facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jangan Ngaku Traveler Kalau Belum Cicipi 10 Makanan Khas Jogja Ini

Pebriansyah Ariefana Selasa, 09 November 2021 | 16:30 WIB

Jangan Ngaku Traveler Kalau Belum Cicipi 10 Makanan Khas Jogja Ini
Gudeg Pawon (Instagram jogjabikinlaper)

Lengkap mulai pedas, manis, asam, dan gurih ada di sini.

SuaraBali.id - Datang ke Jogjakarta tak lengkap rasanya bila belum mencicipi makanan khas Jogja. Beragam cita rasa disiapkan Kota Pelajar ini untuk memanjakan lidah kalian. Lengkap mulai pedas, manis, asam, dan gurih ada di sini.

Memiliki rencana datang ke Jogja dalam waktu dekat?. Baiknya simak makanan khas Jogja dan jangan sampai terlewatkan.

1. Gudeg

Gudeg Yogyakarta (shutterstock/Bagus Satria)
Gudeg Yogyakarta (shutterstock/Bagus Satria)

Menu Jogja yang satu ini wajib kalian nikmati. Cita rasa manis, pedas, dan gurih menyatu pas dalam seporsi gudeng. Nangka muda direbus lama dengan gula aren dan santan. Kemudian ditambahi bumbu dan daun jati yang membuat gudeg berwarna merah.

Baca Juga: 17 Makanan Tradisional Indonesia yang Wajib Dicoba, dari Aceh hingga Papua

Seiring berkembangnya jaman gudeg sekarang juga disajikan dalam kaleng. Soal rasa gudeg kaleng tak kalah dengan gudeg fresh.

2. Sate klathak

Sate Klathak Pak Pong. (Suara.com/Dany Garjito)
Sate Klathak Pak Pong. (Suara.com/Dany Garjito)

Sajian sate ini berbeda dengan dengan sate di daerah lain. Keunikan terdapat pada penggunaan jeruji yang dijadikan tusuk sate. Sehingga daging yang dibakar empuk merata.

Selain itu bumbu utama yang digunakan cukup mrica dan garam. Makanan khas Kecamatan Pleret, Bantul ini paling nikmat bersama gulai kambing dan nasi hangat.

3. Oseng-oseng mercon

Baca Juga: 7 Makanan Tradisional Indonesia Paling Populer dan Disukai Banyak Orang

Pedas Mantap, Yuk Coba Resep Oseng-oseng Mercon khas Yogyakarta di Rumah. (Instagram/@resep_umma.id)
Pedas Mantap, Yuk Coba Resep Oseng-oseng Mercon khas Yogyakarta di Rumah. (Instagram/@resep_umma.id)

Identik dengan rasa manis, ada juga makanan khas Jogja yang pedas yaitu oseng mercon. Terdiri dari tetelan yang dicampur jeroan, kikil, dan bumbu pedas yang menggugah selera.

Sensasi rasa pedas oseng ini mirip dengan seperti mercon. Tempat legendaris oseng mercon di Jogja berada di kedai Oseng Mercon Bu Narti yang berdiri sejak 1977.

4. Bakpia pathuk

Makanan khas Jogja selanjutnya yaitu bakpia pathuk. Bentuknya bulat dengan isi yang bervariasi yang dipengaruhi dari budaya China. Panganan ini jadi oleh-oleh andalan wisatawan.

5. Kue kipo

Saat ramadhan jadi waktu yang pas berburu kue kipo. Makanan khas ini bisa ditemukan di sekitar Kota Gedhe tepatnya Masjid Jogokariyan. Terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan parutan kelapa dan gula merah.

6. Mie lethek

Makanan khas selanjutnya yaitu mie lethek. Bahan baku mie lethek berasal dari tepung gaplek/singkong kering. Sebutan mie lethek ini sebab tampilannya yang berbeda. Diolah tanpa pemutih apapun sehingga menghasilkan warna alami yang kotor.

7. Tengkleng gajah

Bahan dasar makanan khas Jogja ini sama pada umumnya dari daging kambing. Hanya ukurannya saja yang besar jadi disebut tengkleng gajah. Dijamin kalian akan puas dengan 1 porsi tengkleng gajah.

8. Yangko

Kudapan Jogjakarta ini juga terbuat dari tepung ketan. Yangko berbentuk kotak kemudian dibaluri dengan tepung ketan, untuk isiannya dari kacang yang dihaluskan. Sekilas mirip moci tapi tekstur yangko lebih padat.

9. Sambel welut

Olahan belut terkenal Jogjakarta bisa kalian temui di daerah Glagah, Bantul tepatnya di warung Pak Sabar. Rasa pedas dan gurih sambel welut akan membuat ketagihan.

10. Mangut lele

Ikan lele bisa diolah jadi apa saja, salah satunya mangut lele. Mangut lele adalah olahan lele yang dimasak dengan santan dan bumbu pedas. Ada 2 varian lele yang digunakan dalam mangut, lele goreng atau lele asap. Mangut Lele Mbah Marto salah satu warung mangut terkenal di Jogjakarta.

Itulah 10 makanan khas Jogjakarta yang wajib kalian icipi. Jangan lupa hadiahkan kepada keluarga sebagai oleh-oleh.

Kontributor : Cahya Hanifah

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait