facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Gejala Penyakit Ginjal Yang Harus Diwaspadai, Jangan Tunggu Sampai Rusak

Eviera Paramita Sandi Kamis, 10 Februari 2022 | 06:30 WIB

Gejala Penyakit Ginjal Yang Harus Diwaspadai, Jangan Tunggu Sampai Rusak
Ilustrasi ginjal dalam tubuh manusia. [shutterstock]

Banyak orang tak tahu atau tak menyadari bahwa ginjalnya telah rusak. Oleh sebab itu penting untuk mengetahui apa saja gejala ginjal rusak

SuaraBali.id - Penyakit Ginjal hingga saat ini masih menjadi momok banyak orang. Ketika ginjal rusak artinya tidak bisa lagi membuang racun dalam darah atau mengendalikan cairan dalam tubuh.

Banyak orang tak tahu atau tak menyadari bahwa ginjalnya telah rusak. Oleh sebab itu penting untuk mengetahui apa saja gejala ginjal rusak untuk segera periksa ke dokter.

Berikut adalah beberapa gejala yang harus kamu ketahui, dilansir dari berbagai sumber Rabu (9/2/2022).

1. Sering Ingin Buang air kecil

Ketika kamu mulai merasa ingin buang air kecil lebih sering, terutama di malam hari bisa jadi ini merupakan tanda awal penyakit ginjal. Ketika ginjal tak bisa menyaring dengan baik, frekuensi ingin buang air kecil akan meningkat.

2. Urine berbusa dan berdarah

Adanya busa dalam urine, bahkan harus diflush berkali-kali baru bisa benar-benar hilang juga mengindikasikan ada kelebihan protein dalam urine. Bentuknya serupa dengan busa yang terlihat ketika membuat telur orak-arik karena jenis proteinnya pun sama, yakni albumin. Perhatikan juga warna urine, sebab terkadang darah juga bisa terdeteksi pada urine.

3. Area sekitar mata terus menerus membengkak

Saat ginjal tak bisa menjalankan tugasnya dengan baik, artinya protein albumin bisa bocor ke luar jaringan. Area di sekitar mata yang membengkak bisa jadi indikasi ada kebocoran protein yang seharusnya tersimpan di bagian-bagian tubuh kendor, seperti pada area mata.

3. Betis dan kaki membengkak

Komentar

Berita Terkait