facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jalan Raya Kerobokan Dihiasi Deretan Penjor 12-13 Meter Hari Ini

Eviera Paramita Sandi Sabtu, 11 Juni 2022 | 07:48 WIB

Jalan Raya Kerobokan Dihiasi Deretan Penjor 12-13 Meter Hari Ini
Ilustrasi sampian penghias Penjor

Deretan penjor ini adalah rangkaian lomba yang diadakan oleh Yowana Desa Adat Kerobokan, Badung bertema "Ngerobok"

SuaraBali.id - Jalan raya Kerobokan, Badung, Bali tepatnya berada di depan Pura Desa dan Pura Puseh, Desa Adat Kerobokan, Sabtu (11/6/2022) akan diwarnai berbagai  52 macam penjor setinggi 12 sampai 13 meter.

Deretan penjor ini adalah rangkaian lomba yang diadakan oleh Yowana Desa Adat Kerobokan, Badung bertema "Ngerobok" dengan diikuti 52 Banjar se desa adat Kerobokan

Sebelum lomba penjor dilakukan membuat janur bersama. Selanjutnya menurut, Manggala Yowana Desa Adat Kerobokan, Badung, I G Prayoga Mahardika didampingi Pamucuk Prawartaka, Agus Ariana Putra menyampaikan kegiatan tersebut merupakan kegiatan pertama kali di diadakan di Bali.

Adapun yang membuat perbedaan lomba penjor dengan yang lainnya adalah pembuatan dilakukan secara bersama-sama.

Baca Juga: Gerakan Bupati Giri Prasta Saat Ngibing Jadi Sorotan Warganet

"Besok (hari ini) mulai, jam 8 pagi sampai batas pentancapan sampai jam 1 siang.Tentu langsung di persembahkan kepada sesuhunan di Pura Desa jadi, besok akan terasa kemeriahannya", paparnya seperti diwartakan beritabali.com – jaringan suara.com.

Sedangkan harapan dari pelaksanaan lomba adalah, selain nantinya dapat melahirkan seniman-seniman penjor yang baru, juga akan membangkitkan UMKM.

Karena, kata dia, adanya lomba penjor tentu dapat memperluas rantai ekonomi masyarakat.

Seperti kelengkapan merangkai penjor akan menghidupkan para pedagang mulai dari, ental di Buleleng, Karangasem, dagang ambu di daerah Badung utara, kemudian dagang besek di Gianyar dan di Klungkung.

"Itu semua hadir disini, kita menggunakan sistem saling support antar daerah kita. Jadi lomba ini selain menghasilkan seniman dapat dikatakan telah mampu memutar per ekonomi secara masif karena, telah terbukti. Bahkan mampu meningkatkan harga ental itu sendiri," bebernya.

Baca Juga: Pertama Kalinya, Presiden Dipastikan Tak Hadiri Pembukaan Pesta Kesenian Bali

Tinggi penjor yang lombakan adalah 12 sampai 13 meter dengan bahan semua dari bahan alami, totalnya untuk penjor agung sebanyak 52 penjor dari masing-masing banjar se-desa adat Kerobokan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait