facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Hujan Masih Diperkirakan Mengguyur NTB Selama 2 Hari Ke Depan

Eviera Paramita Sandi Selasa, 10 Mei 2022 | 16:14 WIB

Hujan Masih Diperkirakan Mengguyur NTB Selama 2 Hari Ke Depan
Ilustrasi hujan.[unsplash.com/ @ewitsoe]

BMKG berharap kepada masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat dan angin kencang dengan dampak bencana

SuaraBali.id - Hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat dan angin kencang di sebagian wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) selama dua hari ke depan. Hal ini diperkirakan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada Selasa (10/5/2022).

"Dua hari ke depan wilayah NTB diprakirakan terjadi hujan sedang hingga lebat," kata Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid Lombok Gede Dedy Krisnawan.  

Potensi hujan pada tanggal 11 Mei 2022 terjadi di sebagian dari 10 kabupaten/kota di NTB yakni Kota Mataram, Kabupaten Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Timur, dan Sumbawa Barat.

Pada tanggal 12 Mei, BMKG juga memprediksi hujan terjadi di wilayah Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Sumbawa Barat, Kabupaten Bima dan Kota Bima serta Kabupaten Dompu.

BMKG berharap kepada masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat dan angin kencang dengan dampak bencana yang ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, genang air, angin kencang, kilat dan pohon tumbang.

"Potensi hujan terjadi mulai siang hingga malam hari," katanya.

Selain itu BMKG juga mengeluarkan peringatan dini cuaca di wilayah Nusa Tenggara Barat pada tanggal 10 Mei 2022 berpotensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Kondisi ini bisa terjadi di wilayah Kabupaten Lombok Barat seperti Gunung Sari dan Kabupaten Lombok Utara di wilayah Kecamatan Tanjung, dan sekitarnya.

"Dan dapat meluas ke wilayah Kabupaten Lombok Barat seperti di Narmada, Lingsar, Batu Layar. Kabupaten Lombok Tengah di Kecamatan Pringgarata, Batukliang Utara. Kabupaten Lombok Utara di wilayah Gangga, Kayangan, Bayan, Pemenang. Kota Mataram di wilayah Ampenan, Mataram, Cakranegara, Sekarbela, Selaprang, Sandubaya, dan sekitarnya.

"Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 03.20 Wita," katanya. (ANTARA)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar

Berita Terkait