alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Makanan Tradisional Jawa Tengah Beserta Maknanya

Dinar Surya Oktarini Senin, 06 Desember 2021 | 13:25 WIB

Makanan Tradisional Jawa Tengah Beserta Maknanya
Ilustrasi Nasi Tumpeng/ Makanan Tradisional Jawa Tengah (Pixabay/MielPhotos2008)

Bisa langsung dicicipin, ini makanan tradisional Jawa Tengah.

SuaraBali.id - Makanan tradisional Jawa Tengah selain memiliki fungsi untuk dimakan dan memberikan rasa kenyang. Ternyata, makanan tradisonal yang ada di Jawa Tengah memiliki makna yang mendalam.

Makanan-makanan tersebut menjadi simbol untuk penyampaian nasihat-nasihat bijak. Dan isi dari maknanya mengenai kebaikan.

Ada beberapa makanan tradisional Jawa Tengah yang tidak hanya populer namun juga memiliki makna yang mendalam. 

1. Tumpeng, mempunyai arti metu dalan kang lempang atau hidup melalui jalan yang lurus. Tumpeng sendiri adalah nasi yang dibentuk seperti kerucut dan ditata di atas tampah dengan alas daun pisang. Disajikan dengan berbagai sayuran dan lauk pauk.

Baca Juga: 5 Makanan Tradisional Indonesia yang Mendunia

2. Kupat, mempunyai arti ngaku lepat atau mengakui kesalahan. Kupat atau ketupat adalah makanan berbahan dasar beras. Kupat dibungkus dengan pebungkus dari anyaman janur.

3. Apem atau affuwun, mempunyai arti sebagai simbol permohonan ampun kepada ALLAH SWT Tuhan Yang Maha Esa. Apem sendiri adalah makanan tradisional yang dimasak dengan pemanggang yang ada cetakannya. Bentuknya mirip serabi, tetapi lebih tebal. Apem digunakan dalam berbagai kenduri dalam masyarakat Jawa.

4. Lemper, mempunyai arti yen dielem atimu ojo memper atau jangan sombng saat diuji. Lemper sendiri merupakan penganan yang terbuat dari ketan. Di dalamnya terdapat isian. Isian lemper dapat berupa abon, daging sapi cincang, atau daging ayam cincang. Lemper dibungkus dengan daun pisang.

Jajanan tradisional, lemper. (Shutterstock)
Jajanan tradisional, lemper./ Makanan Tradisional Jawa Tengah (Shutterstock)

5. Dawet, mempunyai makan lambang kebulatan hati. Dawet sendiri merupakan minuman yang dibuat dari campuran air gula jawa, santan, dan cendol. Biasanya dawet disajikan dengan dicampur es. Minuman ini rasanya segar.

6. Klepon, mempunyai makna makanan sederhana penuh makna. Merupakan makanan tradisional yang termasuk dalam kelompok jajanan pasar. Klepon dibuat dari tepung beras ketan yang dibentuk menjadi bola-bola kecil. Di dalamnya diisi dengan gula merah.

Baca Juga: 4 Makanan India Terbaik yang Enak dan Lezat

7. Lontong, mempunyai arti olone dadi kothong atau segala keburukan menjadi hilang. Merupakan makanan tradisional yang dibuat dari beras. Makanan ini dibungkus dengan daun pisang. Cara memasaknya adalah dengan mengukusnya di atas air mendidih. Dibutuhkan waktu beberapa jam untuk memasak lontong. Jika air yang digunakan untuk memasak habis, harus dituang kembali. Hal ini biasanya harus dilakukan berulang kali hingga lontong masak.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait