alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sejarah Istana Air Memukau di Taman Ujung Karangasem Bali

Eviera Paramita Sandi Rabu, 12 Januari 2022 | 06:46 WIB

Sejarah Istana Air Memukau di Taman Ujung Karangasem Bali
Salah satu peninggalan bersejarah dari Kerajaan Karangasem adalah water palace di Taman Ujung Karangasem, Bali. [Foto : Istimewa/beritabali,com]

Adapun yang menarik adalah pesona arsitektur bangunannya yang unik unik ditambah taman dan kolam indah di sekitarnya.

SuaraBali.id - Salah satu peninggalan bersejarah dari Kerajaan Karangasem, Bali adalah water palace di Taman Ujung Karangasem. Lokasi ini pun menjadi destinasi wisata popular di Bali Timur.

Tak jarang keindahan ini membawa banyak wisatawan menjadikan Taman Ujung Bali sebagai tempat untuk melakukan sesi pemotretan pre wedding yang romantis. Adapun yang menarik adalah pesona arsitektur bangunannya yang unik unik ditambah taman dan kolam indah di sekitarnya.

Jika anda ingin mengunjungi tempat ini, sejumlah paket wisata Bali dari sejumlah agen wisata biasanya sudah memasukkan destinasi ini dalam list kunjungan. Sehingga wisatwan akan lebih dimudahkan.

Sebagaimana diwartakan beritabali.com – Jaringan Suara.com, Taman Ujung atau dikenal juga dengan nama Taman Sukasada merupakan taman milik keluarga Puri Karangasem yang sudah ada sejak lama. Keberadaan taman ini bermula dari pembangunan kolam Dirah pada tahun 1901 yang selanjutnya kembangkan lagi menjadi Taman Sukasada.

Perluasan taman tersebut diprakarsai oleh raja Karangasem I Gusti Bagus Jelantik yang bergelar Anak Agung Anglurah pada tahun 1909. Dengan bantuan arsitek Belanda dan Cina, van Den Hentz dan Loto Ang, water palace ini selesai di tahun 1921.

Selain itu Taman Ujung Karangasem ini juga sempat beberapa kali direnovasi setelah terkena gempa tahun 1976 dan tahun 1968. Luas taman yang dulunya mencapai 400 hektar pun menyusut menjadi 10 hektar karena sebagian besar lahan dibagikan untuk masyarakat.

Komentar

Berita Terkait