facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

BMKG Sebut Wilayah Bali Diperkirakan Diguyur Hujan Hari Ini

Eviera Paramita Sandi Senin, 28 Maret 2022 | 10:11 WIB

BMKG Sebut Wilayah Bali Diperkirakan Diguyur Hujan Hari Ini
Ilustrasi hujan lebat. [Istimewa]

Selain itu, hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang turun di sejumlah wilayah provinsi di Indonesia.

SuaraBali.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan pada Senin hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang turun di sejumlah wilayah provinsi di Indonesia, termasuk provinsi yang berada di Jawa, Sulawesi, dan Kalimantan.

Menurut peringatan dini cuaca yang disiarkan di laman resmi BMKG, hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang antara lain berpotensi terjadi di bagian wilayah Provinsi Aceh, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Barat.

Bagian wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, serta Papua juga berpeluang mengalami hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Hujan dengan intensitas yang lebih ringan diprakirakan terjadi di bagian wilayah Provinsi DKI Jakarta, Bali, dan Nusa Tenggara Timur.

Di DKI Jakarta, pada siang hari hujan dengan intensitas sedang diprakirakan terjadi di Jakarta Barat dan hujan ringan berpeluang terjadi di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur.

BMKG menyampaikan peringatan bahwa wilayah Kalimantan Utara mesti siaga menghadapi risiko banjir akibat hujan lebat.

Selain itu, BMKG meminta pemerintah daerah dan warga di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Banten, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua mewaspadai dampak hujan lebat.

Komentar

Berita Terkait