alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Rem Blong Saat Mengemudi? 5 Hal Ini Tidak Boleh Anda Lakukan

M. Reza Sulaiman Selasa, 19 Januari 2021 | 20:10 WIB

Rem Blong Saat Mengemudi? 5 Hal Ini Tidak Boleh Anda Lakukan
Ilustrasi pedal rem alias rem blong. (shutterstock).

Mengalami rem blong di perjalanan bisa terjadi pada siapa saja. Rem blong menjadi masalah yang cukup besar karena dapat menyebabkan kecelakaan.

SuaraBali.id - Mengalami rem blong di perjalanan bisa terjadi pada siapa saja. Rem blong menjadi masalah yang cukup besar karena dapat menyebabkan kecelakaan.

Namun, bukan berarti rem blong tidak bisa diatasi. Mengutip Top Driver, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan pengendara saat rem blong, di antaranya:

1. Panik

Saat mengalami rem blong usahakan agar tidak panik. Hal ini dapat meningkatkan risiko kecelakaan. Usahakan agar pikiran tetap jernih. Tarik napas dalam-dalam agar tubuh menjadi lebih tenang.

Baca Juga: Minimalkan Potensi Rem Mobil Blong, Ini Tips Perawatannya

2. Menurunkan gigi terlalu cepat

Jangan menurunkan gigi terlalu cepat. Misalnya, dari gigi empat langsung ke satu. Hal ini dapat membuat kendaraan lepas kendali. Oleh karena itu usahakan untuk menurunkannya satu per satu.

3. Mematikan mobil

Jangan mencoba untuk mematikan mobil. Selain itu, jangan menonaktifkan power steering atau mengunci roda kemudi. Hal ini akan membuat pengemudi memiliki kenali atas situasi yang sedang terjadi.

4. Menggunakan rem darurat terlalu cepat

Baca Juga: Cegah Rem Mobil Blong, Periksa Kondisi Pelumas Komponen Ini

Selain menurunkan gigi, jangan menggunakan rem darurat terlalu cepat. Menarik rem darurat terlalu cepat dan agresif dapat membuat mobil tergelincir dan kehilangan kendali. Untuk itu usahakan tidak melakukannya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait