facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Persiapan MXGP Samota Besok, Kapal Perang TNI AL Merapat

Eviera Paramita Sandi Kamis, 23 Juni 2022 | 09:15 WIB

Persiapan MXGP Samota Besok, Kapal Perang TNI AL Merapat
TNI AL mengerahkan kapal perang untuk mendukung pelaksanaan gelaran internasional MXGP di Samota yang akan berlangsung 24-26 Juni 2022 [Istimewa/beritabali.com]

Adapun kapal perang yang tengah merapat ke Samota adalah KRI Banjarmasin-592, kapal berjenis LPD (Landing Platform Dock)

SuaraBali.id - Menjelang pelaksanaan gelaran internasional MXGP di Samota, Sumbawa yang akan berlangsung 24-26 Juni mendatang. Dalam hal ini, TNI AL mengerahkan kapal perang guna mendukung pengamanan di sana.

Adapun kapal perang yang tengah merapat ke Samota adalah KRI Banjarmasin-592, kapal berjenis LPD (Landing Platform Dock) yang bertugas di bawah jajaran Satlinlamil 2 Surabaya telah tiba di Pelabuhan Badas Sumbawa pada Rabu (22/6/2022).

Kedatangan kapal bernomor lambung 592 ini merupakan permintaan dari Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah untuk mendukung gelaran MXGP 2022.

“Bulan Mei lalu, Gubernur NTB, mengirimkan surat permintaan kepada TNI AL untuk mengirimkan KRI mendukung kegiatan MXGP di Samota,” ungkap Komandan Lanal Mataram, Kolonel Laut Djawara Whimbo saat dikonfirmasi Rabu (22/6/2022) sebagaimana diwartakan beritabali.com – jaringan suara.com.

Berdasarkan telegram KASAL, Laksamana TNI Yudo Margono, KRI Banjarmasin-592 dikirimkan guna mendukung akomodasi sebagai hotel apung diperuntukkan bagi para penonton MXGP yang tidak bisa mendapatkan tempat menginap di Sumbawa, karena keterbatasan jumlah usaha jasa perhotelan atau penginapan di sekitar lokasi pelaksanaan MXGP.

Selain itu Lanal  Mataram akan memberikan dukungan penuh, baik personel, material dan logistik untuk menjamin kelancaran teknis KRI Banjarmasin-592 dalam mendukung MXGP di Samota, Kabupaten Sumbawa.

Komandan KRI Banjarmasin-592, Letkol Laut Bambang Purnomo menerangkan secara keseluruhan KRI mampu menampung hingga kurang lebih 320 orang.

Dengan catatan 100 orang diakomodir menggunakan tempat tidur lapangan atau velbed.

“Kegiatan ini juga merupakan wujud pelaksanaan penekanan KASAL, Laksamana TNI Yudo Margono kepada seluruh jajaran TNI AL yang telah disampaikan sebelumnya yaitu dimanapun TNI AL berada harus mampu memberikan manfaat kepada rakyat,” tuturnya.

KRI Banjarmasin-592 memiliki spesifikasi panjang 122 m, sisi terlebar 22 m. Mulai dibangun pada 19 Oktober 2006 dan diluncurkan pada 28 Agustus 2008.

Komentar

Berita Terkait