alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Gus Dur Enggan Kunjungi Gedung PWNU Bali, Ada Alasan Mulia di Baliknya

Husna Rahmayunita | Hadi Mulyono Rabu, 23 Desember 2020 | 20:14 WIB

Gus Dur Enggan Kunjungi Gedung PWNU Bali, Ada Alasan Mulia di Baliknya
Almarhum Presiden Republik Indonesia ke-4, KH. Abdurrahman Wahid, atau yang akrab disapa Gus Dur. [Twitter@tsamaraDKI]

Gus Dur lebih sering mendatangi Puri, Ashram, dan beberapa kali bertemu sejumlah tokoh di area Pura penting yang tersebar di Bali.

SuaraBali.id - Mantan Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur sosok yang tak bisa dilupakan. Tak banyak yang tahu kalau mendiang Gus Dur memiliki kisah unik tentang Bali.

Semasa hidup, Gus Dur konon enggan berkunjung kantor Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) di Bali. 

Sebagai produk dari pesantren, Gus Dur juga terkenal dengan guyonan cerda dan berisi, yang sering membuat orang tertawa termasuk sejumlah pemimpin negara lain.

Gus Dur selalu menggelorakan pluralisme di mana ia mampu merangkul bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai latar belakang agama, suku dan lainnya.

Baca Juga: Heboh Wanita Ngaku Kehilangan Uang Rp 94 Juta, Tercecer di Jalanan Bali

Uniknya meski mondar-mandir keliling dunia, Gus Dur yang terlahir dari kalangan NU justru tidak pernah mengunjungi kantor PWNU Bali, yang ada di tanah airnya sendiri.

Alasan di balik sikap Gus Dur akhirnya terjawab. Disadur dari aswajadewata.com, Gus Ainun Ni’am mengungkapkannya saat memberi testimoni Haul Gus Dur ke 10 di Ashram Gandhi Puri Denpasar pada Selasa (7/01/2020) lalu.

Gus Niam menjelaskan, keengganan Gus Dur ini juga diceritakan oleh KH. Noor Hadi, Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatul Huffadz Tabanan, yang juga Rois Syuriah PWNU Bali.

Kisah Gus Dur dan PWNU Bali. (Instagram/@pecintagusdur)
Kisah Gus Dur dan PWNU Bali. (Instagram/@pecintagusdur)

Menurut KH. Noor Hadi, sebagaimana disampaikan Gus Ni’am, saat di Bali Gus Dur lebih sering mendatangi Puri, Ashram, dan beberapa kali bertemu sejumlah tokoh di area Pura penting yang tersebar di Bali. Sebaliknya, Gus Dur justru sangat jarang mendatangi Masjid dan Tokoh Muslim Bali.

Gus Ni’am dalam kesempatan itu membeberkan sebuah jawaban yang cukup mengejutkan ketika masyarakat Bali sangat respek dan menaruh hormat kepada Islam ala Nahdlatul Ulama.

Baca Juga: Tega, Culik Anak Usia 10 Tahun di Denpasar Bali karena Inginkan Ponsel

Menurutnya, komunikasi yang dilakukan Gus Dur dengan para Tokoh Hindu Bali yang telah dibangun sejak lama itu, tidak lain untuk menitipkan umat Islam yang minoritas di Bali.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait