facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

10 Makanan Khas Kalimantan Terenak: Bingka, Ketupat Kandangan, Hingga Gangan Humbut

Pebriansyah Ariefana Jum'at, 12 November 2021 | 12:08 WIB

10 Makanan Khas Kalimantan Terenak: Bingka, Ketupat Kandangan, Hingga Gangan Humbut
Ilustrasi Nasi Bekepor Makanan Khas Kutai Kartanegara. [kaaltimtoday]

Pulau Kalimantan memiliki julukan Pulau Seribu Sungai karena banyaknya sungai yang mengalir di pulau ini. Dalam artian luas, seluruh Pulau Kalimantan disebut dengan Borneo.

SuaraBali.id - Kalimantan merupakan pulau yang berada di atas bagian tengah Indonesia. Daerah ini punya makanan khas Kalimantan yang beragam dan enak semua. Simak ulasan makanan khas Kalimantan di artikel ini.

Pulau ini adalah pulau terbesar di Indonesia. Pulau Kalimantan memiliki julukan “Pulau Seribu Sungai” karena banyaknya sungai yang mengalir di pulau ini. Dalam artian luas, seluruh Pulau Kalimantan disebut dengan Borneo.

Pulau Kalimantan terdiri dari beberapa provinsi yakni Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara. Kota terbesar di pulau ini adalah Kota Samarinda. Penduduk Kalimantan banyak yang beretnis Dayak, Tionghoa, Melayu, Kadazan, Banjar, Jawa.

Pulau Kalimantan menjadi salah satu pulau yang memiliki sejarah dan warisan leluhur yang kaya. Banyak kerajaan-kerajaan yang berdiri di pulau ini. Salah satu warisan leluhur yang masih dilestarikan hingga saat ini adalah pakaian adat, rumah adat, ritual tertentu, dan makanan khas Pulau Kalimantan.

Baca Juga: Nekat Menempuh Jalur Tikus Perbatasan Kalimantan Barat, Demi Bertemu Keluarga

Makanan khas Kalimantan yang kerap didengar adalah Soto Banjar, Patin Baubar, Ketupat Kandangan, dan lain sebagainya. Makanan-makanan tersebut dibuat dengan istimewa. Keistimewaan makanan khas Kalimantan adalah dari bumbu rempahnya.

Sebagai pecinta kuliner, tentunya menjadi sebuah kewajiban untuk mencicipi makanan khas Kalimantan. Oleh karena itu, berikut penjelasan lebih lanjut terkait dengan makanan khas Kalimantan.

1. Bingka

Kue Bingka. [Kalteng.go.id]
Kue Bingka. [Kalteng.go.id]

Bingka merupakan makanan khas Kalimantan yang berasal dari Kalimantan Selatan. Bingka memiliki rasa manis, dan teksturnya pun lembut. Bingka kerap disajikan pada acara besar seperti pernikahan dan sebagainya. Bingka terbuat dari tepung terigu, santan, telur, garam.

2. Ketupat Kandangan

Baca Juga: Banjir Kalbar, Walhi Sebut Hutan Tidak Mampu Lagi Jamin Keselamatan Manusia

Ketupat Kandangan merupakan makanan khas Kalimantan, khususnya berasal dari Kalimantan Selatan. Ketupat kuah ini disajikan dengan kuah bersantan, telur, dan ikan sebagai lauk. Rasa ketupat ini adalah manis, gurih.

3. Mandai Kalimantan

Mandai merupakan makanan khas Kalimantan yang mirip dengan Yogyakarta. Perbedaannya terletak pada bahan dasarnya yakni cempedak. Sedangkan gudeg berbahan dasar nangka. Cempedak ini kemudian diawetkan selama beberapa hari menggunakan garam. Setelah itu, cempedak dicampur dengan rempah-rempah khas Kalimantan.

4. Gangan Humbut

Gangan humbut, gulai sayur hidangan khas Kalimantan Selatan. (Dok. Instagram/Dapur Halal Mama Aisy)
Gangan humbut, gulai sayur hidangan khas Kalimantan Selatan. (Dok. Instagram/Dapur Halal Mama Aisy)

Gangang Humbut adalah makanan Kalimantan yang menggunakan nyiur atau inti pohon kelapa. Gangang humbut disajikan dengan kuah pedas, asin, gurih kemudian ditambah dengan bawang putih dan cabe.

5. Iwak Pakasam

Iwak Pakasam merupakan Kalimantan yang pembuatannya mirip dengan mandai. Ikan yang digunakan adalah ikan gabus, ikan mangki, ikan sepat, dan ikan pepuyu. Ikan tersebut kemudian melalui proses pengawetan yang kemudian ditambahi rempah-rempah agar menciptakan rasa yang khas.

6. Hekeng

Hekeng adalah makanan khas Kalimantan yang berbahan dasar daging. Daging yang digunakan yakni daging udang, sapi, atau babi. Hekeng Mirip disajikan dengan kuah asam manis dan pedas.

7. Nasi Bekepor

Nasi Bekepor adalah makanan khas Kalimantan berbahan dasar nasi. Nasi putih tersebut dicampur dengan rempah-rempah, ikan asin, dan sayuran. Dinamakan nasi bekepor karena dibuat dengan cara diputar di atas bara api.

8. Garang Asam

Garang Asam merupakan makanan khas Kalimantan yang berbahan dasar ikan. Makanan ini kerap disajikan bersama banyak bumbu rempah. Sesuai namanya, rasa garang asam adalah asam manis pedas.

9. Sate Payau

Sate Payau adalah makanan khas Kalimantan yang berbahan dasar daging rusa. Makanan ini biasa dihidangkan pada hari besar atau acara besar seperti pernikahan atau upacara adat.

10. Gence Ruan

Gence Ruan adalah makanan khas Kalimantan dengan bahan dasar ikan haruan atau ikan gabus. Gence adalah sambal goreng khas Kalimantan Timur dan ruan berarti ikan gabus. Gence ruang dibuat dengan cara melumuri ikan gabus dengan sambal kemudian disajikan pada daun pisang. Sajian khas Kutai Kartanegara ini menggoda karena sambalnya yang khas.

Demikian 10 makanan khas Kalimantan beserta bahan utamanya. Sebagai pulau dengan banyaknya warisan leluhur berupa kuliner, keunikan makanan Pulau Kalimantan menjadi istimewa dan sayang untuk dilewatkan. Makanan-makanan di atas pun cukup mudah ditemukan.

Kontributor : Annisa Fianni Sisma

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait