facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

7 Wisata Mojokerto, Mulai dari Vihara Mojopahit Hingga Candi Tikus

Pebriansyah Ariefana Kamis, 02 Desember 2021 | 11:00 WIB

7 Wisata Mojokerto, Mulai dari Vihara Mojopahit Hingga Candi Tikus
Gunung Penanggungan (Instagram @gunungpenanggungan.id)

Saat musim liburan tiba, Mojokerta menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk berlibur.

SuaraBali.id - Daftar Wisata Mojokerto. Baik Kota Maupun Kabupaten Mojokerto menyimpan banyak wisata alam yang luar biasa dan selalu identik dengan sejarah, sehingga membuat wisatawan lokal dan mancanegara untuk berburu wisata Mojokerto.

Saat musim liburan tiba, Mojokerta menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk berlibur. Sebab disini terdapat banyak spot wisata unik yang bisa dikunjungi, misalnya air terjun, spot foto, candi hingga situs bersejarah.

Wisata Mojokerto juga dipengaruhi kondisi geografis yang dekat dengan pegunungan. Kondisi alam yang sejuk dan pemandangan yang alami inilah yang menjadi Wisata Mojokerto menjadi menarik untuk dikunjungi.

Dengan berkunjung ke Mojokerto pastinya waktu liburan menjadi lebih berkesan, karena terdapat beragam objek wisata alam terbaik yang sayang untuk dilewatkan.

Baca Juga: Braakkk! Tiang Listrik Roboh Menewaskan Seorang Warga di Mojokerto

Nah, berikut ini daftar tempat wisata Mojokerto Jawa Timur yang telah kami rangkum untuk Anda.

1. Maha Vihara Mojopahit

Saat berkunjung ke Mojokerto, tak ada salahnya untuk mampir berkunjung ke Maha Vihara Mojopahit. Wihara ini terletak di desa Belijong, Trowulan dan hanya berjarak sekitar 300 meter dari jalan raya.

Untuk menuju tempat ini anda membutuhkan jarakl sejauh 14 kilometer dari pusat kota Mojokerto hingga Ke Jl. Raya Trowulan, kemudian belok kiri dari Jl. Candi Baru, dan belok kanan.

Tempat ini mulai didirikan pada tahun 1989, dengan desain utama ala arsitektur Jawa berbentuk Joglo. Namun, ketika di area depan, pengunjung dapat melihat perpaduan apik antara budaya Jawa, India dan Tiongkok.

Baca Juga: Bocah Mojokerto Ini Alami Luka Bakar Serius Usai Tersambar Petir Saat Main HP

Daya tarik termpat ini adalah Patung Budha tidur yang memiliki panjang 22 meter, lebar 6 meter dan tinggi 4,5 meter. Patung yang terletak di bagian kiri belakang bangunan utama wihara ini adalah yang terbesar ketiga di dunia. Setelah Thailand dan Nepal, sekaligus ,menjadi patung Budha terbesar di Indonesia.

Untuk bekunjung di sini, pengunjung cukup membayar biaya parker diantaranya untuk motor Rp 2000, Mobil Rp 4000, dan Bus Rp 10.000.

2. Puncak Watu Jengger

Puncak Watu Jengger bukanlah kawasan favorit para pendaki. Namun keindahannya mulai menarik hati wisatawan yang datang ke Mojokerto. Terletak di desa Tawangrejo, kecamatan Jatirejo, Puncak Watu Jengger menyuguhkan pemandangan pegunungan yang sangat luar biasa. Pasalnya pengunjung dapat melihat pemandangan alam secara langsung dari ketinggian.

Bagi pengunjung yang ingin datang ketempat ini, bisa mengambil jalur Surabaya-Krain yang membutuhkan waktu tempuh sekitar dua jam perjalanan. Daya tarik utama tempat ini adalah, kawasannya yang asri dengan pemandagan bukit yang menyejukan mat.

3. Gunung Penanggungan

Tempat wisata satu ini berada di kecamatan Ngoro, Mojokerto. Dari jalur Mojosari-Mojokerto, pengunjung dapat berkendara menuju Trawas sampai ke Jalan Raya Jolotundo untuk bisa sampai di lokasi. Parker para pendaki.

Gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi ini memiliki ketinggian 1653 mdpl dan jalur yang cukup terjal untuk menuju puncak. Dikawasan pendakian terdapat beberapa bukit yang sering dijadikan sebagai tempat berkemah yakni, Bukit Bekel, Bukit Gajah Mungkur, Bukit Sarah Klopo dan Bukit Kemuncup.

4. Air Terjun Coban Canggu

Obyek wisata Mojokerto selanjutnya adalah Air Terjun Coban Canggu. Di sini, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan alam serta suasana asri, yang dijamin akan membuat betah bagi siapapun yang datang.

Spot wisata menarik dari air terjun Coban Canggu adalah air terjunnya yang kontur dan unik dengan adanya lumut serta tumbuhan merambat disekeliling air terjun.

Lokasinya ada di desa Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Untuk jam operasionalnya setiap hari Senin-Minggu mulai pukul 08.00 – 16.00.

5. Air Terjun Dlundung

Air Terjun Dlundung memiliki ketinggian 14 meter dari permukaan laut. Di sini, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alam berupa butiran air yang jatuh dari puncak tebing. Air Terjun Dlundung berada tepat didaerah lereng gunung Welirang, sehingga membuat suasana di sekitar air terjun menjadi lebih sejuk dan menenangkan.

Tempat ini biasanya juga digunakan sebagai bumi perkemahan bagi keluarga yang sedang ingin berlibur ceria.

6. Petirtaan Jolotundo

Tempat ini merupakan wisata bersejarah di Mojokerto. Petirtaan Jolotundo atau lebih dikenal Candi Jolotundo, telah berdiri sejak tahun 997. Yang mana saat itu candi ini sebagai tempat pemandian keluarga Kerajaan Majapahit.

Daya Tariku tama dari tempat ini adalah kolam pemandiannya, yang dianggap memiliki khasiat untuk awet muda dan mampu menyembuhkan beberapa penyakit.

Tempat ini berada di desa Seloliman, kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto.

7. Candi Tikus

Pesona bangunan menarik penuh sejarah di masa lalu ini akan membuat siapa saja yang berkunjung merasa takjub. Candi Tikus, terletak di Jatirejo, Temon, Kecamatan Trowulan, Mojokerto.

Karena keunikannya bangunan candi yang ada disini, membuat tempat ini sangat cocok sebagai spot foto.

Sekian informasi tentang Objek Wisata Mojokerto yang bisa menjadi pilihan bagi anda ketika ingin berlibur bersama keluarga.

Kontributor : Raditya Hermansyah

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait