facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

7 Aneka Makanan Maluku yang Bercita Rasa Khas dan Lezat, Banyak Dijual di Pasar

Pebriansyah Ariefana Rabu, 17 November 2021 | 09:04 WIB

7 Aneka Makanan Maluku yang Bercita Rasa Khas dan Lezat, Banyak Dijual di Pasar
Ikan Kuah Pala Banda (Rasa Sayanga)

Hal ini membuat Kepulauan Maluku dijuluki sebagai Kepulauan Rempah-Rempah.

SuaraBali.id - Makanan Maluku tetkenal kaya akan rempahnya. Hal ini membuat Kepulauan Maluku dijuluki sebagai Kepulauan Rempah-Rempah.

Makanan Maluku memang identik dengan bumbu rempah yang melimpah, terutama cengkeh dan pala. Hal itu pulalah yang membuat makanan Maluku kerap diburu para pecinta kuliner, karena cita rasanya yang menarik.

Provinsi Maluku merupakan daerah tertua di Indonesia. Menurut catatan sejarah dan prasasti, Kepulauan Maluku juga terkenal dengan kekayaan lautnya. Hal ini yang menjadikan makanan Maluku selalu ditemani aneka olahan seafood.

Berikut ini daftar aneka Makanan Maluku meiliki cita rasa yang khas dan lezat:

Baca Juga: Viral Maudy Koesnaedi Terciduk Makan Selat di Solo, Warganet Beri Komentar Kocak

1. Ikan Kuah Pala Banda

Makanan khas pulau Banda ini sangat terkenal kelezatan serta cita rasanya yang khas. Kuah hidangan ini terasa segar, itu karena kombinasi asam dan pedas dari buah pala.

Biasanya, ikan kuah pala bisa dinikmati dengan urap daun pepaya, ikan kakap merah bakar, dan sambal bakasang yang terbuat dari ikan cakalang yang ditumbuk.

2. Papeda

Cara makan papeda (TikTok @dapur_nn)
Cara makan papeda (TikTok @dapur_nn)

Papeda merukan salah satu makanan pokok warga Maluku. Terbuat dari tepung sagu yang diolah dengan air memiliki tampilan seperti bubur.

Baca Juga: Jiwajawi Resto Jogja, Syahdunya Makan di Tengah Suasana Hutan

Biasanya disajikan dengan ikan tongkol atau ikan mubara yang dibumbui dengan kunyit. Selain itu, papeda juga kerap dinikmati dengan ikan gabus, kakap merah, ataupun ikan kue.

3. Nasi Lapola

Nasi lapola juga menjadi makanan pokok masyarakat Maluku. Makanan Maluku ini sangat populer di kalangan masyarakat.

Yang membuatnua berbeda dari nasi pada umumnya yaitu nasi dimasak dengan menambahkan kacang tolo rebus, kelapa, dan garam. Sehingga cita rasa yang disajikan begitu gurih dan lezat.

4. Ikan Komu Asar

Makanan ini menggunakan ikan cakalang sebagai bahan utamanya. Proses memasaknya pun terbilang unik, yaitu dengan cara ditusuk dengan bambu, lalu diasapkan kurang lebih satu jam.

Tidak hanya ikan cakalang saja, jenis ikan lainnya bisa juga digunakan antara lain ikan tongkol atau ikan tuna. Biasanya, hidangan ini dinikmati dengan nasi dan sambal colo-colo.

5. Sambal Colo-colo

7 Aneka Makanan Maluku yang Bercita Rasa Khas dan Lezat, Banyak Dijual di Pasar - 2

Tidak lengkap rasanya jika makan tidak menggunakan sambal sebagai bahan pelengkap. Di setiap daerah di Indonesia pasti memiliki sambal khasnya masing-masing. Termasuk di Maluku ada sambal colo-colo yang terkenal karena sensasi pedasnya.

Bahan utama sambal colo-colo tidak jauh berbeda dengan sambal pada umumnya, yaitu tomat muda, bawang merah, dan cabai rawit yang sudah diiris tipis serta diberi taburan garam dan jeruk nipis. Yang membuat unik yaitu sambal ini tidak diulek. Biasanya, sambal ini ditambahkan dengan beberapa daun kemangi, kenari mentah, ataupun rarobang.

6. Manisan Pala

Makanan Maluku selanjutnya yaitu manisan pala. Pala merupakan buah asli yang berasal dari Kepulauan Banda, Maluku.

Manisan Pala terbuat dari buah Pala segar, air, garam, dan gula pasir. Buahnya yang kaya nutrisi menjadikan makanan ini sebagai oleh-oleh khas Kepulauan Banda, Maluku.

7. Lalampa

Lalampa, salah satu kudapan favorit masyarakat Gorontalo untuk buka puasa. (Foto: Antara/Rolex Malaha)
Lalampa, salah satu kudapan favorit masyarakat Gorontalo untuk buka puasa. (Foto: Antara/Rolex Malaha)

Kalau di Jawa ada Lemper di Maluku ada lalampa. Keduanya sekilas mempunyai kemiripan. Jika lemper dikukus, lalampa tidak dikukus, melainkan dibakar.
Sebelum dibakar, lalampa akan diolesi minyak sayur.

Inilah yang membuat lalampa jadi lebih istimewa. Aromanya pun terasa lebih kuat dan meresap hingga ke dalam. Lalampa bercita rasa gurih dan legit.

Itulah beberapa makanan Maluku yang bercita rasa khas dan lezat. Jika anda berkunjung ke Maluku jangan lupa mencicipinya.

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait