facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Perbaikan Jalan Sepanjang 93 Kilometer Masih Menjadi Prioritas Pemkab Tabanan

Eviera Paramita Sandi Jum'at, 28 Januari 2022 | 16:05 WIB

Perbaikan Jalan Sepanjang 93 Kilometer Masih Menjadi Prioritas Pemkab Tabanan
Ilustrasi perbaikan jalan . [Foto : Istimewa]

Ada empat ruas jalan yang akan diperbaiki yang dananya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK)

SuaraBali.id - Pada tahun2022 ini perbaikan infrastruktur jalan di Tabanan Bali masih menjadi prioritas. Tahun 2021 perbaikan jalan meliputi 21 ruas jalan sepanjang 93 Km yang tersebar di Kabupaten Tabanan.

Ada empat ruas jalan yang akan diperbaiki yang dananya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK)

Hal ini dikemukakan oleh Plt Kadis PUPR Kabupaten Tabanan Oka Kamasan didampingi Kabug Humas Setda Tabanan I Gusti Putu Winiantara di ruang Humas Kantor Bupati Tabanan, Jumat (28/1/20222), sebagaimana diwartakan Kabarnusa- Jaringan Suara.com.

Oka Kamasan menyebut ada empat ruas jalan yang akan ditingkatkan kualitasnya. Dananya disebut bersumber dari DAK masing-masing adalah ruas jalan Gadungan – Gempinis, Batan Buah – Pondok di Kecamatan Selemadeg Timur serta ruas jalan Kedampal – Kesambahan dan Besi Kalung – Bolangan di Kecamatan Penebel.

“Empat ruas jalan tersebut panjanagnya sekitar 23 KM yang akan dibiayai bersumber dari DAK,” ujarnya.

Dalam hal perbaikan infrastruktur jalan ini, Bupati Tabanan memiliki kebijakan khusus yakni memperbaiki jalan sebanyak mungkin dan secepat mungkin. Untuk mengakomodasi kebijakan ini, perbaikan infrastruktur jalan dibiayai dari berbagai sumber yakni DAK, BKK dan APBD.

“Untuk peningkatan kualitas jalan pada 21 ruas di tahun 2021, sumber dananya bahkan pinjaman dari PEN, Pemulihan Ekonomi Nasional senilai Rp 125 Miliar dan yang terpakai Rp 116 miliar,” terangnya.

Sedangkan untuk peningkatan kualitas jalan atau perbaikan jalan di Kabupaten Tabanan pihaknya menerapkan kebijakan penanganan jalan tuntas. Dalam kebijakan ini, selain peningkatan jalan melalui pengaspalan hotmix, kiri kanan jalan juga dibeton untuk mengurangi adanya penggerusan pinggir jalan.

Selain itu juga dibuatkan saluran air di sepanjang jalan itu agar air yang ada di jalan bisa mengalir lancar ke saluran air yang ada sehingga aspal jalan bisa lebih awet.

“Air adalah Musuh utama aspal sehingga genangan air di aspal harus dihindari,” katanya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar

Berita Terkait