alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Rekomendasi 12 Tempat Wisata di Jogja Paling Terkenal, Spot Foto Terbaik

Pebriansyah Ariefana Kamis, 09 Desember 2021 | 11:45 WIB

Rekomendasi 12 Tempat Wisata di Jogja Paling Terkenal, Spot Foto Terbaik
Sejumlah kendaraan melintasi Pojok Benteng Wetan Keraton Yogyakarta di simpang tiga Jalan Brigjend Katamso, Gondomanan, Kota Jogja, Jumat (15/10/2021). - (SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora)

Banyak tempat wisata di Jogja paling terkenal.

SuaraBali.id - Yogyakarta merupakan salah satu daerah wisata yang paling asyik di Indonesia. Banyak tempat wisata di Jogja paling terkenal.

Jogja menawarkan banyak hal untuk dikunjungi. Wisatawan dapat menemukan wisata budaya, wisata alam, wisata kuliner hingga wisata kekinian dengan deretan spot foto menawan.

Buat kalian yang ingin liburan ke Jogja, ini rekomendasi 12 tempat wisata di Jogja paling terkenal:

1. Malioboro

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Indonesia yang Terkenal: Bunaken Hingga Ujung Kulon

Pedagang Kaki Lima (PKL) menata barang daganganya di kawasan Malioboro, Yogyakarta, Minggu (5/12/2021). [ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko]
Pedagang Kaki Lima (PKL) menata barang daganganya di kawasan Malioboro, Yogyakarta, Minggu (5/12/2021). [ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko]

Ke Jogja tentu belum lengkap apabila enggak mampir ke Jalan Malioboro. Saat ini Malioboro semakin nyaman dengan penataan pedestrian yang menawan. Banyak kursi, instalasi seni maupun vegetasi yang membuat kalian bakal betah berlama-lama di kawasan ini.

Oh ya, kalian juga bisa wisata belanja dan kuliner di sini juga. Malioboro dikenal sebagai surganya jajanan serta barang oleh-oleh,

2. Keraton Yogyakarta

Salah satu wisata budaya yang wajib kalian kunjungi di Kota Pelajar tentu saja Keraton Yogyakarta. Kalian bisa menikmati arsitektur bangunan hingga sejarah panjang Kesultanan Yogyakarta di sini.

Ingin tahu lebih jauh tentang Keraton? Tenang saja, ada pemandu yang bisa menemani kalian menjelajahi setiap jengkal bangunan bersejarah ini.

Baca Juga: Penjelasan Polisi Terkait Siskaeee Memakai Jilbab usai Ditangkap

3. Taman Sari

Sejumlah wisatawan memasuki keawasan destinasi wisata ke Taman Sari Yogyakarta, Rabu (6/10/2021). [Hiskia Andika Weadcaksana / SuaraJogja.id]
Sejumlah wisatawan memasuki keawasan destinasi wisata ke Taman Sari Yogyakarta, Rabu (6/10/2021). [Hiskia Andika Weadcaksana / SuaraJogja.id]

Obyek wisata ini masih berada dalam wilayah Benteng Keraton Yogyakarta. Taman Sari dahulu adalah pemandian pribadi bagi sultan dan para permaisurinya.

Sekain pemandiannya yang unik, kalian bisa menelusuri lorong-lorong di Taman Sari yang sarat nilai histori. Tak hanya itu, setiap sudut Taman Sari cocok untuk berfoto, terutama di area masjid bawah tanahnya yang punya arsitektur tangga yang khas. Lokasi ini wajib menjadi jujugan, terutama buat kalian yang baru kali pertama ke Jogja.

4. Tugu Yogyakarta

Tugu Yogyakarta adalah ikon wisata Jogja. Biasanya warga dari beragam umur menjadikan kawasan ini untuk berfoto. Selain itu wisatawan juga dapat mampir ke warung kopi yang banyak tersebar di sekitar Tugu Yogyakarta.

Sembari menyeruput kopi, kalian bisa menikmati suasana malam yang menyenangkan di sana. Ada pula restoran dan kafe berlantai dua yang menawarkan spot foto menarik dengan latar belakang Tugu Yogyakarta.

5. Candi Borobudur

Kegiatan penyemprotan minyak astiri untuk mencegah jamur pada batuan Candi Borobudur. [Suara.com/ Angga Haksoro Ardhi]
Kegiatan penyemprotan minyak astiri untuk mencegah jamur pada batuan Candi Borobudur. [Suara.com/ Angga Haksoro Ardhi]

Candi Borobudur ini memang tidak berada di area Jogja, melainkan Muntilan, Jawa Tengah. Namun candi Budha terbesar di dunia ini menjadi salah satu tempat wisata favorit yang perlu kalian kunjungi saat singgah ke Jogja.

Ukiran pada dinding-dinding candi banyak berkisah soal kondisi masyarakat masa lampau. Selain itu kalian juga bisa menikmati sunrise terbaik di Candi Borobudur lho!

6. Goa Jomblang

Goa Jomblang “hanya” salah satu dari ratusan goa yang ada di Gunungkidul. Meski demikian, popularitas tempat ini meningkat tajam lho dalam lima tahun terakhir. Kok bisa? Ya, Goa Jomblang memiliki “Cahaya Surga” yang banyak dibicarakan di media sosial. Sinkhole atau sumuran itu terbentuk akibat proses geologi selama ratusan tahun.

Keindahan Goa Jomblang membuat lokasi ini pernah menjadi tempat pengambilan gambar acara Amazing Race America.

7. Hutan Pinus Pengger

Hutan pinus pengger (Suara/M Reza Sulaiman)
Hutan pinus pengger (Suara/M Reza Sulaiman)

Suka wisata alam dengan hamparan pemandangan hijau nan menyejukkan? Hutan Pinus Pengger bisa jadi pilihan. Tempat wisata yang berjarak sekitar satu jam dari pusat Kota Jogja ini adalah taman bertema hutan dengan beragam obyek menarik.

Tak hanya pemandangan hutan pinus, lokasi ini punya berbagai struktur unik yang dibuat dari pepohonan. Ada pula instalasi seni berbentuk tangan raksasa yang bisa jadi pilihan berfoto ria.

8. Merapi Park

Indahnya Menara Eiifel ala The World Landmarks Merapi Park Jogja. (Instagram @merapipark.jogja)
Indahnya Menara Eiifel ala The World Landmarks Merapi Park Jogja. (Instagram @merapipark.jogja)

Merapi Park Jogja merupakan salah satu destinasi wisata kekinian yang digemari anak muda. Obyek wisata ini menawarkan pengalaman wisata dengan beragam landmark dunia seperti Menara Pisa, Menara Eiffel hingga Big Ben London. Lokasi Merapi Park berada di Sleman, sekitar satu jam dari pusat Kota Jogja.

9. Obelix Hills Sunset View

Pemandangan indah dengan deretan candi dan perbukitan Gunung Kidul menjadi kekuatan Obelix Hills. Tempat wisata yang dulu bernama Bukit Klumprit ini punya daya tarik tambahan saat sore hari.

Ya, kalian dapat menikmati matahari terbenam atau sunset secara langsung dari sini. Selain itu Obelix Hills menawarkan fasilitas glamping area, puluhan spot foto serta restoran dengan banyal menu Nusantara.

10. Kalibiru National Park

Taman Nasional Kalibiru merupakan tempat ideal bagi kalian yang hendak menikmati indahnya pemandangan hutan sekaligus melakukan kegiatan alam yang menantang.

Ada fasilitas panjat tebing, hiking, flying fox sertia berjalan lewat jembatan gantung yang bisa memantik adrenalin kita.

11. Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan awalnya adalah hutan lindung. Namun kawasan ini kemudian dikembangkan agar bernilai tambah menjadi kawasan ekowisata. Rapatnya pohon pinus yang menjulang tinggi membuat lokasi ini nyaman dan jauh dari kebisingan. Eh, ada taman bunga yang tak kalah menawan lho di Mangunan.

12. Air Terjun Kedung Pedut

Obyek wisata ini wajib dimasukkan di list pertama kunjungan bagi wisatawan yang hobi ke air terjun. Kedung Pedut menawarkan pemandangan air terjun indah nan jernih.

Selain itu tempat wisata yang berlokasi di Kulonprogo ini punya fasilitas tambahan yang memanjakan seperti gazebo, flying fox hingga kawasan kuliner.

Itu dia 12 tempat wisata di Jogja paling terkenal. Jika mampir, jangan lupa jaga kebersihan dan tetap menjaga protokol kesehatan ya!

Kontributor : Alan Aliarcham

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait