alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Benarkan Makan Kangkung Bisa Menyebabkan Kantuk? Ini Faktanya

M Nurhadi Kamis, 13 Mei 2021 | 10:05 WIB

Benarkan Makan Kangkung Bisa Menyebabkan Kantuk? Ini Faktanya
Ilustrasi kangkung (Pixabay/Jason Goh)

Kangkung seringkali disebut sebagai salah satu makanan yang bisa dengan mudah menyebabkan kantuk. Namun benarkah begitu? Simak faktanya.

SuaraBali.id - Cukup banyak orang Indonesia yang menyukai sayur kangkung. Tidak hanya mudah dicari, kangkung juga cukup mudah untuk dioleh menjadi berbagai hidangan.

Namun, kangkung seringkali disebut sebagai salah satu makanan yang bisa dengan mudah menyebabkan kantuk. Namun benarkah begitu? Simak faktanya.

Melansir dari Batamnews (jaringan Suara.com), kangkung memiliki kandungan kalium sebesar sekitar 175 mg dalam 1 cangkir. Kandungan tersebut mampu untuk membantu tekanan darah dalam batas normal. 

Penelitian menyebutkabm kangkung mengandung senyawa yang menyerupai LSD (Lysergic Acid Diethylamide) yang bisa menyebabkan sensasi menyenangkan dari dalam tubuh.

Baca Juga: Catat! Ini Nutrisi Yang Tepat Selama Puasa

Bahkan, peneliti juga mengklaim adanya kandungan triptofan dalam kangkung. Zat yang satu ini bisa membuat pikiran lebih rileks.

Triptofan merupakan jenis protein yang menghasilkan serotonin di tubuh. Protein tersebut berguna untuk memperlambat kerja saraf otak. 

Hal tersebut yang diduga membuat efek mengantuk setelah mengonsumsi kangkung. Meski demikian, hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa makan kantuk mengakibatkan efek mengantuk. 

Perlu diketahui, kangkung justru mempunyai beragam manfaat yang dapat mendukung kondisi tubuh selama berpuasa. Berikut ini beberapa manfaat diantaranya:

1. Mencegah anemia

Baca Juga: Agar Imun Tubuh Tetap Terjaga Saat Ramadhan, Ini Cara Memilih Nutrisi

Kangkung mengandung zat besi yang tergolong tinggi. Diklaim 1,5 kali lebih besar daripada bayam. Dengan begitu, makan kangkung saat sahur dapat membantu untuk mencegah anemia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait