Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Wilayah Jalan Pantai Kuta Jadi Prioritas Kemanan Polresta Denpasar

Eviera Paramita Sandi Sabtu, 13 Agustus 2022 | 09:00 WIB

Wilayah Jalan Pantai Kuta Jadi Prioritas Kemanan Polresta Denpasar
Suasana di sekitar Jalan Legian, Kuta, Bali, Selasa 12 Oktober 2021

Menurutnya pengamanan jalan di wilayah Kuta tersebut sangat penting dan mendesak mengingat beberapa peristiwa penjambretan.

SuaraBali.id - Polresta Denpasar pada Kamis (11/8/2022) pukul 22.45 Wita melaksanakan patroli guna mengantisipasi aksi kriminalitas yang sering menimpa wisatawan di wilayah Kuta, Badung, Bali.

"Mulai malam ini dan seterusnya kita akan lebih memprioritaskan keamanan Kuta. Saya selaku Kapolresta akan selalu hadir bersama rekan-rekan sekalian," kata Kombes Pol Bambang Yugo Pamungkas, Jumat (12/8/2022).

Menurutnya pengamanan jalan di wilayah Kuta tersebut sangat penting dan mendesak mengingat beberapa peristiwa penjambretan yang beberapa waktu lalu dialami oleh beberapa wisatawan asing yang berlibur di Kuta.

“Ada tiga lokasi yang disisir yakni sepanjang jalan Legian, Popies 1 dan 2, dimana kami lakukan pemeriksaan kepada setiap pengunjung dan beri jaminan keamanan," kata Kapolresta.

Dalam pengamanan tersebut, satu unit personel Sabhara yang juga dibackup dari Dit Samapta Polda Bali untuk bersiaga hingga dini hari di depan Monumen Ground Zero, Kuta, Bali.

Hal ini juga sebagai upaya menjaga citra pariwisata dan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) wilayah menjelang perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan berlangsung di Nusa Dua, Bali November mendatang.

Kegiatan tersebut, kata Kapolresta, mengedepankan tindakan preemtif dan preventif dengan memberikan imbauan dan pendekatan salah satunya patroli dialogis yang dilakukan personel berseragam dinas maupun tidak.

Dalam tindakan preemtif, Polresta melaksanakan tugas kepolisian dengan mengedepankan imbauan dan pendekatan kepada masyarakat dengan tujuan menghindari munculnya potensi terjadinya permasalahan sosial dan kejahatan di masyarakat.

"Tindakan preemtif ini dilakukan dengan komunikasi yang bersifat persuasif dan mengajak masyarakat yang ada di wilayah Kuta untuk melakukan hal yang seharusnya dilakukan dan tidak melakukan hal-hal yang dilarang menurut aturan dan norma sosial kemasyarakatan," katanya.

Sedangkan, pada tindakan preventif Polresta melakukan kegiatan dengan tujuan untuk mencegah tindakan-tindakan masyarakat yang berpotensi menjadi permasalahan sosial dan tindakan kejahatan. Tindakan Preventif sendiri dilaksanakan oleh fungsi Sabhara dan Intelijen Polri.

Komentar

Berita Terkait