facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

10 Destinasi Wisata Pasuruan Keren, Bisa Jadi Alternatif Liburan di Jawa Timur!

Risna Halidi Jum'at, 03 Desember 2021 | 19:21 WIB

10 Destinasi Wisata Pasuruan Keren, Bisa Jadi Alternatif Liburan di Jawa Timur!
Kebun Raya Purwodadi, Salah satu wisata Pasuruan (Instagram: Wisata Kebun Raya Purwodadi/Pasuruan.kekinian)

Yuk, mari eksplorasi lokasi wisata Pasuruan!

SuaraBali.id - Wisata Pasuruan. Kabupaten Pasuruan bisa dibilang menjadi salah satu tujuan wisata alternatif di Jawa Timur. Letaknya yang berdekatan dengan Kota Malang dan Surabaya membuat Pasuruan kerap menjadi pilihan turis untuk ikut dikunjungi.

Kabupaten yang berada di wilayah tapal kuda Jawa Timur ini memang lekat dengan deretan destinasi wisata ikonik. Keindahan laut dan sejuknya pegunungan menjadi andalan kabupaten berjuluk Kota Santri itu. Yuk, mari eksplorasi lokasi wisata Pasuruan!

1. Taman Safari Prigen

Perawat satwa bermain bersama dua bayi Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) saat pemberian nama bayi tersebut pada peringatan Hari Harimau Sedunia di Taman Safari Prigen, Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (29/7/2021). [ANTARA FOTO/Zabur Karuru]
Perawat satwa bermain bersama dua bayi Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) saat pemberian nama bayi tersebut pada peringatan Hari Harimau Sedunia di Taman Safari Prigen, Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (29/7/2021). [ANTARA FOTO/Zabur Karuru]

Taman Safari Prigen kerap dijuluki sebagai Taman Safari Indonesia 2. Ini karena wahana wisata yang berada di lereng Gunung Arjuno itu punya beragam satwa, termasuk satwa langka.

Baca Juga: 5 Wisata Tawangmangu: Air Terjun Jumog Hingga Cemoro Kandang

Wisatawan bisa menjelajahi taman safari seluas 340 hektare itu untuk berekreasi sekaligus sebagai wahana konservasi. Tak hanya itu, Taman Safari Prigen juga menawarkan wahana waterpark.

Harga Tiket: Rp100.000

Alamat: Jl. Princi, Jatiarjo, Kec. Prigen, Kab. Pasuruan, Jawa Timur.

2. Kebun Pak Budi

Wisata Kebun Pak Budi (Instagram)
Wisata Kebun Pak Budi (Instagram)

Salah satu eduwisata yang menyenangkan di Pasuruan adalah Kebun Pak Budi. Meskipun namanya sederhana, Kebun Pak Budi menawarkan keseruan berekreasi melalui fasilitas, zona wisata hingga aktivitas yang memanjakan pengunjung. Kebun Pak Budi punya area peternakan dan pertanian organik hingga kids house.

Baca Juga: Anti Mainstream, Ini 7 Tempat Wisata Unik di Indonesia

Sawahe Pak Budi termasuk sebagai eduwisata, Anda bisa mengajak seluruh anggota keluarga untuk berlibur bersama. Nama tempat wisata tersebut tak lain karena pemiliknya bernama Pak Budi.

Wisata ini menghadirkan lokasi wisata alam yang mengedukasi untuk semua orang. Ada fasilitas seperti area peternakan organik, pertanian organik hingga kids house berikut cara bertani dan berkebun.

Kebun Pak Budi juga dilengkapi kolam pancing, river tubing, kolam renang, glamping hingga flying fox.

Harga Tiket: Rp35.000 (Weekday), dan Rp50.000 (weekend).

Alamat: Jl. Sekar Mojo, Kec. Purwosari, Kab. Pasuruan, Jawa Timur.

3. The Taman Dayu

Wisata Taman Dayu (Instagram:Pacetadventure_/fitriaziza03)
Wisata The Taman Dayu (Instagram:Pacetadventure_/fitriaziza03)

Wisatawan yang berkunjung ke Pasuruan tak boleh melewatkan The Taman Dayu. Obyek wisata ini punya kolam renang yang dipadukan dengan wahana outbound menarik. Ada pula waterpark yang sekompleks dengan The Taman Dayu. Kawasan wisata ini semakin lengkap dengan adanya arena golf, driving range hingga fasilitas kemping.

Harga Tiket: Rp50.000

Alamat: Jl. Raya Surabaya – Malang No.16, Kali Tengah, Karang Jati, Kec. Pandaan, Kab. Pasuruan, Jawa Timur.

4. Pantai Penunggul

Pantai Penunggul (Instagram Suryananami)
Pantai Penunggul (Instagram Suryananami)

Pantai Penunggul adalah salah satu obyek wisata bahari unggulan Pasuruan. Selain panorama laut yang menawan, hamparan pasir putih beserta ombak laut yang tak terlalu besar menjadikan pantai ini menjadi pilihan asyik para wisatawan.

Di kawasan pantai, ada sejumlah warung kecil yang menjajakan aneka kuliner lezat. Lebih keren lagi, Pantai Penunggul ternyata juga merupakan kawasan konservasi tanaman bakau.

Harga Tiket: Rp10.000

Alamat: Jl. Penunggul, Kec. Nguling, Kab. Pasuruan, Jawa Timur.

5. Candi Jawi

Candi Jawi (Instagram: Pandaan.id/pasuruanapik)
Candi Jawi (Instagram: Pandaan.id/pasuruanapik)

Candi Jawi adalah situs purbakala yang diperkirakan ada sejak abad 13. Candi yang berlatarbelakang Gunung Pawitra ini merupakan situs peninggalan Kerajaan Singosari. Obyek wisata ini cocok bagi kalian yang gemar wisata sejarah. Di sekitar area candi, kalian akan menemukan benda benda purbakala, pemandian kuno, puing-puing candi, dan artefak.

Harga Tiket: Rp3.000

Alamat: Jl. Raya Candiwates, Jawi, Kec. Prigen, Kab. Pasuruan, Jawa Timur.

6. Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi (Instagram: Wisata Kebun Raya Purwodadi/Pasuruan.kekinian)
Kebun Raya Purwodadi (Instagram: Wisata Kebun Raya Purwodadi/Pasuruan.kekinian)

Salah satu destinasi wisata yang patut dikunjungi para pecinta flora adalah Kebun Raya Purwodadi. Kebun yang awalnya hanya dipakai untuk penelitian tanaman ini terkenal dengan keindahan dan suasana sejuknya. Obyek wisata ini juga sarat dengan edukasi mengenai flora dan lingkungan hidup.

Harga Tiket: Rp10.000

Alamat: Jl. Sembung Lor, Parerejo, Kec. Purwodadi, Kab. Pasuruan, Jawa Timur.

7. Hutan Mangrove Nguling
Kecamatan Nguling yang berada di ujung timur Pasuruan tak hanya terkenal dengan kuliner rawonnya. Ada pula Hutan Mangrove Nguling yang menjadi jujukan turis lokal hingga luar negeri.

Banyak wisatawan dari Jepang, Australia dan Thailand yang sering mampir ke Hutan Mangrove Nguling. Bagaimana tidak, obyek wisata alam satu ini memang keren dan edukatif. Kalian bisa belajar banyak mengenai lingkungan serta ikut serta melestarikan hutan mangrove.

Harga Tiket: -

Alamat: Jl. Penunggul, Kec. Nguling, Kab. Pasuruan, Jawa Timur.

8. Danau Ranu Grati

Danau Ranu Grati (Instagram Danauranugrati)
Danau Ranu Grati (Instagram Danauranugrati)

Danau Ranu Grati merupakan tempat liburan murah meriah di Pasuruan Jawa Timur. Tiak heran jika obyek wisata alam ini selalu ramai pengunjung. Bermodal Rp2.500, kalian bisa menikmati sunset di Danau Ranu Grati dengan latar pegunungan Tengger.

Selain itu kalian bisa mencoba beragam aktivitas rekreasi seperti naik perahu, sepeda air dan memancing. Hanya butuh waktu sekitar 30 menit untuk perjalanan menuju lokasi dari kota Pasuruan.

Harga Tiket: Rp 2.500

Alamat: Jl. Sumberdawesari, Kec. Grati, Kab. Pasuruan, Jawa Timur.

9. Saygon Night Park
Salah satu wahana wisata keluarga yang patut dikunjungi adalah Saygon Night Park. Berbeda dengan wisata kolam renang lain, Saygon punya banyak wahana tambahan mulai dari simulasi penerbangan pesawat, bombomcar dan wahana seru lain. Lokasinya dapat ditempuh sekitar 45 menit dari pusat kota Pasuruan.

Harga Tiket: Rp35.000

Alamat: Jl. Sengon, Pucangsari, Kec. Purwosari, Kab. Pasuruan, Jawa Timur.

10. Air Terjun Kakek Bodo

Ilustrasi air terjun (Pixabay/elenawe)
Ilustrasi air terjun (Pixabay/elenawe)

Jarang sekali obyek wisata air terjun cocok untuk semua usia. Namun beda halnya Air Terjun Kakek Bodo. Destinasi wisata ini menjadi tak hanya menawarkan keindahan air terjun setinggi 40 meter, melainkan juga kolam renang dan taman yang sangat luas.

Di sini juga ada Makam Kakek Bodo yang dikeramatkan. Namun wisatawan disarankan tidak ke obyek wisata di lereng Gunung Welirang ini saat hujan karena area licin.

Harga Tiket: Rp25.000

Alamat: Kelurahan Pecalukan, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Itulah daftar deretan destinasi wisata Pasuruan. Semoga dapat menjadi referensi liburan kamu ya!

Kontributor: Alan Aliarcham

Kontributor : Alan Aliarcham

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait