Kapal Perang Inggris HMS Spey Kunjungi Bali, Awak Kapalnya Akan Diajak Poco-poco di Benoa

Kunjungan ini merupakan pertama setelah 25 tahun yang lalu kapal Angkatan Laut Kerajaan Inggris merapat di Bali.

Eviera Paramita Sandi
Kamis, 29 September 2022 | 17:14 WIB
Kapal Perang Inggris HMS Spey Kunjungi Bali, Awak Kapalnya Akan Diajak Poco-poco di Benoa
Kapal patroli lepas pantai His Majesty’s Ship (HMS) Spey dari Inggris, akan mengunjungi Bal mulai 30 September hingga 3 Oktober 2022. [istimewa]

SuaraBali.id - Kapal patroli lepas pantai His Majesty’s Ship (HMS) Spey dari Inggris, akan mengunjungi pelabuhan Benoa, Bali mulai 30 September hingga 3 Oktober 2022. Kapal terbaru Inggris ini juga datang ke Indonesia mempunyai misi pertukaran budaya dengan TNI Angkatan Laut dan anak-anak dari sanggar tari Bali.

HMS Spey tengah beroperasi selama lima tahun di kawasan Indo-Pasifik bersama kapal AL Inggris HMS Tamar, bekerja bersama para mitra dan sekutunya untuk membantu mengatasi tantangan di sektor keamanan dan mendukung negara-negara dalam mengatasi dampak perubahan iklim.

Sebagaimana dilansir melalui siaran persnya, HMS Spey diklaim merupakan kapal 'terhijau' dan paling ramah lingkungan di Angkatan Laut Kerajaan Inggris. Hal ini karena catalytic converter yang dipasang pada corong serapan untuk mengurangi emisi CO2.

HMS Spey baru-baru ini melakukan patroli untuk memerangi penangkapan ikan illegal yang tidak diatur dan tidak dilaporkan, serta melakukan survei lingkungan.

Baca Juga:Bule Australia di Bali Simpan Heroin Dalam Kondom Yang Dimasukkan ke Dubur

Dua puluh persen awak kapal adalah perempuan. Salah satunya adalah Executive Officer Letnan Komandan Bridget Macnae, yang akan memimpin kedatangan kapal ke Bali.

Letnan Komandan Macnae dijadwalkan bertemu dengan Gubernur Bali I Wayan Koster dan Pangdam Udaya Mayjen Sonny Aprianto sebagai bagian dari kunjungan kehormatan.

Awak kapal sangat menantikan untuk berpartisipasi dalam tarian Poco Poco dan Maumere bersama TNI Angkatan Laut. Tarian Poco Poco dan Maumere berasal dari Indonesia - yaitu dari Maluku dan Nusa Tenggara Timur - dan sudah sangat mendunia serta menjadi salah satu tarian terpopuler untuk menyatukan orang-orang dari latar belakang yang berbeda.

Wakil Komandan Kapal HMS Spey Letnan Komandan Bridget Macnae mengatakan bahwa pihaknya sangat senang mengunjungi Bali. Dan kunjungan ini merupakan pertama setelah 25 tahun yang lalu kapal Angkatan Laut Kerajaan Inggris merapat di Bali.

“Kami sangat menantikan kesempatan untuk pertukaran budaya, olahraga dan tarian-tarian tradisional Indonesia. Kunjungan ini juga merupakan waktu bagi kami untuk memanfaatkan layanan logistik di Bali, mengisi persediaan bahan makanan segar dan bahan bakar yang kami butuhkan untuk HMS Spey agar bisa menjalankan misinya di laut. Kami sangat berterima kasih atas keramahtamahan yang ditunjukkan oleh masyarakat Indonesia” ujarnya.

Baca Juga:TPA Suwung Akan Ditutup Sebelum KTT G20 Digantikan Oleh 3 TPST di Denpasar

HMS Spey dibangun di galangan kapal Govan, Glasgow, Skotlandia, Inggris yang diluncurkan pada 19 Juni 2019 dan mulai ditugaskan pada 18 Juni 2021.

News

Terkini

Menurut Andika, apa yang dilakuka pelau adalah tindak pidana. Ia pun mendesak agar pelaku segera dipecat.

News | 07:33 WIB

Joshua melaporkan seorang pemerhati hewan lainnya yang berinisial BDM asal Lombok Tengah.

News | 07:00 WIB

Diduga keduanya terseret arus sungai saat memasang jaring ikan di hulu sungai.

News | 06:43 WIB

Dugaan reklamasi pesisir Pantai Melasti pada area seluas 22.310 m ini baru diketahui pada 2020, dan disinyalir dimulai pada tahun 2019.

News | 17:25 WIB

Tak hanya Cyril Stiak, satu orang lagi bernama Stefan Durina kini masuk dalam red notice. Namun dia masih dalam pengejaran.

News | 13:42 WIB

Menurutnya, partai Perindo terbuka bagi yang ingin berjuang dan membesarkan Partai ini.

News | 10:00 WIB

Awalnya ia cekcok dengan kekasihnya karena kecemburuan.

News | 08:00 WIB

Ini bukti bahwa BRImo semakin menjadi andalan masyarakat.

News | 17:30 WIB

Menurutnya cara pandangnya dalam membangun Bali saat ini dipengaruhi ilmunya selama menempuh pendidikkan di ITB.

News | 16:27 WIB

Bharada E menyampaikan hal itu saat ditanya Ketua Majelis Hakim Wahyu Iman Santoso.

News | 13:00 WIB

Anjing liar yang sudah dieliminasi, langsung dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA).

News | 11:30 WIB

Hal itu diputuskan pada Rapat Pleno, Senin (28/11/2022) kemarin oleh Dewan Pengupahan Kota Denpasar

News | 10:21 WIB

Kepala Diskarmat Kabupaten Badung, I Wayan Wirya mengatakan api akhirnya berhasil dipadamkan dalam waktu kurang lebih satu jam.

News | 09:30 WIB

Tangannya yang gemetaran spontan menjatuhkan uang tersebut ke lantai

News | 08:39 WIB

Menurutnya setelah maskapai Cathay Pacific beroperasi maka akan memberikan dampak yang cukup signifikan bagi sektor pariwisata di Pulau Bali.

News | 08:27 WIB
Tampilkan lebih banyak