facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Viral, Video Anak Paus yang Terdampar di Pantai Dikembalikan ke Laut Oleh Warga

Eviera Paramita Sandi Rabu, 01 Juni 2022 | 07:00 WIB

Viral, Video Anak Paus yang Terdampar di Pantai Dikembalikan ke Laut Oleh Warga
Seekor anak paus berukuran sedang ditemukan oleh nelayan terdampar di Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur, Selasa (31/5/2022). [Foto : Istimewa/beritabali.com]

Warga juga tampak mengikat paus tersebut dengan tali untuk membawanya ke tengah untuk diselamatkan.

SuaraBali.id - Seekor anak paus berukuran sedang ditemukan oleh nelayan terdampar di Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur, Selasa (31/5/2022). Diduga, anak paus tersebut terdampar akibat air laut surut di Pelabuhan Kayangan.

Adanya paus yang terdampar itu terekam video dan viral. Dalam video berdurasi 47 detik yang tersebar itu, terlihat seekor paus berada di pinggir pantai.

Sejumlah warga terlihat mencongkelnya dengan kayu agar bisa kembali ke tengah laut.

Warga juga tampak mengikat paus tersebut dengan tali untuk membawanya ke tengah untuk diselamatkan.

Berdasarkan hasil identifikasi, anak paus berukuran sedang itu berjenis Balaenoptera Acutorostrata atau Common Minke Whale.

Anak paus tersebut bisa digeser ke tengah laut, setelah KPL Pelabuhan Kayangan dengan dibantu anggota dan karyawan PT Indonesia Ferry (ASDP) serta nelayan di sekitar pelabuhan bersama mengevakuasi.

Kapolsek Pelabuhan Laut Pelabuhan Kayangan Iptu Anang Ma'ruf menyebutkan, anak paus awalnya ditemukan nelayan sekitar pukul 06.00 WITA terdampar di dekat dermaga 1 pelabuhan Kayangan.

"Ditemukan pertama oleh nelayan yang melakukan aktivitasnya di sekitar dermaga 1 pelabuhan kayangan," kata Kapolsek Iptu Anang Ma'ruf.

Penemuan paus ini merupakan yang pertama di pelabuhan kayangan. Pihak KPL Pelabuhan Kayangan, ASDP hingga masyarakat yang bahu membahu berhasil mengembalikan anak paus yang terdampar itu ke habitatnya. (beritabali.com)

Komentar

Berita Terkait