alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Daftar Makanan Khas Kalimantan Timur

Risna Halidi Kamis, 18 November 2021 | 16:32 WIB

Daftar Makanan Khas Kalimantan Timur
Makanan Khas Kalimantan Timur (Instagram/mamaraffiyya)

Di Kalimantan Timur tidak hanya terkenal dengan kawasan hutan yang masih asri, malainkan juga terkenal dengan kawasan tambang besar dan kawasan kultur budaya mengesankan.

SuaraBali.id - Makanan khas Kalimantan Timur. Setelah diumumkan secara resmi bahwa wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara sebagai ibu kota baru Pemerintahan RI, kini provinsi Kalimantan Timur menjadi salah satu provinsi yang populer di Indonesia.

Sebagian besar makanan khas Kalimantan Timur sendiri merupakan perpaduan antara kebudayaan suku asli Kalimantan Timur seperti suku Kutai dan Dayak serta kebudayaan suku pendatang seperti Banjar dan Bugis.

Di Kalimantan Timur tidak hanya terkenal dengan kawasan hutan yang masih asri, malainkan juga terkenal dengan kawasan tambang besar dan kawasan kultur budaya mengesankan.

Penasaran, apa saja makanan khas Kalimantan Timur? Yuk simak penjelasan tentang makanan Khas Kalimantan Timur.

Baca Juga: Jajanan hingga Minuman, Ini 5 Makanan Khas Bengkulu yang Bikin Ngiler

1. Nasi Kuning
Nasi kuning merupakan makanan berbahan dasar beras yang sudah dimasak bersama dengan rempah-rempah khusus sehingga memberikan sensasi gurih.

Untuk warnanya sendiri ini didapatkan dari pewarna makanan alami yaitu kunyit. Nasi kuning dihidangkan dengan beragam lauk seperti tempe goreng, tahu goreng, telur dadar, ayam goreng dan lain-lain.

Kombinasi unik antara serundeng, ikan gabus, telur, bumbu Bali serta taburan bawang merah menjadikan nasi kuning semakin special.

2. Gence Ruan
Gence ruan merupakan salah satu makanan yang menggunakan ikan sebagai bahan dasarnya. Nama ”ruan” ini diambil sari empat huruf terakhir pada hidangan utama ini yaitu ikan haruan atau lebih dikenal dengan nama ikan gabus. Sementara “gence” adalah nama bumbu special yang digunakan.

3. Sayur Ayam Kutai
Sayur ayam Kutai merupakan salah satu jenis sayur yang khas berasal dari Indonesia. Makanan khas kalimantan timur satu ini menjadi paling favorite.

Baca Juga: Dijamin Lezat! Ini 10 Makanan Khas Banten yang Wajib Dicicipi

Untuk jenisnya juga bermacam-macam misalnya sayur asam kangkung, sayur asam ikan asing serta sayur asam khas Betawi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait