alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Inspiratif! Pria Buleleng Sulap Sampah Plastik Jadi Karya Bernilai Tinggi

Husna Rahmayunita Jum'at, 30 April 2021 | 16:15 WIB

Inspiratif! Pria Buleleng Sulap Sampah Plastik Jadi Karya Bernilai Tinggi
Agus Janardana, pria Buleleng sulap sampah plastik jadi karya seni. (dok.Beritabali.com/ist)

Dia memilih untuk memanfaatkan sampah plastik.

SuaraBali.id - Tumpukan sampah plastik seringkali membuat resah. Namun, di tangan seorang pria Buleleng, bernama Agus Janardana sampah plastik disulap jadi karya seni kreatif bernilai tinggi.

Berawal dari bakat di desain grafis, Agus Janardana terpanggil untuk membuat karya seni yang berbeda daripada lainnya. Dia memilih untuk memanfaatkan sampah plastik yang notabene susah terurai.

Pada 2018 lalu, Agus Janardana mulai mengkombinasikan ilmu desain grafisnya dengan sampah plastik yang dikenal dengan “Wajah Plastik”. 

Karya seni kreatif itu memanfaatkan sampah kemasan plastik.  Awalnya, beberapa kemasan snack di potong-potong kecil dengan bentuk tertentu, kemudian ditempelkan ke desain wajah yang sudah dibuat.

Baca Juga: Simak, Ini Tips Mengelola Limbah Plastik di Rumah

Berawal dari situ, sosok Agus Janardana dan karyanya dikenal. Karena banyak yang tahu bahwa ia memiliki kemampuan bagus di desain grafis, salah satu komunitas peduli lingkungan, yaitu Komunitas Sahabat Bumi Bali mengajak Agus Janardana ikut andil dalam mensosialisasikan pengelolaan sampah plastik di masyarakat.

“Dari situ saya punya ide. Warna warni sampah kemasan saya coba padukan dengan desain grafis. Saya terus mencoba membuat karya kreatif itu dari Agustus tahun 2018, hingga di Tahun 2019 saya memberanikan diri memperkenalkan Wajah Plastik ke publik,”ujarnya seperti dikutip dari Beritabali.com (jaringan Suara.com), Jumat (30/4/2021).

Ilustrasi sampah plastik menumpuk (shutterstock)
Ilustrasi sampah plastik menumpuk (shutterstock)

Agus Janardana lalu mendaftarkan hak cipta karya seni kreatif wajah plastiknya ke Kementerian Hukum dan HAM pada Januari 2019. Dengan keunikan karyanya, pada saat itu juga wajah plastik viral di masyarakat luas.

Hampir setiap hari Agus Janardana bersama Komunitas Sahabat Bumi Bali disibukan dengan kegiatan edukasi pemanfaatan sampah plastik menjadi karya kreatif yang memiliki nilai ekonomis yang terbilang cukup menggiurkan.

“Saya berkeliling desa, sekolah, perguruan tinggi hingga ke dinas-dinas memberikan edukasi pemanfaatan wajah plastik,” ujarnya.

Baca Juga: Aktivis Desak Pemkot Malang Terbitkan Perda Larangan Plastik Sekali Pakai

Siapa sangka dari sampah plastik kemasan yang tidak memilik nilai ekonomis itu, bisa disulap menjadi sebuah karya yang menghasilkan rupiah.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait