facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Rekomendasi Wisata Curug di Kawasan Sentul Bogor

Pebriansyah Ariefana Senin, 24 Januari 2022 | 17:09 WIB

5 Rekomendasi Wisata Curug di Kawasan Sentul Bogor
Sentul City [Instagram Sentulcity]

Berikut ini informasi mengenai 5 rekomendasi Wisata Curug yang ada di Kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat

SuaraBali.id - Curug yang ada di kawasan Sentul, Bogor, bisa dibilang banyak jumlahnya. Namun, ada beberapa rekomendasi curug yang bisa dikunjungi saat ingin berwisata alam di kawasan Sentul, Bogor.

Selain memiliki keindahan dan bisa digunakan sebagai spot foto, curug ini merupakan obyek wisata alam dengan harga murah. Jadi wisatawan yang ingin berlibur ke tempat ini, tidak perlu khawatir kantongnya jebol.

Tertarik ingin mengunjunginya? Ingin tahu, curug apa saja? Yuk, simak ulasan mengenai 5 rekomendasi Curug dengan harga murah tersebut, sekaligus akses, fasilitas, dan aktivitas wisata yang bisa dilakukan. Berikut ulasannya.

Melansir dari berbagai sumber, yang diakses pada Senin, (24/1/2022). Adapun 5 rekomendasi curug murah serta populer yang ada di kawasan Sentul, Bogor, adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Hujan Badai Kepung Bogor Sore Ini, Pohon Hingga Baliho Besar Roboh Timpa Kendaraan

1. Curug Barong

Curug Barong ini beralamat lengkap di Pabuaran, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat. Lokasi curug ini masih di lokasi area Gunung Pancar Sentul yang cukup terkenal dengan keberadaan air terjunnya.

Tiket masuk ke Curug Barong ini, hanya sebesar Rp 15.000 hingga Rp 25.000. Bagi wisatawan yang berniat berkunjung ke tempat ini, bisa datang pada jam 07.00 WIB hingga 18.000, pada setiap harinya, baik pada hari libur.

Akses untuk menuju Curug ini bisa dibilang sangat mudah dijangkau. Lokasi curug ini bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua. Namun, perlu diingat, bahwa di sekitaran obyek wisata ini tidak ada angkutan umum.

Lokasinya yang berada di tengah hutan, wisatawan harus melakukan trekking dari parkiran hingga sampai ke curug. Dibutuhkan waktu sekitar 10 hingga 20 menit untuk sampai di lokasi Curug Barong.

Di Curug Barong ini, wisatawan bisa melakukan aktivitas wisata, diantaranya, bermain air dan berfoto ria. Sebagai tempat yang sudah lama dikelola dan dikembangan, Curug Barong ini sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas, seperti toilet, kamar bilas, Mushollah, dan beberapa kios makanan.

Baca Juga: Teruskan Aduan Masyarakat, DPR Minta Kapolri Turun Tangan Soal Konflik Antara Warga Bojong Koneng dengan Sentul City

2. Curug Leuwi Hejo

Merupakan curug yang memiliki keunikan. Diantaranya, memiliki suasana alam yang nyaman serta medan trekking yang menantang. Uniknya lagi, curug ini memiliki air jernih yang berwarna hijau.

Curug Leuwi Hejo ini beralamat di Cibadak, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat. Harga tiket dari obyek wisata ini adalah kisaran antara Rp 15.000 hingga Rp 25.000. Cuurug Leuwi Hejo ini menerapkan jam buka atau operasional selama 24 jam.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Curug Leuwi Hejo ini, salah satunya adalah berenang. Karena kolam di bawah air terjun ini aman untuk dijadikan sebagai tempat berenang. Selain itu, wisatawan juga bisa melompat dari atas tebing yang ada di sekitaran curug.

Bagi pengunjung yang menyukai kegiatan pemotretan, bisa melakukan sesi pemotretan di beberapa spot yang memiliki latar belakang keindahan alam. Selain itu, curug ini pun sudah juga bisa dijadikan sebagai tempat bersantai sekaligus menikmati keindahan alam yang ada.

Seperti obyek wisata curug di tempat lain, Curug Leuwi Hejo juga sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti toilet, kamar bilas, dan beberapa kedai yang menjajakan makanan serta minuman.

Untuk diketahui, Curug ini berjarak sekitar 9 KM dari kawasan pusat Sentul. Jika mengendarai mobil, wisatawan bisa mengambil rute tol jagorawi dan keluar tol citeureup (Cibinong). Kemudian ambil arah Sukamakmur dan mengikuti petunjuk arah ke Curug Leuwi Hejo.

Sementara pengunjung yang mengendari sepeda motor, bisa menempuh perjalanan kea rah jungleland Sentul. Selantjutnya, dari jungleland ambil kea rah Jalan Raya Babakan sampai ke Curug Leuwi Hejo.

3. Curug Leuwi Cepet

Curug ini masih satu kawasan dengan Curug Leuwi Hejo dan Leuwi Barong. Di Curug ini, wisatawan bisa menikmati air terjun serta berenang. Yang tak kalah menarik adalah, wisatawan bisa melakukan lompat dari atas tebing yang ada di sekitar air terjun.

Seperti curug pada umumnya, wisatawan harus melakukan trekking terlebih dahulu untuk sampai di lokasi curug. Di obyek wisata ini, wisatawan juga perlu melakukan trekking selama kurang lebih 35 menit dari lokasi parkiran.

Alamat lengkap dari Curug Leuwi Cepet ini adalh di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kota Bogor, Jawa Barat. Jam operasional dari obyek wisata ini adalah mulai dari jam 06.00 WIB hingga 17.30 WIB.

Tiket masuk gerbang utama obyek wisata ini adalah Rp 15.000 per orang. Sementara untuk biaya parkir mobil adalah seharga Rp 20.000. Parkir motor adalah seharga Rp 10.000. Dan saat ingin memasuki lokasi curug, wisatawan juga akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 25.000 per orang.

Sebagai tempat wisata yang sudah lama dikelola dan dikembangkan, Curug Leuwi Cepet ini memiliki fasilitas diantaranya, toilet umum, kamar bilas, Mushollah, tempat penyewaan bantal serta pelampung, dan beberapa kios yang menjual makanan dan minuman.

4. Curug Leuwi Cibaliung

Curug ini beralamat lengkap di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Keindahan curug ini, membuat wisatawan yang berasal dari luar kota banyak memintai tempat ini.

Untuk memasuki curug ini, wisatawan akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 15.000 per orang. Dan biaya kendaraan sebesar Rp 10.000. Apabila ingin mandi atau mengganti bayu di kamar mandi, pengunjung harus membayar Rp 2.500. Serta apabila ingin menitipkan barang, pengunjung harus merogoh kocek sebesar Rp 2.500 juga.

Selain bisa menikmati pemandangan alam di sekitaran curug yang indah serta bermain air bawah air terjun, pengunjung juga bisa melakukan hunting foto di beberapa spot yang memiliki pemandangan alam yang indah.

Adapun fasilitas yang tersedia di tempat ini, diantaranya toilet, kamar mandi umum, dan beberapa kios yang menjual makanan dan minuman. Selain itu juga, ada beberapa tempat yang digunakan untuk menitipkan barang.

5. Curug Kalimata

Curug ini merupakan curug tertinggi yang ada di Bogor. Alamat lengkap dari Curug Kalimata adalah di Jalan Raya Gunung Pancar no. 70 Kampung Blok Dukuh RT 03 / RW 12, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Bogor.

Di Curug yang memiliki ketinggia 40 meter ini, pengunjung bisa menikmati beberapa aktivitas wisata seru, diantaranya, berkemah, jungle trip, sepeda wisata, hammcking, camping, climbing, dan kegiatan wisata lainnya.

Adapun daftar harga dari obyek wisata ini adalah Rp 15.000 per orang. Jika ingin melakukan climbing water, maka kan dikenakan tarif sebesar Rp 75.000 per orang. Sewa hammock sebesar Rp 20.000  per jam. Tiket jungle trip seharga Rp 35.000 per orang. Tiket sepeda wisata sebesar Rp 30.000 per orang. Jika ingin menggunakan jasa guide, maka akan dikenakan tarif sebesar Rp 50.000.

Demikianlah ulasan mengenai 5 rekomendasi Curug populer serta murah yang ada di Kawasan Sentul Bogor, Jawa Barat. Sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat healing bersama teman, sahabat, keluarga serta kerabat terdekat. 

Kontributor : Agung Kurniawan

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait