facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

8 Wahana Unik Kebun Binatang Jogja Gembira Loka, Ada Terapi Ikan Garra Rufa

Pebriansyah Ariefana Jum'at, 11 Maret 2022 | 17:27 WIB

8 Wahana Unik Kebun Binatang Jogja Gembira Loka, Ada Terapi Ikan Garra Rufa
Terapi Ikan di Kebun Binatang Jogja Gembira Loka (Gembiralokazoo.com)

Kebun Binatang Jogja atau Gembira Loka Zoo menjadi gabungan wisata alam dan wisata edukasi yang wajib Anda kunjungi jika mampir ke Jogja.

SuaraBali.id - Mencari destinasi wisata di Jogja bukanlah hal sulit. Ya, daerah ini memang punya sederet daya tarik mulai dari wisata budaya, wisata edukasi, wisata kuliner hingga wisata alam. Kebun Binatang Jogja atau Gembira Loka Zoo menjadi gabungan wisata alam dan wisata edukasi yang wajib Anda kunjungi jika mampir ke Jogja.

Apalagi kebun binatang ini baru saja menambah sejumlah wahana baru pada 2019

Di Gembira Loka, Anda bakal menjumpai berbagai macam binatang langka mulai dari yang jinak dan lucu, hingga yang seram dan menakutkan.

Menariknya, kalian bisa melihat hewan yang menampilkan akrobatik layaknya manusia.

Baca Juga: Terima Tambahan Pasokan, Pemkot Yogyakarta Sebut Stok Minyak Goreng Masih Aman hingga Bulan Ramadhan

Mau tahu apa saja wahan dan keseruan di Kebun Binatang Jogja? Yuk simak artikel berikut ini.

1. Petting Zoo

Petting Zoo adalah sebuah area berinteraksi langsung dengan satwa. Ada keledai, kelinci Jawa, kambing Etawa, domba Batur, kuda Poni, kelinci German Giant (kelinci raksasa yang punya panjang mencapai sekitar 50 cm), ayam Brahma (ayam raksasa dengan tinggi mencapai sekitar 70 cm), marmut, kura-kura Emys hingga kura-kura Sulcata yang bisa Anda temui.

Di area ini, satwa-satwa sudah sangat jinak dan aman dari penyakit karena dirawat dengan hygienis dan steril.

2. Atraksi Satwa dan Feeding Time

Baca Juga: Arab Saudi Hapus Syarat PCR dan Karantina bagi Jamaah, Kemenag Kota Yogyakarta Masih Pakai Aturan Lama

Setiap akhir pekan atau hari libur nasional, Kebun Binatang Jogja punya kegiatan atraksi satwa dan feeding time.

Ada beragam satwa eksotis yang bisa Anda beri makan seperti ular, ikan arapaima, penguin, simpanse, harimau hingga burung pecuk hitam.

3. Unta Tunggang

Ingin menikmati sensasi menaiki unta ala kehidupan Timur Tengah zaman dulu? Gembira Loka Zoo menyediakan unta tunggang yang bisa Anda sewa.

Letaknya di area utara Gembira Loka Zoo, bersebelahan sama kandang kudanil. Luasnya kurang lebih 8.000 m2. Terdiri dari kandang umbar seluas 7.030 m2 dan kandang akomodasi atau rumah unta seluas 1.008 m2.

Kandang unta pun bertema Timur Tengah. Di dalamnya terdapat bangunan piramid dengan luas 1.103 m2 dan dihuni sebanyak delapan unta.

4. Zoo Express

Ingin naik kereta sambil lihat satwa di kebun binatang? Zoo Express pilihannya. Wahana tersebut akan memberikan tumpangan untuk berkeliling di lintasan sepanjang 300 m.

Bentuknya kereta mini yang terdiri atas 2 gerbong penumpang, di mana tiap gerbong mampu menampung 12 orang anak-anak atau 8-10 orang dewasa.

Kereta kecil berkonsep Old West Town ini melintasi rel kereta yang nyata dengan tanjakan, tikungan, serta terowongan yang menempati area seluas 2.663 m2. Zoo Express berada tepat di tengah area bermain.

5. Perahu Kayuh

.Wahana ini jadi salah satu yang menjadi favorit pengunjung Gembira Loka Zoo. Dengan perahu kayuh berbentuk angsa, Anda bisa mengelilingi kolam dengan hanya mengeluarkan duit Rp20.000 per perahu.

Anda bisa menyusuri danau sambil menikmati pemandangan sekitarnya.

6. Kolam Tangkap

Ada wahana Kolam Tangkap yang dikhususkan untuk anak usia balita sampai dengan 10 tahun. Wahana ini berbentuk kolam yang kedalamannya hanya 30 cm.

Kolam tersebut berisi ikan-ikan kecil yang memang disediakan untuk ditangkap anak-anak. Hasil tangkapan itu boleh dibawa pulang untuk dipelihara. Anak-anak Anda kesulitan mendapatkan ikan? Jangan khawatir.

Petugas penjaga kolam tangkap menyediakan bungkusan ikan-ikan untuk dibawa pulang. Tarif bermain di wahana Kolam Tangkap sangat terjangkau, hanya dikenakan biaya Rp 10.000 per anak.

7. Terapi Ikan Garra Rufa

Terapi ikan kini tengah menjadi tren di berbagai negara. Anda pun tak perlu jauh-jauh jika ingin menikmatinya. Kebun Binatang Jogja punya wahana Terapi Ikan Garra Rufa, ikan kecil yang dapat menggigit sel-sel kulit mati di kaki Anda.

Anda hanya cukup mencelupkan kaki ke kolam dangkal yang penuh dengan Garra Rufa. Setelah itu sang ikan akan ‘bekerja’menggigiti lapisan kulit mati Anda tanpa rasa sakit sama sekali.

Anda dapat merasakan terapi ini dengan hanya membayar Rp20.000 selama 15 menit. Selain mengurangi sel kulit mati, terapi ini bisa mengurangi rasa stress dan self healing.

8. Bird Show

Bird Show adalah ajang pengenalan perilaku burung saat terbang di alam liar. Harapannya pengunjung dapat mengetahui perilaku burung secara langsung. Acara ini berada di sebelah barat Kapal Mayang Tirta dan dekat dengan Gajah Resto.

Burung yang ada antara lain elang jawa, elang laut, burung kangkareng, burung hantu dan kakatua jambul kuning. Menariknya, yang ingin menyaksikan Gelar Satwa Terampil ini tidak dipungut biaya lagi alias gratis.

Jadwal pertunjukannya yakni Hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu, Minggu dan Libur Nasional : 10.30 WIB dan 13.30 WIB sedang Hari Jumat: 10.30 WIB.

Itu dia deretan wahana unik nan menyenangkan di Kebun Binatang Jogja Gembira Loka. Pastikan Anda mampir ke sana apabila liburan ke Kota Pelajar.

Kontributor : Alan Aliarcham

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait