanda puncak ini disebut dengan puncak Juliana, diambil dari nama ratu kerajaan Belanda.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait