facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kemenag Sebut 14 Calon Jemaah Dari Mataram Batal Berangkat Haji Tahun Ini

Erick Tanjung Senin, 23 Mei 2022 | 15:21 WIB

Kemenag Sebut 14 Calon Jemaah Dari Mataram Batal Berangkat Haji Tahun Ini
Ilustrasi--Jemaah haji. [Kementerian Kebudayaan dan Informatika Arab Saudi]

"Sisanya 14 orang tidak melakukan pelunasan. Sebelumnya ada tiga orang yang meninggal dan sisanya menyatakan mengundurkan diri, dengan berbagai alasan pribadi," kata Amin.

SuaraBali.id - Kantor Kementerian Agama Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyebutkan 14 calon haji asal Mataram batal berangkat pada musim haji 2022, karena berbagai alasan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Mataram HM Amin mengatakan dari 401 kuota calon haji asal kota itu yang melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) sampai batas akhir pada Jumat (20/5) sebanyak 387 orang.

"Sisanya 14 orang tidak melakukan pelunasan. Sebelumnya ada tiga orang yang meninggal dan sisanya menyatakan mengundurkan diri, dengan berbagai alasan pribadi," kata Amin di Mataram, Senin (23/5/2022).

Dengan demikian, sebanyak 14 porsi calon haji Kota Mataram yang tidak terisi tersebut dikembalikan ke Kantor Wilayah Kementerian Agama NTB, untuk digantikan oleh calon cadangan sesuai dengan nomor porsi.

Baca Juga: Kuota Haji Cianjur Turun hingga Lebih dari 50 Persen, Antrean Calon Jemaah Makin Panjang

Artinya, kata Amin, dalam penentuan pemberangkatan jamaah yang berada di kuota cadangan sepenuhnya ditentukan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama NTB, sesuai dengan nomor porsi se-NTB.

"Kendati di Mataram sudah ada 74 calon haji cadangan, tapi kami tidak memiliki kewenangan untuk menentukan calon cadangan," ujarnya.

Artinya, ujar dia, sebanyak 14 kuota yang dikembalikan milik Kota Mataram itu belum akan kembali ke Kota Mataram lagi, sebab Kanwil NTB akan menentukan sesuai dengan nomor porsi calon haji se-NTB.

"Bisa saja yang nomor porsinya lebih dekat itu jamaahnya ada di Kabupaten Bima, atau lainnya. Tapi kami tetap berharap dapat lagi," katanya.

Lebih jauh Amin mengatakan, apabila Kota Mataram tidak mendapatkan tambahan kuota dari calon haji cadangan, maka jamaah Kota Mataram yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci hanya satu kelompok terbang (kloter) atau kloter utuh.

Baca Juga: Sebanyak 2.290 Calon Haji di Riau Akan Berangkat ke Tanah Suci 4 Juni 2022

"Kalau satu kloter ada hikmahnya juga, kami bisa lebih fokus dan maksimal memantau dan membimbing pelaksanaan ibadah haji bagi semua jamaah," tuturnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait