facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

6 Jenis Makanan untuk Asam Lambung, Bisa Dicoba untuk Meredakan

Pebriansyah Ariefana Rabu, 10 November 2021 | 12:40 WIB

6 Jenis Makanan untuk Asam Lambung, Bisa Dicoba untuk Meredakan
Ilustrasi sakit asam lambung. (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Namun ada juga makanan untuk asam lambung yang bisa meredakan. Simak artikel ini sampai habis.

SuaraBali.id - Jika Anda punya asam lambung, pasti tidak enak. Sebab Asam lambung atau maag akan muncul ketika pola makan tidak teratur. Namun ada juga makanan untuk asam lambung yang bisa meredakan. Simak artikel ini sampai habis.

Agar memulihkan funsi lambung seperti sedia kala, berikut pilihan makanan yang baik dikonsumai untuk asam lambung.

1. Sayuran Hijau

Secara alami sayuran mengandung gula dan lemak yang rendah. Jika dikonsumsi dalam porsi yang pas, sayuran bisa membantu mengatasi masalah asam lambung.

Baca Juga: 10 Makanan Untuk Penderita Asam Lambung yang Baik Untuk Dikonsumsi

Beberapa pilihan sayuran hijau yang baik dikonsumsi saat asam lambung naik, antara lain brokoli, asparagus, kacang hijau, kembang kol, bayam, kangkung, dan timun.

2. Pisang

Pisang merupakan jenis buah yang mengandung kadar asam rendah. Dengan mengonsumsi pisang akan meredakan asam lambung yang naik, dengan cara dengan cara melapisi lapisan esofagus yang teriritasi.

Selain itu, pisang memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga bisa mengatasi masalah pencernaan.

3. Melon

Baca Juga: 5 Makanan Ini Dianggap Bisa Dijadikan Menu Anti Kanker

Sama seperti pisang melon juga merupakan buah yang sangat basa. Kandungan pH yang rendah yakni hanya 6,1 membuatnya memiliki tingkat keasaman sedikit.

4. Oatmeal

Kandungan serat yang tinggi didalam oatmeal, menjadikan makanan ini cocok dikomsumsi penderita asam lambung. Serat tidak hanya bisa meningkatkan kesehatan usus, tapi juga mencegah sembelit dan membuat kamu merasa kenyang lebih lama setelah mengonsumsinya.

Dengan perut yang kenyang, membuat anda cenderung tidak makan secara berlebihan, sehingga risiko asam lambung naik kembali ke kerongkongan akan berkurang.

5. Yougurth

Yougurth mengandung probiotik, sejenis bakteri baik yang ditemukan di saluran pencernaan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Yoghurt juga menjadi sumber protein yang baik, sehingga bisa meningkatkan kemampuan tubuh untuk mencerna makanan dengan baik.

6. Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dipercaya dapat menjadi pengobatan alami penyakit asam lambung, sakit mag, maupun masalah pencernaan lainnya.

Karena kandungannya inilah penderita asam lambung dianjurkan mengonsumsi jahe. Bisa dikreasikan dalam berbagai jenis makanan seperti wedang jahe, permen jahe dan sebagainya.

Itulah jenis makanan untuk asam lambung. Jika memiliki gejala asam lambung segera periksakan diri anda ke dokter agar mendapat penanganan secara cepat.

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait