facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Jajanan Jaman Dulu Yang Pernah Populer, Sekarang Sudah Langka

Pebriansyah Ariefana Senin, 24 Januari 2022 | 10:23 WIB

5 Jajanan Jaman Dulu Yang Pernah Populer, Sekarang Sudah Langka
Es Potong Singapura (YouTube Asahid TehYung)

Salah satu kue jaman dulu yang sudah sulit ditemukan adalah Kue Rangi. Kue ini adalah makanan khas Betawi yang sudah jarang kita temui.

SuaraBali.id - Bicara jaman dulu, teringat akan kenangan masa lalu. Diantaranya sejumlah jajajan jaman dulu yang menjadi salah satu bagian dan cerita masa kecil kita. 

Dulu di sekitar era 80-90an sempat populer beberapa jajanan jaman dulu yang rasanya sangat enak dan melegenda.

Sayangnya, kini sejumlah jajanan tersebut sudah sulit ditemukan. Beberapa tida diproduksi lagi karena kalah bersaing dengan jajanan kekinian.

Berikut kami ulas sejumlah jajanan jaman dulu yang pernah populer pada masanya dan saat ini sudah sulit ditemukan, diantaranya:

Baca Juga: 7 Jajanan Zaman Dulu Yang Masih Eksis Hingga Kini, Kamu Suka Yang Mana?

1.  Es Potong

Sebelum ada es krim populer seperti yang kita temui saat ini, dulu ada jajanan es yang cukup digemari orang tua dan muda. Es tersebut adalah es potong. Bentuknya panjang dan beraneka rasa.

Disebut es potong, karena bentuknya yang memanjang, sehingga harus dipotong-potong jika ingin memakannya. Satu potong es tersebut ditancapkan di satu batang lidi bamboo, lalu dilumuri cairan manis kecokelatan.

Es potong banyak pilihan rasa dan warna. Untuk rasa strawberry biasanya berwarna merah muda, untuk rasa cokelat berwarna coklat, rasa alpukat berwarna hijau, rasa sirsak berwarna putih.

Rasanya manis namun ada sedikit rasa buah di dalamnya. Harganya relatif terjangkau dan biasanya si pedagang membawa gerobak keliling dengan membunyikan bunyi gong kecil bersuara “tong..tong..”.

Baca Juga: Tak Lekang Dimakan Waktu, Jajanan Pasar Ini Enak dan Gak Bosenin

Sayangnya sekarang ini jajanan tersebut sudah langka, karena sudah banyak varian es yang dibuat dengan teknologi tinggi serta kemasan yang lebih menarik.

2. Kue Jahe

Kue Jahe termasuk kue yang unik, karena bentuknya seperti manusia. Rasanya kue ini dominan pedas, hangat dan manis.

Pada masanya, kue ini biasanya disediakan pada hari-hari tertentu, seperti hari raya. Kue jahe biasa disajikan untuk para tamu yang yang bertandang ke rumah.

Selain enak, kue ini juga banyak manfaatnya, karena berbahan dasar jahe. Jadi segala manfaat jahe bisa kita dapati dengan mengonsumsi kue ini.

Sekarang kue jahesudah jarang ditemukan, bahkan namanya sudah jarang terdengar lagi karena banyaknya varian kue baru yang bermunculan.

3.  Clorot

Mendengar namanya saja mungkin kita akan bertanya-tanya, ini makanan atau bukan? Namun Clorot merupakan salah satu kue tradisional yang berbahan dasar tepung beras dan santan. Bahan-bahan tersebut diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan teksur yang lembut dan manis.

Jajanan ini unik karena dibungkus menggunakan daun janur atau daun kelapa muda yang berbentuk kerucut. Dan biasanya jajanan ini bisa kita temui di pasar.

Saat ini Clorot sudah jarang kita temui. Bisa jadi kue ini menjadi langka karena sudah jarang yang membuatnya. 

4. Grontol Jagung

Jajanan ini awalnya berasal dari Jawa Tengah, berbahan dasar jagung yang sudah dipipil kemudian direbus hingga matang.

Setengah direbus, jagung tersebut di tambahkan dengan parutan kelapa dan sedikit gula pasir diatasnya lalu disajikan diatas potongan daun pisang.

Grontol jagung nikmat dimakan sebagai hidangan selingan, atau hanya sekadar untuk cemilan di waktu senggang.

Sekarang kudapan ini sudah langka dan jarang ditemukan. Namun di sejumlah pasar tradisional, khususnya di daerah Jawa, Grontol Jagung masih bisa kita temui. Salah satunya di Pasar Gede Solo.

5.  Kue Rangi

Kue Rangi merupakan makanan khas tradisional dari Betawi. Kue ini berbahan dasar tepung beras yang telah ditumbuk terlebih dahulu, lalu diberi campuran kelapa parut.

Kue Rangi dibuat dengan cara dipanggang di atas kompor lalu dimasukkan dalam cetakan mirip kue pancong. Setelah kering, kue ini disiram saus cair gula merah yang dikentalkan dengan sedikit tepung kanji.

Kue Rangi enak dinikmati dalam keadaan hangat dan sekarang ini penjual kue rangi sudah jarang ditemukan. Kalaupun ada, biasanya kue ini kembali dijajakan pada perayaan ulang tahun kota Jakarta atau pada saat festival kuliner Betawi.

Demikian ulasan mengenai jajanan jaman dulu, semoga menambah wawasan Anda dan bermanfaat bagi kita semua.

Kontributor : Damayanti Kahyangan

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait