facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jelang Imlek, Warga Etnis Tionghoa di Bali Mulai Pasang Lampion di Vihara Dharmayana Kuta

Eviera Paramita Sandi Rabu, 26 Januari 2022 | 16:00 WIB

Jelang Imlek, Warga Etnis Tionghoa di Bali Mulai Pasang Lampion di Vihara Dharmayana Kuta
Warga mencuci patung di Vihara Dharmayana, Kuta, Badung, Bali, Rabu (26/1/2022). [ANTARA/Naufal Fikri Yusuf]

Seperti yang terlihat di sana, umat mulai membersihkan areal vihara dan pasang lampion.

SuaraBali.id - Perayaan Tahun Baru Imlek 2573 semakin dekat, ratusan warga etnis Tionghoa kini melakukan persiapan dengan dengan melakukan sejumlah persiapan di Vihara Dharmayana Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

Seperti yang terlihat di sana, umat mulai membersihkan areal vihara dan pasang lampion.

"Di Vihara Dharmayana Kuta menjelang Tahun Baru Imlek hari ini kami mulai dengan membersihkan area vihara, membersihkan rupang atau arca dewa dewi serta memasang lampion," ujar Penanggung Jawab Tempat Ibadah Vihara Dharmayana Kuta, Adi Dharmaja Kusuma, di Badung, Rabu (26/1/2022) sebagaimana diwartakan beritabali.com – jaringan Suara.com.

Pencucian patung serta rupang itu karena dipercaya pada hari ini dewa dewi yang ada di tempat ibadah sedang menghadap kepada dewa langit sehingga umat diberikan ruang dan waktu untuk menurunkan arca serta melakukan pembersihan.

"Nanti dua atau tiga hari sebelum perayaan Imlek kami percaya beliau akan kembali. Itu secara tradisi sudah turun menurun dan harapannya saat beliau datang dan kami saat melaksanakan persembahyangan itu semuanya sudah suci dan bersih," katanya.

Pada kesempatan itu ratusan umat terpantau antusias mengikuti kegiatan pembersihan puluhan patung dan rupang dewa-dewi serta pembersihan area tempat ibadah Vihara Dharmayana Kuta.

"Memang setiap tahunnya kegiatan ini pasti kami laksanakan. Namun tahun lalu umat yang terlibat memang tidak sebanyak tahun ini karena adanya pembatasan karena pandemi COVID-19. Tahun ini meskipun lebih banyak namun kami pastikan protokol kesehatan tetap diterapkan oleh seluruh umat," ungkapnya.

Pihaknya juga akan berencana menyelenggarakan ritual tolak bala yang diikuti oleh Barongsai dan Naga Liong yang berkeliling di sekitar kawasan Kuta.

"Namun ritual itu pelaksanaannya masih akan melihat perkembangan kondisi pandemi. Nanti pada tanggal 1 Februari kami juga akan membuka vihara untuk persembahyangan Imlek namun tetap dengan penerapan protokol kesehatan," kata Adi Dharmaja Kusuma. (ANTARA)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar

Berita Terkait