alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

10 Tempat Wisata di Indonesia yang Terkenal: Bunaken Hingga Ujung Kulon

Pebriansyah Ariefana Kamis, 09 Desember 2021 | 11:08 WIB

10 Tempat Wisata di Indonesia yang Terkenal: Bunaken Hingga Ujung Kulon
Danau Toba

Tak Cuma Bali, banyak tempat bagus dan indah di Indonesia yang membuat turis asing berbondong-bondong datang untuk berkunjung.

SuaraBali.id - Tempat wisata di Indonesia yang terkenal hingga ke luar negeri. Pesona wisata Indonesia sudah terkenal hingga ke seluruh penjuru dunia. Tak Cuma Bali, banyak tempat bagus dan indah di Indonesia yang membuat turis asing berbondong-bondong datang untuk berkunjung.

Seperti diketahui, Indonesia adalah Negara yang indah, kaya akan sumber daya alam, suku, bahasa yang beragam dan pastinya merupakan tujuan wisata yang sayang untuk dilewatkan. Untuk itu, kita harus bangga menjadi warga Negara Indonesia dengan kekayaan yang dimiliki Negeri Ini.

Tempat wisata di Indonesia sangat beragam dan pastinya sangat menarik untuk dikunjungi. Beberapa tempat wisata di Indonesia yang terkenal misalnya, Pulau Bali, Raja Ampat Papua, Danau Toba, Taman Laut Bunaken, Pulau Komodo, dan masih banyak yang lainnya.

Untuk mencari tempat wisata di Indonesia tidaklah sulit, karena dari setiap pulau memiliki tempat wisata yang menarik dan layak untuk dikunjungi.

Baca Juga: Prediksi Bali United vs Madura United di BRI Liga 1

Mau Tau Apa Saja tempat Wisata di Indonesia yang terkenal? Simak ulasan berikut ini.

1. Danau Toba

3 Pelabuhan di Danau Toba Selesai Direvitalisasi. [ANTARA]
3 Pelabuhan di Danau Toba Selesai Direvitalisasi. [ANTARA]

Danau Toba, merupakan danau terluas di Asia Tenggara dan merupakan danau terbesar setelah Danau Victoria di Afrika. Para ahli memperkirakan Danau Toba terbentuk setelah letusan gunung api super hebat sekitar 75.000 tahun yang lalu.

Hal yang membuat Danai Toba semakin unik adalah, karena adanya Pulau Samosir ditengah-tengah danau.

Di pulau samosir terdapat Danau Sidihoni dan Danau Aek Taonang. Tak heran jika dua danau tersebut dijuluki (Danau diatas Danau).

Baca Juga: 10 Rekomendasi Tempat Wisata di Indonesia Terpopuler, Liburan Yuk

2. Taman Laut Bunaken

Taman laut Bunaken merupakan salah satu taman laut terindah di Indonesia. Bunaken berada di Teluk Manado, di Utara Pulau Sulawesi. Taman laut sekitar Bunaken menjadi bagian dari Taman Nasional yang juga termasuk laut Pulau Manado Tua.
Sebagai informasi, Taman laut Bunaken yang didirikan pada tahun 1991 ini adalah salah satu taman laut pertam di dunia.

Tempat wisata Indonesia ini telah menjadi situs warisan dunia sejak tahun 2005. Perairan Bunaken menjadi rumah bagi sekitar 390 spesies terumbu karang, ikan hiu, ikan pari, kuda laut, kura-kura, mamalia laut seperti ikan duyung dan moluska. Taman laut bunaken memiliki 20 titik penyelamatan atau Dive Spot dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 meter.

3. Pulau Bali

Salah satu tempat wista di Indonesia yang terkenal adalah Pulau Bali. Pulau yang dijuluki sebagai pulau dewata ini memiliki keindahan alam yang dipadukan dengan kekayaan budaya serta seni.

Tak hanya dapat menikmati pantai-pantainya saja, di Bali para wisatawan dapat menyaksikan adat istiadat Bali yang cukup kental. Selain itu, Bali juga dikenal sebagai wisata kulinernya yang sangat menggugah selera. Karena inilah, Bali menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan mancanegara.

4. Raja Ampat

Padang lamun di perairan Raja Ampat, Kampung Waigama, Distrik Misool Utara, Papua barat, dipotret dari udara. [Rivaldo Patty/FFI]
Padang lamun di perairan Raja Ampat, Kampung Waigama, Distrik Misool Utara, Papua barat, dipotret dari udara. [Rivaldo Patty/FFI]

Raja Ampat Papua, adalah tempat wisata Indonesia yang terkenal. Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian gugusan empat pulau yang berdekatan dan berlokasi di bagian kepala burung Pulau Papua.

Empat gugusan pulau yang menjadi anggotanya dinamakan mennurut empat pulau terbesarnya, yaitu Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati dan Pulau Batanta.

Untuk diketahui, Kepualauan Raja Ampat ini memiliki keindahan bawah laut yang luar biasa, Di perairan Raja Ampat terdapat lebih dari 540 jenis karang keras, lebih dari 1000 jenis ikan karang dan 700 jenis moluska.

Dikawasan gigisan Misool, pengunjung dapat melihat peninggalan sejarah, berupa cap tangan yang diterangkan pada dinding batu karang. Diperkirakan, cap tangan tersebut sudah berusia 50.000 tahun. Perairan Raja Ampat Papua merupakan salah satu dari 10 perairan untuk diving site di seluruh dunia.

5. Candi Borobudur Jawa Tengah

Candi Borobudur akan sangat dipadati oleh para bikshu, baik yang ada di Jawa Tengah mauun dari bagian Indonesia lainnya, dan bahkan dari mancanegara ketika hari raya besar umat Budha, yakni Waisak berjalan. Biasanya acara tersebut akan semakin meriah ketika masuk ke acara penutupan yakni acara pelepasan 1000 lampion ke udara. Candi Borobudur ini juga termasuk salah satu tempat wisata di Indonesia yang terkenal.

6. Gunung Bromo

Wisata Bromo Tengger Semeru. (Istimewa)
Wisata Bromo Tengger Semeru. (Istimewa)

Tempat wisata di Indonesia yang terkenal selanjutnya adalah Gunung Bromo Jawa Timur. Terletak di provinsi Jawa Timur, Gunung Bromo berada di 4 Kabupaten, yakni Kabupaten Lumajang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Malang.

Gunung dengan tinggi 2329 meter diatas permukaan laut ini, selalu dipenuhi oleh pengunjung baik dalam negeri maupun mancanegara khususnya pada saat liburan. Hal ini dikarenakan suasana dan pemandangan diatas Gunung Bromo yang sangat Indah.

7. Kepulauan Krakatau

Di ujung selatan Pulau Sumatera terdapat gugusan kepualauan Krakatau yang berdiri diatas Selat Sunda. Gunung anak Krakatau yang berada diatasnya menjadi salah satu destinasi wisata favorit turis mancanegara. Publik dunia internasional tentu taka sing dengan nama Krakatau. Gunung berapi besar ini dulunya pernah menghasilkan letusan hebat yang membuat setengah bagian permukaan bumi tertutup kabut hitam.

Untuk diketahui, Kepulauan Krakatau ini merupakan salah satu tempat wisata di Indonesia yang terkenal, karena memiliki suasana dan pemandangan yang sangat luar biasa.

8. Taman Nasional Ujung Kulon

Jika ingin melihat spesies badak bercula yang nyaris punah di Indonesia, maka Taman Nasional Ujung Kulon adalah tempatnya. Balai konservasi fauna langka ini juga ramai didatangi turis asing.

9. Kepulauan Seribu

Pekerja memasukkan logistik ke dalam kapal di Pelabuhan Kali Adem, Jakarta, Jumat (12/11/2021). [ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso]
Pekerja memasukkan logistik ke dalam kapal di Pelabuhan Kali Adem, Jakarta, Jumat (12/11/2021). [ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso]

Seperti diketahui, Indonesia memiliki banyak spot wisata laut yang menarik. Salah satunya ada di kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Terdapat berbagaimacam aktivitas seru dapat dilakukan disini, misalnya Jetski dan Diving.

10. Pulau Komodo

Kapal wisata phinisi berlabuh di perairan Golo Mori, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, NTT, Sabtu (18/07/2020). [ANTARA FOTO/Kornelis Kaha]
Kapal wisata phinisi berlabuh di perairan Golo Mori, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, NTT, Sabtu (18/07/2020). [ANTARA FOTO/Kornelis Kaha]

Tempat wisata di Indonesia yang terkenal lainnya adalah Pulau Komodo. Pulau Komodo di Kepulauan Nusa Tengggara, di sebelah Barat Pulau Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Timur ini, merupakan habitat asli Komodo. Komodo atau yang disebut oleh para penduduk setempat merupakan jenis kadal terbesar di dunia. Saat ini, diperkirakan ada sekitar 1300 ekor Komodo yang ada di Taman Nasional tersebut.

Pulau ini juga memiliki keindahan alam yang luar biasa, dengan lautnya yang biru dan eksotis.

Selain itu, pengunjung yang datang dapat menjumpai kekayaan flora yang sangat beragam, seperti pohon kayu secang dan pohon nitak. Pulau Komodo yang termasuk dalam salah satu keajaiban dunia ini merupakan salah satu tempat wisata di Indonesia yang terkenal di Dunia.

Nah, itulah tadi ulasan tentang tempat wisata di Indonesia yang terkenal hingga seluruh dunia.

Kontributor : Raditya Hermansyah

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait