alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

10 Rekomendasi Tempat Wisata di Lombok, Tinggal Selangkah Menyeberang dari Bali

Pebriansyah Ariefana Kamis, 09 Desember 2021 | 11:23 WIB

10 Rekomendasi Tempat Wisata di Lombok, Tinggal Selangkah Menyeberang dari Bali
Pantai Kuta Mandalika, Lombok. (Suara.com/Silfa Humairah)

Tak jarang, banyak orang yang memasukkan Pulau ini sebagai daftar wisata favoritnya.

SuaraBali.id - Pulau Lombok merupakan salah satu pulau yang berada di Kepulauan Sunda Kecil. Pulau ini terkenal dengan destinasi wisata alamnya. Tak jarang, banyak orang yang memasukkan Pulau ini sebagai daftar wisata favoritnya. Berikut rekomendasi 10 tempat wisata di Lombok.

Tidak hanya wisatawan dari Indonesia saja yang datang ke pulau ini, melainkan pula wisatawan yang berasal dari Mancanegara, seperti dari Negara Singapura, Malaysia, Australia, Amerika, Kanada dan lain sebagainya.

Wisata alam di Pulau Lombok ini, memiki keindahan yang tidak kalah dengan wisata yang ada di Pulau Bali. Dan jumlah dari wisata yang ada, begitu banyak. Namun, ada beberapa wisata yang alam di Pulau Lombok yang paling populer.

Melansir dari YouTube chanel Doyan Wisata, dijelaskan bahwa ada 10 tempat wisata di Lombok yang paling populer, diantaranya:

Baca Juga: Cuaca Ekstrem, Jalur Pendakian Gunung Rinjani Ditutup Hingga Maret 2022

1. Pantai Kuta Lombok

Meski memiliki nama yang sama dengan Pantai Kuta yang ada di Pulau Bali, Namun Pantai Kuta ini memiliki perbedaan. Yakni kondisinya yang masih bersih dan terlihat asri.

Pantai ini berada di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Panti ini juga sangat eksotis, dengan memiliki hamparan pasir putih yang luas serta deburan ombak yang bersahut-sahutan membuat pantai ini tampak indah di pandangan. Lokasinya yang tidak jauh dari Bandara Internasional Lombok, jarak dari Pantai Senggigi sekitar 1,5 jam.

Pantai ini memiliki bukit bernama Mandalika, yang konon katanya, berasal dari nama putri Raja Mandalaki yang pernah melompat dari atas bukit tersebut, karena lari dari kejarang seorang pangeran yang ingin mempersuntingnya. Akhirnya, bukit tersebut diberi nama Putri Raja Mandalika tersebut.

Baca Juga: Dinilai Berbahaya Saat Hujan, Jalur Pendakian Gunung Rinjani Ditutup Sementara

2. Pantai Tangsi Lombok

Pantai ini memiliki pasir putih yang berwarna pink. Wisatawan yang datang ke tempat ini akan bisa menikmati keindahan alam bawah lautnya. Dengan ombak yang relative tenang, dan salah satu aktivitas wisata yang bisa dicoba di pantai ini adalah Snokeling.

Di pantai ini, wisatawan juga bisa menyewa perahu nelayan untuk dapat digunakan berkeliling di gugusan pulau-pulau yang berjarak kurang lebih 2 kilometer dari bibir Pantai Tangsi. Tarif sewa dari kapal tersebut adalah Rp10.000 per orang.

3. Gunung Rinjani Lombok

Merupakan gunung berapi tertinggi setelah Gunung Kerinci di Sumatera. Yang memiliki ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laur (mdpl). Gunung ini juga merupakan Taman Nasional yang ditetapkan melalu keputusan Menteri Kehutanan pada tahun 1997.

Salah satu destinasi yang dapat ditemukan di Gunung Rinjani adalah sebuah danau bernama Danau Segare Anak, yang terbentuk secara alami lantaran letusan Gunung Rinjani. Dan tempat ini dipercaya bisa menyembuhkan penyakit, konon katanya.

Untuk masuk taman ini, wisatawan akan dikenakan tarif sebesar Rp27.000. Dengan bayar segitu, pengunjung akan bisa memasuki aman di Senaru dan Sembalun Lawang.

Untuk rute yang bisa ditempuh adalah dari terminal Mandalika di Mataram bisa naik bus menuju ke anyar dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam dengan harga sekitar Rp15.000 dan kemudian bemo ke senaru. Atau jika ingin ke Sembalun Lawang, bisa naik bus ke Aikmel dengan harga sekitar Rp10.000 dan disana naik bus lain ke arah Sembalu dengan harga Rp9.000.

4. Taman Narmada

Merupakan destinasi wisata yang berada di Lembuak, Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Taman ini menawarkan sejarah yang bisa dibuat pelajaran, memiliki replica gunung rinjani yang bisa dinikmati oleh wisatawan, melihat Pura Narmada, serta bisa melihat balai petirtaan

Tempat wisata ini buka mulai pukul 09.00 WITA hingga 17.00 WITA. Pengunjung yang ingin masuk tempat wisata ini, dikenakan tarif sebesar Rp10.000 per orang untuk wisatawan asing, sementara untuk wisatawan lokal akan dikenakan tarif sebesar Rp6.000.

5. Gili Trawangan

Merupakan destinasi wisata yang berada di Desa Gili Indah, Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Gili Trawangan memiliki beberapa pantai dengan pemandangan yang sangat indah.

Sebagian besar pantainya memiliki air laut yang berwarna biru tosca jernih. Hamparan pasir pantainya pun juga berwarna putih lembut. Aktivitas yang bisa dilakukan di tempat ini diantaranya, bersepeda, snorkeling dan diving, surfing, bermain kayak dan berkuda, dan pengunjung bisa melakukan pesta pantai.

Untuk sampai di tempat ini, pengunjung harus menaiki public boat yang berada di Pelabuhan Bangsal dengan tarif sebesar Rp16.000 per orang atau bisa pula menggunakan public speedboat dengan tarif sebesar Rp75.000.

6. Gili Naggu

Tempat ini beralamat di Sekotong bar, Sekotong tengah, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Tempat ini memiliki keunikan tersendiri dari gili-gili yang ada di Pulau Lombok, yakni memiliki gugusan pulau-pulau kecil yang namnya berawalan dengan Gili semua.

Aktivitas wisata yang bisa dilakukan saat berkunjung ke tempat ini adalah melakukan diving dan snorkeling, memberi makan ikan, melihat konservasi penyu, menikmati keindahan pantai yang serasa milik pribadi, dan memiliha keindahan pemandangan yang ada.

Jam operasional atau jam buka Gili Nanggu mulai dari jam 9 pagi sampai jam 3 sore. Untuk tiket masuk ke pulau ini, gratis atau tidak dipungut biaya. Hanya saja membayar sewa angkut perahu sebesar Rp35.000.

7. Pantai Tanjung Aan Lombok

Merupakan destinasi wisata Lombok yang cocok untuk snorkeling dan berenang. Pantai ini beralamat di Desa Pengembur, Sengkol, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Pantai ini juga merupakan wisata andalan di Lombok.

Beberapa fasilitas yang disediakan adalah musholla, warung makan kecil, area parkir, kamar mandi, sewa alat snorking dan renang, serta pondok-pondok kecil untuk istirahat.

Pantai ini buka selama 24 jam. Untuk tiket masuk tempat wisata ini, mobil akan ditarik biaya sebesar Rp10.000 dan motor sebesar Rp5.000.

8. Bukit Selong

Tempat Wisata Lombok - Bukit Selong (instagram @bukit_selong_lombok/@justdewa_ /@erytriana_iie)
Tempat Wisata Lombok - Bukit Selong (instagram @bukit_selong_lombok/@justdewa_ /@erytriana_iie)

Menawarkan keindahan alam terbuka, juga sajian sejarah, dan budaya. Bukit ini memiliki ketinggian 1800 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Meskipun begitu, jalan ke Bukit Selong Sembalun dapat ditempuh dengan mudah, karena sudah terdapat anak tangga yang dapat meringankan trekking para pengunjung.

Bukit selong memiliki fasilitas penunjang yang cukup memadai. Di area ini sudah terdapat toilet, area parkir yang cukup luas, kedai penjual makanan, warung kopi serta area camping. Kemudian di sekitar bukit juga tersedia tempat duduk serta spot-spot instagramable untuk berfoto.

Harga tiket masuk di Bukit Selong adalah sebesar Rp3.000 bagi wisatawan lokal dan sebesar Rp15.000 bagi wisatawan mancanegara. Serta untuk retribusi parkir sepeda motor ditarik biaya sebesar Rp2.000, sementara untuk mobil dikenakan tarif sebesar Rp5.000.

9. Bukit Pengasingan Lombok

Tempat ini berada di Kecamatan Sembalun. Bukit pengasingan ini merupakan puncak terbaik, dengan menyajikan pesona alam yang begitu indah dan menakjubkan.

Untuk memasuki tempat ini, pengunjung hanya dikenakan tarif sebesar Rp15.000, serta membayar retribusi parkir sebesar Rp2.000 untuk sepeda motor, sementara untuk mobil mebayar biaya sebesar Rp5.000.

Tempat ini masuk kedalam wilayah taman nasional Gunung Rinjani, yang memang sudah sangat terkenal akan keindahan alamnnya yang begitu menakjubkan. Puncak Pergasingan Lombok ini berada di ketinggian 1670 mdpl, yang dimana tempat ini menyuguhkan berupa panorama hamparan pepohonan dan area persawahan yang sangat indah.

10. Pantai Selong Belanak

Pantai ini populer sebagai tempat berenang dan berselancar, yang memiliki pasir putih, air jernih, serta ada penyewaan kursi untuk berjemur. Alamat dari pantai ini adalah di Selong Belanak, Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Pantai ini buka selama 24 jam. Tidak ada tiket masuk di pantai ini, melainkan hanya membayar retribusi parkir dengan ketentuan, sepeda motor dikenakan tarif sebesar Rp5.000 dan mobil dikenakan tarif sebesar Rp10.000. Jika ingin melakukan surfing dikenaka biaya Rp50.000.

Demikianlah ulasan mengenai 10 rekomendasi tempat wisata di Lombok yang paling indah dan populer.

Kontributor : Agung Kurniawan

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait