facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Daya Tarik Curug Putri Carita di Banten, Tempat Wisata yang Mirip Grand Canyon

Risna Halidi Senin, 17 Januari 2022 | 13:14 WIB

Daya Tarik Curug Putri Carita di Banten, Tempat Wisata yang Mirip Grand Canyon
Curug Putri Carita [instagram.com/curugputricarita]

Curug Putri Carita adalah air terjun yang memiliki aliran air yang dikelilingi oleh dua tebing. Simak artikel di bawah ini untuk informasi lain seputar Curug Putri Carita!

SuaraBali.id - Curug Putri Carita yang akan kita bahas dalam kesempatan kali ini adalah sebuah air terjun yang terletak di daratan pulau Jawa bagian Barat. Curug Putri Carita juga dikenal banyak orang sebagai Little Grand Canyon di Banten.

Simak terus artikel di bawah ini untuk tahu fasilitas, harga tiket masuk, lokasi tepat, dan berbagai informasi penting lainnya seputar Curug Putri Carita. Siapkan dirimu untuk menambahkan titik wisata yang satu ini sebagai salah satu tujuan rekreasimu di hari libur!

Seputar Curug Putri Carita

Curug Putri. (Instagram/review_wisata)
Curug Putri Carita. (Instagram/review_wisata)

Air terjun yang satu ini terletak di Jalan Raya Carita, Kampung Sambolo, RT 004/001, Desa Sukarame, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten. Sesuai dengan julukan yang disandangnya, daya tarik utama Curug Putri Carita adalah aliran air jernih yang dihimpit oleh dua tebing. Cukup masuk akal jika Curug Putri Carita mendapat julukan Little Grand Canyon, bukan?

Baca Juga: Panorama Wisata Pantai Barane di Kabupaten Majene

Destinasi wisata yang satu ini berada di bawah kelola Perhutani dan Balai Taman Hutan Raya (Tahura). Sehingga dapat dijamin area wisata di sekitar Curug Putri Carita selalu dirawat dengan baik. Selain itu, fasilitas yang ditawarkan kepada pengunjung juga cukup lengkap.

Perjalanan Menuju Curug Putri Carita

Untuk sampai ke curug yang satu ini, Anda perlu menempuh perjalan sejauh dua kilometer dari pusat kota Pandeglang, Banten. Perjalanan singkat tersebut akan menyenangkan untuk dilewati karena sepanjang perjalanan anda akan disambut oleh pemandangan asri alam daerah Pandeglang.

Masuk ke daerah yang masih asri membuat pengunjung yang melewati jalan setapak menuju Curug Putri Carita juga dapat bertemu dengan penghuni hutan sekitarnya yaitu monyet.

Jalan setapak yang harus dilewati untuk sampai ke curug adalah jalanan sepanjang 250 meter yang sudah dipaving blok. Setelah melewati jalan ini, pengunjung harus menghabiskan sisa perjalanan menuju curug melewati jalan yang masih alami.

Baca Juga: Dikenal Sebagai Kawasan Industri, Karawang Ternyata Punya Tempat Wisata yang Menarik

Sehingga medan yang ditempuh dapat berubah menjadi jalanan yang licin dan terjal, terutama selama musim hujan. Untuk melewati jalanan ini anda dapat berjalan kaki atau melewatinya dengan menaiki motor trail.

Daya Tarik Curug Putri Carita

Selain pemandangan alam, wisata Curug Putri Carita tentunya juga menawarkan pemandangan di air terjun Putri Carita itu sendiri. Curug Putri Carita memiliki sebuah air terjun yang mengalir dari ketinggian tiga meter. Air terjun yang ada memang tidak terlalu tinggi, tetapi pengunjung dapat menghabiskan waktu bermain di aliran air jernih di bawah air terjun yang dikelilingi oleh banyak tebing.

Pengunjung yang tidak mahir berenang tidak perlu panik karena selama menyusuri sungai, pengunjung akan selalu ditemani oleh pemandu. Aliran air ini mengalir hingga kurang lebih 50 meter dari kaki air terjun. Dengan aliran yang berkelok-kelok dan tentunya masih diapit oleh tebing-tebing yang terukir indah oleh alam. Tidak hanya bermain air di sepanjang aliran air ini, pengunjung juga dapat berfoto ria dengan latar belakang pemandangan yang instagramable.

Paket Wisata yang Tersedia

Curug Putri Carita (Instagram Curug Putri Carita)
Curug Putri Carita (Instagram Curug Putri Carita)

Curug Putri Carita ini dibuka setiap hari. Untuk dapat menikmati pengalaman berlibur secara optimal, anda dapat memesan dan mengikuti paket wisata yang telah disediakan oleh pengelola resmi tempat wisata ini.

Dengan mengikuti paket wisata tersebut anda dapat menghemat pengeluaran untuk liburan, mendapat pelayanan dari pemandu tur, menikmati jasa jemput dan antar menuju ke lokasi Curug Putri Carita, dan tentu saja anda tidak perlu lagi khawatir masalah akomodasi.

Paket wisata yang tersedia sangat beragam, harga paket iwsata tersbeut dimulai dari Rp60.000 hingga Rp130.000 per orang.

Dalam paket tersebut, anda sudah mendapatkan akses parkir, tiket masuk kawasan wisata, jasa penitipan barang, pelampung, akses untuk menggunakan gazebo, pemandu wisata, bantuan untuk dokumentasi, dan fasilitas kamar mandi.

Demikian sedikit ulasan seputar Curug Putri Carita, Grand Canyon Kecil yang tersembunyi di Kabupaten Pandeglang, Banten. Jangan lupa untuk mengunjungi curug yang satu ini, ya!

Kontributor : Firda Nuril Huda

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait