alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

10 Tempat Wisata Pangalengan Yang Memiliki Spot Foto Menarik

Pebriansyah Ariefana Kamis, 02 Desember 2021 | 10:37 WIB

10 Tempat Wisata Pangalengan Yang Memiliki Spot Foto Menarik
Perkebunan Teh Cukul (Instagram @pesonaid_travel)

Berada di ketinggian 1550 mdpl, para wisatawan dapat menemui ragam objek wisata yang sangat mempesona.

SuaraBali.id - Pangalengan merupakan kawasan wisata di Bandung Selatan yang tengah hits dan banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Pangalengan banyak dikunjungi oleh wisatawan, lantaran menyimpan banyak objek wisata yang masih alami, misalnya, wisata alam, wisata sejarah, wisata air, bahkan wisata petualangan yang seru dan pastinya membuat waktu liburan menjadi lebih berkesan.

Untuk menuju ke tempat ini, bisa ditempuh dengan berkendara dari kota Bandung sekitar dua jam. Meski lokasinya yang terbilang cukup jauh, namun suasana yang ada di Pangalengan sangatlah sejuk dan tenang, yang pastinya tidak akan merasa kecewa ketika sampai ditempat ini.

Berada di ketinggian 1550 mdpl, para wisatawan dapat menemui ragam objek wisata yang sangat mempesona.

Baca Juga: Bermain Jetsky di Seadoo Safari Batam dengan Suguhan Pemandangan Barelang

Lalu, apa saja objek wisata Pangalengan? Beriku daftar tempat wisatawa Pangalengan yang direkomendasikan untuk anda.

1. Kampung singkur

Kampung singkur adalah salah satu tempat wisata yang bisa dikunjungi saat ke Pangalengan. Lokasi ini memberikan beragam wahana seperti arung jeram, paint ball, flying fox dan tubung trip.

Untuk menikmati liburan ditempat ini juga sangat terjangkau, yakni Rp.20 ribu per-orang sebagai tiket masuknya.

2. Perkebunan Teh Malabar

Baca Juga: PHRI Sebut Wisata Alam Tren Liburan Tahun 2022

tempat satu ini juga sangat menarik untuk dikunjungi. Pasalnya ditempat ini pengunjung dapat melihat keindahan pohon teh seluas 2000 hektar diatas ketinggian 1550 meter diatas dipermukaan laut.

Karena keindahannya ini, perkebunan The Malabar juga bisa dijadikan sebagai spot foto yang Intagramable. Sehingga sangat direkomendasikan bagi anda yang sedang berlibur ke Pangalengan.

3. Perkebunan Teh Cukul

Tempat wisata Pangalengan selanjutnya adalah Kebun The Cukul. Tak jauh dari perkebunan, juga terdapat sebuah danau yang indah serta bisa dijadikan spot foto Instagramable.

Selain menikmati keindahan hamparan kebun teh, disini pengunjung juga bisa berburu sunrise. Untuk itu, pastikan berkunjung ketempat ini saat pagi hari.

4. Situ Cileunca

Situ Cileunca, merupakan sebuah danau dengan luas 1400 hektar, yang berada di desa Wanasari Panaglengan. Situ Cileunca memiliki panorama alam yang sangat indah.

Apabila cuaca sedang bagus, pengunjung dapat menyaksikan matahari terbit (Sunrise) dan matahari terbenam (Sunset) dari tepi danau.

Untuk masuk ke tempat ini, hanya Rp.10 ribu saja, dan pengunjung dapar mengexplore beragam spot di danau Situ Cileunca.

5. Glamping Cileunca

Glamping Cileunca adalah salah satu tempat wisata populer yang masih terdapat didalam kawasan wisata Situ Cileunca. Untuk menuju ke tempat ini.

Pengunjung harus menggunakan perahu, karena lokasinya berada di tengah-tengah danau, tepatnya di desa Parabon. Glamping Cileuna memiliki banyak fasilitas, misalnya, tempat berkemah ekslusif, cottage, flying fox 200 meter lintas danau, arung jeram, paintball war games, archery, lapangan luas untuk kegiatan Gathering perusahaan, 2 aula dengan kapasitas 60 orang , serta spot foto untuk pra wedding.

6. Jembatan Cinta

Masih dikawasan Situ Cileunca, Jembatan Cinta sangat populer dikalangan Photograper, karena lokasinya yang unik dan berada di tengah-tengah danau Situ Cileunca yang luas.

Jembatan berwarna merah ini juga dikenal, karena posisinya yang pas untuk mengambil foto berlatar bintang-bintang atau milky way.

7. Situs Sejarah Rumah Bosscha

Tempat wisata Pangalengan berikutnya adalah Situs sejarah rumah Bosscha. Tempat ini merupakan rumah bergaya Eropa milik KAR. Bosscha, yang terletak di perkebunan teh Malabar.

KAR Bosscha sendiri merupakan pendiri dan pengelola perkebunan teh Malabar, pendiri Gedung Merdeka Bandung dan penggagas Obervatorium Boscha, untuk peneropongan langit di Lembang. Dirumah Bosscha, pengunjung dapat melihat situs atau peninggalan dan ornament asli milik Bosscha disetiap sudut ruangannya.

8. Rumah Pengabdi Setan

Rumah Pengabdi Setan merupakan tempat wisata Pangalengan yang menjadi incaran banyak wisatawan untuk berfoto. Hal itu dikarenakan rumah ini dulunya pernah digunakan sebagai lokasi shotting film Rumah Pengabdi Setan yang terkenal menegangkan tersebut.

Tempat ini terletak di desa Kertamanah Pangalengan atau sekitar 40 menit dari objek wisata Situ Cileunca.

9. Penangkaran rusa Kertamanah

Tak hanya di Ranca Ciwidey, di Pangalengan juga terdapat penangkaran Rusa yang terletak di area PTPN VIII Kertamanah.

Terdapat 20an ekor Rusa yang dipelihara disni, salah satuny yang jinak bernama Ujang. Untuk dapat membeli makanan bagi Rusa bernama ujang ini, pengunjung dapat membelinya seharga Rp.2000, sekaligus berfoto bersama Rusa tersebut.

10. Kawah Burung Gunung Wayang Windu

Tempat wisata Pangalengan yang terakhir adalah Kawah Burung Gunung Wayang Windu. Tempat ini merupakan gunung berapi kembar yang terdapat di sebelah timur Pangalengan dengan ketinggian 2241 Mdpl. Tempat ini sangat cocok bagi yang suka atau hobi hiking.

Selain memiliki kawah sabit yang luas, gunung ini memiliki pemandangan menakjubkan dengan view hamparan perkebunan teh serta gugusan gunung-gunung disekitarnya. Untuk mendaki gunung ini, pengunjung disarankan agar melalui titik start yang berlokasi di dekat pembangkit panas bumi Wayang Windu.

Nah, itulah tadi sepuluh tempat wisata Pangalengan yang direkomendasikan untuk Anda.

Kontributor : Raditya Hermansyah

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait