alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

11 Kuliner Jakarta yang Legendaris, Bisa Jadi Oleh-oleh Kalau Main ke Ibukota!

Risna Halidi Rabu, 27 Oktober 2021 | 14:04 WIB

11 Kuliner Jakarta yang Legendaris, Bisa Jadi Oleh-oleh Kalau Main ke Ibukota!
Kerak Telor sebagai kuliner Jakarta (Shutterstock)

Berikut ini ada 11 kuliner Jakarta legendaris yang umumnya dibuat dan dikonsumsi oleh masyarakat Betawi. Apa saja ya?

SuaraBali.id - Kuliner Jakarta mungkin bahasan yang bisa membingungkan. Apalagi Jakarta merupakan ibukota negara yang memiliki tingkat akulturasi yang sangat tinggi.

Namun jika bicara Jakarta, tak salah rasanya mengasosiasikan dengan warga Betawi, warga asli orang Jakarta.

Nah berikut ini ada 11 kuliner Jakarta legendaris yang umumnya dibuat dan dikonsumsi oleh masyarakat Betawi. Apa saja? Berikut daftarnya!

1. Nasi Uduk
Nasi uduk merupakan kuliner Jakarta khas warga Betawi yang paling populer ini mudah ditemui hampir semua pelosok di wilayah Jakarta.

Baca Juga: Resep Semur Jengkol Anti Bau, Dijamin Empuk Cocok untuk Lauk

Bahkan menjadi salah satu makanan yang wajib dikonsumsi untuk sarapan pagi. Terbuat dari beras putih yang dimasak dengan santan kelapa, serta dibumbui garam, daun serai, dan daun salam.

Ilustrasi nasi uduk betawi. (Shutterstock)
Ilustrasi nasi uduk betawi. (Shutterstock)

Rasanya sangat gurih dan nikmat, terutama bila disantap saat masih hangat. Biasanya Nasi Uduk ditemani lauk pauk sepeti ayam goreng, tahu, tempe, telur dadar yang diiris.

Nasi uduk juga ditaburi dengan bawang goreng, emping atau kerupuk warna – warni, timun dan sambel kacang.

2. Bubur Ase
Makanan jadul khas Betawi sudah tak asing lagi bagi para penikmat kuliner sejak tahun 1989. Menyantap Bubur Ase bukanlah sekedar mengenyangkan perut tetapi memanjakan lidah semata.

Ada sensasi unik di setiap suapan. Bubur Ase ini memiliki singkatan dari bubur ‘Asinan Semur”. Tampilannya pun berbeda degan bubur pada umumnya.
Perpaduan rasa manis yang berasal dari potongan kecil semur daging kemudian disusul rasa gurih dari bubur serta renyah dari tauge matang, kacang tanah goreng dan emping. Sudah terbayang kan dengan rasa aslinya?

Baca Juga: Menikmati Nasi Uduk Paru Pakdi yang Kaya Rempah

Bubur Ase ini termasuk ke dalam makanan khas Betawi yang unik dan langka. Beberapa bumbu yang dipadukan untuk membuat bubur Ase antara lain, biji pala, kemiri, bawang putih serta lada.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait