facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Hari Yoga Internasional di Bali, Selama 45 Menit Hampir Seribu Orang Berkumpul di Renon

Eviera Paramita Sandi Selasa, 21 Juni 2022 | 19:57 WIB

Hari Yoga Internasional di Bali, Selama 45 Menit Hampir Seribu Orang Berkumpul di Renon
Ratusan warga mengikuti acara peringatan Hari Yoga Internasional di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, Selasa (21/6/2022). (ANTARA/Genta Tenri Mawangi)

Di antara ratusan warga yang mengikuti yoga di Lapangan Niti Mandala Renon itu ada sejumlah pejabat dari Pemerintah Provinsi Bali.

SuaraBali.id - Sebanyak hampir 1.000 orang dari berbagai kelompok masyarakat dan usia mengikuti peringatan Hari Yoga Internasional yang digelar di Denpasar, Bali, Selasa (21/6/2022).

Kegiatan yang berlangsung sekira 45 menit ini para peserta mempraktikkan sejumlah gerakan yoga dan ditutup dengan latihan pernapasan yang dipandu oleh instruktur dari Yoga Mantra Bali.

“Yoga secara fisik adalah bentuk penyatuan tubuh, pikiran, dan napas. Dari sisi keagamaan, yoga merupakan penyatuan energi diri bersama energi yang universal, sementara dari sisi sosial, yoga adalah penyatuan dari berbagai kepribadian dan jiwa manusia. Jadi, yoga adalah ilmu tentang penyatuan,” kata Konsul Jenderal (Konjen) India di Bali Prakash Chand.

Menurut Chand, masyarakat Bali dan seluruh warga di Indonesia dapat mempraktikkan yoga secara rutin setiap hari, karena dapat membantu menjaga kebugaran, kesehatan, dan pikiran agar tetap jernih.

Baca Juga: Kronologi Lengkap Bentrokan Antar Warga di Denpasar, 3 Orang Jadi Korban, 14 Diinterogasi

Di antara ratusan warga yang mengikuti yoga di Lapangan Niti Mandala Renon itu ada sejumlah pejabat dari Pemerintah Provinsi Bali, Pemerintah Kota Denpasar, Kepolisian Daerah Bali, dan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali.

Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 2014 menetapkan 21 Juni sebagai Hari Yoga Internasional setelah pemerintah India mengusulkan hal itu di berbagai sidang dan forum dunia.

Perdana Menteri India Narendra Modi hadir secara langsung di forum-forum tersebut untuk meminta dukungan agar resolusi Hari Yoga Internasional disahkan oleh Sidang Majelis Umum PBB. Usulan India itu mendapat dukungan dari 193 negara, termasuk Indonesia.

Chand mengatakan bahwa peringatan Hari Yoga Internasional di Bali telah memasuki tahun ke-8 dan tahun ini kegiatan itu mengangkat tema “Yoga untuk Kemanusiaan”.

“Kami sangat senang banyak warga, para penggemar yoga hadir hari ini, begitu juga komunitas yoga, komunitas warga India (di Bali), korps konsuler, dan pejabat-pejabat senior di Provinsi Bali,” kata Chand.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Bali United di Piala AFC 2022, Laga Perdana Hadapi Malaysia

Peringatan Hari Yoga Internasional pada Selasa berlangsung tidak hanya di Bali, tetapi juga di daerah lain seperti Jakarta dan Yogyakarta. (ANTARA)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait