alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

9 Ciri Khas Daerah Bali, Mulai dari Makanan Hingga Prosesi Pemakaman

Risna Halidi Minggu, 24 Oktober 2021 | 17:33 WIB

9 Ciri Khas Daerah Bali, Mulai dari Makanan Hingga Prosesi Pemakaman
Ilustrasi Bali

Bali merupakan destinasi wisata yang sangat terkenal baik di dalam negeri maupun mancanegara. Berikut ciri khas daerah Bali.

SuaraBali.id - Ciri khas daerah Bali. Bali merupakan destinasi wisata yang sangat terkenal baik di dalam negeri maupun mancanegara. Selain dikenal karena memiliki alam yang indah, Bali juga kaya akan kebudayaan dan keseniannya.

Bali juga mempunyai ciri khas daerah yang hanya dimiliki oleh wilayah yang kerap disebut sebagai Pulau Dewata ini.

Ciri khas daerah Bali ini meliputi makanan, alat musik, pakaian daerah, tarian, hingga tradisi masyarakat yang hanya ada di Bali. Lebih lengkap mengenai ciri khas daerah Bali, yuk kita simak bersama-sama.

1. Makanan Khas

Baca Juga: Viral Bule Baku Hantam Dengan Warga Bali di Pinggir Jalan

Ayam Betutu (Suara.com/Risna Halidi)
Ayam Betutu (Suara.com/Risna Halidi)

Banyak makanan dari provinsi dengan ibu kota Denpasar tersebut memiliki cita rasa yang lumayan pedas. Ini entah itu karena bumbunya yang kaya akan rempah-rempah atau tambahan sambal pada menunya.

Makanan khas Bali pada sejarahnya telah dipengaruhi oleh masakan China, India, dan Timur Tengah. Bahan dasar dari makanan khas Bali adalah cabai, bawang putih, bawang merah, dan minyak kelapa.

Akan tetapi, tergantung pada hidangannya, berbagai bumbu dan bahan segar ditambahkan untuk menciptakan citra rasa yang luar biasa.

Bahkan, berbagai daerah di Bali memiliki rasa yang berbeda dan sejarahnya yang menarik. Sejumlah makanan khasnya, antara lain Bebek Betutu atau Ayam Betutu, Sate Lilit, hingga Babi Guling.

2. Pakaian Adat

Baca Juga: Tegas! Gerindra Bali Kembali Usung Prabowo Subianto Calon Presiden 2024

Baju adat Bali. (Pariwisata Indonesia)
Baju adat Bali. (Pariwisata Indonesia)

Pakaian adat Bali memiliki beragam jenis, dari pakaian sehari-hari sampai pakaian upacara. Dalam pergaulan sehari-hari anak laki-laki Bali diwajibkan memakai penutup kepala yang disebut destar atau udeng.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait