facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

10 Makanan Untuk Penderita Asam Lambung yang Baik Untuk Dikonsumsi

Pebriansyah Ariefana Rabu, 10 November 2021 | 11:46 WIB

10 Makanan Untuk Penderita Asam Lambung yang Baik Untuk Dikonsumsi
Mengobati Asam Lambung di Rumah dengan Ramuan Herbal. (Shutterstock)

Asam lambung merupakan kondisi yang terjadi ketika dari lambung naik kembali ke kerongkongan.

SuaraBali.id - Makanan untuk penderita asam lambung apa saja sih? Asam lambung merupakan kondisi yang terjadi ketika dari lambung naik kembali ke kerongkongan.

Meskipun kondisi tersebut umum terjadi, namun penyakit asam lambung bisa menyebabkan gejala yang mengganggu seperti sensasi panas di dadad atau heartburn.

Salah satu penyebab asam lambung naik adalah karena katup kerongkongan bawah melemah atau rusak. Karena itulah memilih jenis makanan yang tepat adalah kunci untuk mengendalikan penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD), yaitu bentuk asam lambung yang lebih parah dan bersifat kronis.

Makanan untuk penderita asam lambung yang baik misalnya sayuran, buah-buahan atau makanan yang rendah lemak.

Baca Juga: Makanan Penambah Berat Badan: Salmon Hingga Cokelat

Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau secara alami mengandung kadar gula dan lemak yang rendah, sehingga bisa membantu mengurangi asam lambung. Beberapa pilihan sayuran hijau yang baik dikonsumsi saat asam lambung naik, antara lain brokoli, asparagus, kacang hijau, kembang kol, bayam, kangkung dan timun.

2. Melon

Melon, juga termasuk makanan dengan sifat asam yang rendah sehingga baik untuk penderita penyakit lambung. Bahkan, melon sebenranya memiliki sifat basa yang cukup tinggi, berkat kandungan mineral berupa magnesium.

Baca Juga: Dijamin Sehat, 8 Makanan Tinggi Protein Paling Lezat dan Diperlukan Tubuh

Magnesium adalah salah satu bahan utama yang banyak ditemukan dalam antasida, yaitu salah satu obat tanpa resep untuk meredakan asam lambung atau maag. Obat ini bekerja dengan menetralisir asam lambung sehingga gejala berangsur membaik.

3. Pisang

Pisang adalah makanan dengan kandungan asam yang rendah sehingga abik untuk orang yang sedang mengalami asam lambung. Teksturnya yang lembut juga membantu membentuk lapisan pelindung pada kerongkongan yang mengalami iritasi. Pisang juga mampu melancarkan kerja usus dan mencegah sembelit. Dengan begitu, keluhan seperti sakit perut, perut kembung atau rasa tidak nyaman pada perut dapat berkurang.

4. Lidah Buaya

Makanan untuk penderita asam lambung selanjutnya adalah Lidah buaya. Lidah buaya sangat bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan, termasuk penyakit asam lambung.
Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam Journal Of Enviromental Scinece and Health, mengonsumsi jus lidah buaya terbukti mampu membantu mencegah lonjakan asam lambung karena komponen anti-inflamasinya.

5. Daging Tanpa Lemak

Mengkonsumsi makanan yang berlemak dan berminyak tidak disarankan untuk penderita asam lambung. Apabila penderita ingin mengonsumsi daging, ikan dan makanan laut lainnya, disarankan untuk memilih yang tidak berlemak, tanpa kulit, kemudian olah dengan cara dipanggang, direbus atau dikukus.

6. Roti

Roti merupakan makanan yang disarankan bagi penderita asam lambung. Makanan ini terbuat dari gandm atau mengandung ragam biji-bijian didalamnya. Roti jenis ini mengandung banyak vitamin, serat, dan nutrisi yang baik untuk kesehatan lambung.

Selain mengonsumsi makanan untuk penderita asam lambung, penderita juga perlu menghindari kebiasaan yang dapat memicu naiknya asam lambung, seperti merokok, mengonsumsi alcohol, dan tidur setelah makan.

7. Putih Telur

Putih telur adalah pilihan makanan yang bagus untuk penderita asam lambung. Disisi lain, kuning telur tidak dianjurkan untuk dimakan karena mengandung lemak cukup tinggi dan dapat memicu gejala refluks asam lambung.

Untuk mengonsumsi putih telur, penderita asam lambung akan lebih sehat jika memilih yang dimasak dengan cara direbus.

8. Jahe

Jahe, memiliki sifat anti-infalamasi yang dipercaya dapat menjadi pengobatan alami penyakit asam lambung, maag maupun masalah pencernaan lainnya. Para penderita asam lambung bisa menambahkan parutan atau irisan jahe ke dalam menu makanan sehari-hari sebagai bagian dari cara menurunkan asam lambung.

9. Pepaya (Kates)

Populer sebagai makanan pelancar pencernaan atau buang air besar, tidak banyak yang tahu bahwa papaya atau kates ternyata baik untuk penderita asam lambung. Manfaat ini berasal dari enzim papain yang banyak ditemukan pada getah papaya.

Tubuh menggunakan enzim pepsin yang dihasilkan lambung untuk mencerna protein. Namun, ensim ini hanya pada kondisi lambung yang asam. Bagi penderita GERD, kadar asam yang tinggi dapat merusak lapisan lambung dan kerongkongan.

Enzim papain pada papaya membantu melancarkan kerja system pencernaan dengan cara mempermudah proses pemecahan protein. Alhasil, proses pencernaan menjadi lebih singkat dan lambung tidak terlalu terpapar asam lambung.

10. Yogurt

Makanan untuk penderita asam lambung yang terakhir adalah Yogurt. Yogurt memiliki efek yang baik untuk penderita asam lambung, karena sudah difermentasikan. Yogurt juga menjadi sumber protein yang baik, sehingga bisa meningkatkan kemampuan tubuh untuk mencerna makanan dengan baik.

Yogurt bisa dibuat menjadi lebih bermanfaat dengan menambahkan sedikit jahe, yang memiliki sifat antiinflamasi alami untuk meredakan Heartburn dan masalah pencernaan lainnya.

Itulah tadi 10 makanan untuk penderita asam lambung yang baik untuk dikonsumsi.

Kontributor : Raditya Hermansyah

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait